pos system atau post sistem bantu bisnis kuliner berbasis digital

Pos System Efisienkan Bisnis Digitalmu. Efisiensi menjadi isu menarik dan tak pernah usang di dunia bisnis. Apapun bentuk bisnisnya, terutama bagi usaha kecil menengah yang baru mulai berkembang, efisiensi menjadi kata magic. Jika diterapkan dengan benar, sebuah usaha akan menjadi lebih efisien. Efisien dalam pekerjaan, efisien dalam sumber daya, juga efisien dalam pengelolaan keuangan.

Nah, beberapa waktu lalu saya dicurhati seorang kawan yang merasa kewalahan menghandle bisinis kuliner pertamanya. Pengalaman yang minim dan semua dilakukan secara serabutan membuatnya agak stress membagi prioritas apa yang harus dilakukan terlebih dulu. Apalagi produk yang ia jual adalah produk kuliner yang sedang banyak diburu pecinta kuliner yakni Korean Garlic Cheese Bread.

Ia bingung melakukan pemasaran. Karena bisnisnya dilakukan seorang diri ia tak bisa mensejajarkan perannya sebagai pemasak dan juga pemasar produknya. Ia yang tak memiliki kecakapan manajerial untuk melakukan pencatatan orderan masuk maupun menghitung persediaan bahan baku di dapurnya akhirnya kerepotan.

Padahal kalau saja ia mau menengok aplikasi Gojek solusinya pasti ada di situ. Gojek punya Gofood yang bisa jadi andalan untuk pemasaran produk. Tanpa perlu membuat spanduk atau sebar leaflet ke pasar, produk kita sudah nangkring di aplikasi Gojek. Tentunya setelah melakukan pendaftaran seperti biasa ya. Nyaris tanpa keringat, usaha kuliner akan sangat terbantu dengan keberadaan Gofood.

Sebagai pelaku bisnis rintisan memang seorang pengusaha tak semuanya bisa langsung “ON” dengan situasi ‘pertarungan’. Trial and error menjadi business style yang dianut pendatang baru. Kadang tanpa disadari aksi coba-coba di awal bisnis berpotensi menghasilkan langkah tak efisien.

Padahal bisa saja aksi coba-coba tadi diganti dengan sebuah perencanaan yang lebih matang. Misalnya, untuk melakukan rekap pembayaran atau transaksi pembayaran sehari-hari, sudah bukan waktunya lagi menggunakan cara tradisional berbasis ingatan. Karena ingatan manusia terbatas, tak bisa dihadirkan kembali secara sama dan sebangun di kemudian hari.

Sistem ini kemudian memberi peluang masuknya sistem kasir konvensional yang sudah kita kenal selama ini. Sayangnya, kasir konvensional hanya bisa merekap transaksi yang masuk, namun tak bisa melakukan pekerjaan yang sifatnya analisis terhadap hasil rekapan.

 

Seiring perkembangan bisnis digital, teman saya tadi itu rupanya belum kenal dengan yang dinamakan POS System atau sistem pos dari GO BIZ yang masih satu rumpun dengan Gofood. POS merupakan kependekan dari Point Of Sale yang merupakan sistem penjualan yang dibuat sedemikian rupa, di mana sistem bisa mencatat penjualan, pengaturan menu/ stok barang, hingga membuat laporan harian yang terintegrasi dengan semua transaksi.

POS System merupakan bentuk modern dari kasir yang sebelum era bisnis daring banyak ditemukan di toko-toko. Biasanya ada petugas penginput semua transaksi yang dimasukkan ke dalam mesin kasir. Meski semua transaksi tercatat dengan rapi, namun mesin kasir punya keterbatasan hanya sebatas menyelesaikan pekerjaan pencatatan, lain itu tidak.

Sistem POS memungkinkan pencatatan kegiatan transaksi dilakukan secara terintegrasi, bisa diakses dengan mudah oleh semua petugas dan menggunakan teknologi tinggi. Point of Sale yang biasa ditemui di dunia bisnis Indonesia menggunakan perangkat modern yang nirkabel. Seperti penggunaan smart tablet berbasis android dan juga iOS yang mudah dioperasikan dan juga bisa dibawa bergerak (mobile).

Sistem POS juga memberikan alternatif metode pembayaran transaksi, baik secara cash, debit maupun pembayaran elektronik lainnya yang sangat praktis. Untuk urusan mencetak struk pembelanjaan pun sistem ini juga mendukung dengan menggunakan pencetakan struk berbasis bluetooth yang juga nirkabel.

Kegunaan POS System

Pada prinsipnya Point of Sale memberikan banyak kegunaan dan keuntungan bagi para pebisnis digital. Diantara banyak keuntungan menggunakan Pos System, saya sarikan menjadi 6 hal utama, yaitu :

1.Melakukan pencatatan semua transaksi yang terjadi sehari-hari. Ini jelas hal yang penting, karena bagi pebisnis arus keluar masuk uang (cash flow) harus diperhitungkan sedemikian rupa. Sehingga tidak terjadi mismanajemen uang yang kerap dialami para pebisnis, khususnya yang baru berjalan. Pencatatan ini memungkinkan pebisnis mudah melihat apa saja item barang yang menjadi favorit pelanggan atau item barang yang mesti dimodifikasi karena dijauhi oleh pelanggan.

                                                            Dashboard Pencatatan Transaksi POS System

2.Mencatat ketersediaan stock barang. Agar bisnis kuliner atau retail bisa berkelanjutan, persediaan barang harus tercatat dengan rapi. Jangan biarkan pelanggan menunggu bisa memesan produk tanpa kejelasan. Dengan pencatatan secara reguler pebisnis bisa melihat seberapa banyak bahan baku tersedia, sehingga bisa memastikan kapan harus belanja bahan baku lagi untuk memenuhi pesanan.

3.Membuat pelaporan transaksi dengan mudah. Karena sistem pencatatan dilakukan secara rapi, maka untuk membuat laporan apapun terkait perjalanan bisnis kita bisa dilakukan dengan lebih mudah. Tiap hari bisa dipantau bagaimana pergerakan produk kita, bagaimana tren penjualan tiap hari, tiap pekan dan tiap bulan. Kita akan dengan mudah melihat hari apa saja penjualan mengalami kenaikan dan hari apa trennya menjadi turun. Dengan demikian akan mudah dibuat strategi pemasaran ke depannya.

4.Mencetak bukti transaksi menggunakan bluetooth. Meski dijalankan secara online namun menyediakan bukti transaksi kepada konsumen adalah sebuah keharusan. Ini sekaligus sebagai bukti adanya trust dan tansparansi dalam bisnis. Pelanggan akan menganggap merchant adalah entitas bisnis terpercaya.

5.Adaptif pada perubahan kebiasaan masyarakat dalam hal pembayaran traksaksi. Jika bisnis konvensional dulu hanya menggunakan alat pembayaran tunai (cash) serta menggunakan debit atau kartu kredit, maka di era sekarang pebisnis mesti siap mengikuti tren pembayaran dengan menyediakan fasilitas pembayaran non tunai yang makin banyak pilihannya. Dan POS System menyediakan hal ini.

6. Praktis Atur Menu Atau Barang. Sebagai sebuah sistem penjualan yang mumpuni, POS System juga memungkinkan pebisnis bisa mengatur menu yang kita jual baik itu di aplikasi ataupun di gerai kita. Kita bisa mengatur menu yang menjadi favorit terdisplay dengan baik dan mudah ditemukan pelanggan. Tujuannya jelas, memudahkan pelanggan saat memesan produk.

Tertarik Gabung Untuk Efisienkan Bisnis ?

Fitur POS System ini untuk sementara hanya bisa dinikmati oleh pemilik usaha yang sudah bergabung di Gofood dan menggunakan alat pembayaran Gopay. Sebagai mitra Gojek dan juga pemilik akun GoBiz yang terverifikasi anda akan dengan mudah mengaktifkan layanan ini.

 

Caranya, masuk ke tab Bayar dan temukan ajakan Cobain POS, Yuk yang ada di kanan atas. Tekan ajakan tersebut.

Pelajari fitur-fitur tersebut. Jika sudah paham tekan Cobain Sekarang.

 

Nanti akan muncul syarat dan ketentuan mengenai layanan ini. Tinggal ceklis pada bagian “Saya Setuju Dengan Syarat & Ketentuan” dan fitur POS System sudah diaktifkan dan dapat mulai digunakan.

Mudah, kan. Segera ambil keputusan penting guna mengefisienkan gerak bisnis anda dengan bergabung dalam GoBiz dan merasakan kemudahan menjalankan bisnis menggunakan POS System. Setelah menggunakan Sistem Pos ini dijamin gak akan bingung lagi dengan segala persoalan administrasi bisnis yang kerap menyita perhatian dan waktu kita. Dengan demikian sebagai pebisnis bisa menggunakan waktu untuk hal yang lebih produktif lagi seperti pengembangan bisnis ataupun memikirkan menu-menu baru sehingga bisnis makin ngacir dan tentunya tambah efisien.

 

By syaifuddin sayuti

Ex jurnalistik tv yang gemar makan dan travelling. social media addict, ex Kepsek Kelas Blogger, admin BRID.

2 thought on “POS System, Efisienkan Bisnis Digitalmu”
  1. Salah jam ni buka blognya Bang Udin. Foto kuenya menggiurkan banget. Perutku langsung bunyi-bunyi. Ngomong-ngomong tentang pos sistem, bagus ternyata sistem ini bagi pengusaha, khususnya pengusaha kuliner. Jadi terbantu dalam hal transaksi dan pencatatan keuangan yang rapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *