Kuliner Legendaris. Kota Bandung memang menyajikan banyak tempat wisata alam dengan keindahan yang luar biasa dan dapat membuat siapa pun betah berlama-lama di dalamnya. Namun selain tempat wisata, kuliner di Bandung juga cukup banyak menarik perhatian wisatawan, tidak heran jika kemudian banyak diantaranya yang sengaja berlibur ke kota Bandung hanya untuk menikmati beberapa sajian unik dan juga legendaris dari Kota Bandung. Berikut beberapa jenis kuliner khas Bandung yang bisa jadi rujukan saat berwisata kuliner di Bandung.

Sate Jando Cimandiri

Siapa yang tidak suka sate? Banyak orang menyukai jenis makanan legendaris yang satu ini, bahkan wisatawan asing pun juga turut menyukainya. Salah satu gerai sate yang cukup terkenal di kota Bandung sejak tahun 90-an adalah Sate Jando Cimandiri. Kata Jando yang digunakan pada sate itu sendiri bukan berarti janda, tetapi ditujukan pada gajih atau bentuk lemak yang digunakan dalam sate tersebut. Bagi yang ingin menikmati sajian lezat dan legendaris yang satu ini, maka pastikanlah mengunjungi Jl, Cimandiri lebih tepatnya di kawasan belakang Gedung Sate.

Warung Kopi Purnama

Akan terasa kurang memang jika pergi berlibur ke Bandung tanpa nongkrong, karena itulah bagi anda yang terbiasa nongkrong dan menikmati sajian kopi, maka pastikan mengunjungi Warung Kopi Purnama. Tempat nongkrong ini telah berdiri sejak tahun 1930, dan masih diminati hingga kini karena nilai ‘kenangannya’. Warung kopi itu sendiri dikenal dengan nama lain yaitu Chang Chong Seng, yang artinya “Silahkan mencoba”. Selain dikenal dengan sajian kopi khas yang dimilikinya, kedai ini juga menyediakan beragam jenis makanan ringan seperti roti bakar, roti dadar ham atau pun lumpia goreng. Sekedar info, kedai ini berada di Jl, Alkateri No.22.

Toko You

Bagi anda yang ingin menikmati sajian lezat sekaligus bernostalgia dengan nuansa Bandung tempo dulu, tempat yang satu ini adalah jawabannya. Pasalnya bangunan yang dimiliki tempat makan tersebut dikenal dengan konsep vintage yang dimilikinya, bahkan furniture yang terdapat di dalamnya pun terkesan sudah tua. Hal ini tidak lepas dari bangunan itu tadi yang memang telah berdiri sejak tahun 1947. Meskipun dikenal dengan konsep vintage, namun untuk sajian makanan yang dimilikinya justru cukup beragam, selain ada makanan khas Indonesia, tempat ini juga menyediakan sajian berupa Chinese food. Namun dari sekian banyak menu, Mie yamin dikenal sebagai menu favorit yang dimilikinya. Toko ini ada di jalan Hasanudin no.12.

Roti Bakar Gempol

Roti bakar memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan sajian yang satu ini dianggap sebagai sajian yang sangat biasa. Akan tetapi, bagi anda yang menyambangi kota Bandung, jangan lupa menikmati sajian dari Roti Bakar Gempol yang dikenal sejak tahun 1958. Roti yang digunakan olehnya pun beragam dimulai dari roti tawar biasa, roti gandum, hingga roti manis. Sedangkan untuk toppingnya juga dapat anda sesuaikan dengan selera anda. Sajian makanan ringan ini bisa anda dapatkan dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 21.00. Roti bakar ini ada di jalan Trunojoyo.

Sumber Hidangan

Jika anda tengah mencari kuliner legendaris dengan rasa manis, Sumber Hidangan adalah tempatnya. Toko kue yang berada di jalan Braga Nomor 20-22 ini sudah berdiri sejak 1929. Sebelum menjadi Sumber Hidangan, dahulu nama aslinya adalah Het Snoephuis yang artinya toko khusus makanan manis. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, maka menu yang disajikan Sumber Hidangan memiliki rasa yang manis pula seperti halnya roti, es krim dan juga kue.

Batagor Riri

Belum pas rasanya jika mengunjungi Kota Bandung tanpa menjajal batagor. yang dikenal sebagai jajanan khas dari Bandung. Salah satu batagor yang cukup terkenal dan legendaris adalah batagor Riri, yang telah ada sejak tahun 1985. Batagor Riri tampil lebih menarik dan terasa lezat disertai dengan bumbu kacang yang dimilikinya. Selain terasa lezat ketika dimakan langsung, sajian batagor ini juga dapat dibungkus dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Bandung bagi keluarga atau pun orang tersayang yang anda tinggalkan ketika berlibur ke kota Bandung.

Itulah kiranya beberapa sajian legendaris yang sayang dilewatkan ketika berlibur di Kota Bandung. Untuk lebih memudahkan, anda dapat mengunjungi beberapa lokasi dari tempat makanan legendaris tersebut, pastikanlah untuk menggunakan aplikasi Traveloka.com.