0 0
Read Time:4 Minute, 19 Second
keuntungan reksadana

keuntungan reksadana (https://www.pexels.com/photo/stylish-man-using-laptop-5588217/)

Investasi Reksadana menjadi topik pembicaraan yang masih hangat hingga kini. Pasalnya, orang-orang dari berbagai kalangan tua maupun muda tertarik dengan keuntungan Reksadana dan kemudahannya saat bertransaksi.

Reksadana adalah instrumen investasi favorit yang aman karena dikelola oleh Manajer Investasi. Nantinya dana yang Anda miliki akan disalurkan ke berbagai portofolio Reksadana agar bisa diupayakan untuk menghasilkan keuntungan.

Nah ternyata Reksadana juga memiliki sejumlah keuntungan Reksadana yang wajib Anda ketahui agar semakin yakin menggunakan investasi yang satu ini. Lalu apa saja keuntungannya? Mari simak ulasan berikut ini!

Keuntungan Investasi Reksadana

Selain mudah digunakan karena penggunaannya dikelola oleh Manajer Investasi, Reksadana juga memiliki sejumlah keuntungan lainnya. Untuk mengetahui apa saja keuntungan Reksadana, Anda wajib menyimak informasi di bawah ini.

1.Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Banyak investor yang maju mundur berinvestasi di Reksadana karena merasa bahwa modal yang dibutuhkan sangat besar. Padahal hal tersebut tidak benar karena investasi Reksadana dapat dimulai dengan budget minim.

Anda tidak perlu menunggu punya banyak uang terlebih dulu untuk berinvestasi. Bahkan kini sudah banyak produk Reksadana bisa dimulai dengan modal hanya Rp100 ribu saja. Inilah yang menjadi keuntungan Reksadana dibandingkan dengan jenis investasi lain.

2.Mudah

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa investasi Reksadana akan dikelola oleh Manajer Investasi. Anda tidak perlu lagi memakan waktu lama untuk memantau investasi, cukup siapkan dana, pilih produk Reksadana dan tunggu laporan investasi dari Manajer Investasi.

Manajer Investasi memiliki peran yang sangat penting dalam berinvestasi Reksadana. Biasanya Manajer Investasi tahu instrumen apa yang sesuai dengan tujuan Anda. Jadi sebelum berinvestasi pastikan Anda sudah memiliki tujuan yang jelas terlebih dulu.

3.Diversifikasi Risiko

Selain mudah dilakukan, ternyata keuntungan Reksadana lainnya adalah risiko yang relatif rendah. Low risk ini berarti produk tersebut tidak akan terpengaruh oleh kondisi pasar yang tidak menentu.

Yang menguntungkannya lagi adalah Anda bisa menggunakan prinsip diversifikasi untuk membagikan dana ke berbagai instrumen sehingga tidak akan menyebabkan kerugian meskipun ada risiko yang muncul.

4.Fleksibel

Keuntungan Reksadana yang paling menjadi daya tarik investor selanjutnya adalah memiliki karakter yang fleksibel. Anda dapat dengan mudah mengakses setiap perkembangan investasi melalui smartphone dan bisa melakukan transaksi dimanapun.

Meskipun memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi, tetapi Anda tetap harus memperhatikan besaran keuntungan yang didapatkan dari Reksadana tersebut agar semua anggaran keuangan dapat terlihat transparan.

Cara Menghitung Keuntungan Reksadana

Menghitung keuntungan reksadana

Menghitung keuntungan reksadana

Agar semua proses keuangan bisa Anda ketahui dengan baik, maka Anda wajib memahami bagaimana perhitungan keuntungan Reksadana. Disini kami akan memberikan contoh perhitungan untuk Anda.

Contoh kasus:

Karyawan A memiliki penghasilan per bulan Rp9 juta dan ia melakukan investasi dengan dana Rp1 juta per bulan dengan komitmen investasi Reksadana setiap tanggal 15.

Cara menghitung unit penyertaan:

Misalkan karyawan A berinvestasi pada tanggal 15 Januari sebesar Rp1 juta. Pada tanggal 15 tersebut harga NAP/UP (Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan) berkisar Rp991,47 maka A akan mendapatkan unit penyertaan sebesar: Rp1 juta / Rp991,47 = 1.008,60

Cara menghitung keuntungan Reksadana:

Hitung jumlah unit penyertaan x harga terkini Reksadana.
Kurangkan hasil perhitungan tadi dengan modal investasi. Nah jika hasilnya plus maka Anda mendapatkan untung, sedangkan jika minus artinya Anda rugi.

Setelah satu tahun A ingin menjual seluruh unit Reksadana nya. Jika Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan pada saat dijual adalah Rp1.070, maka dari kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa:

1.008,60 unit x Rp1.070 = Rp1.079.202

= Rp1.079.202 – Rp1.000.000 = Rp79.202

Karyawan A mendapatkan keuntungan sebesar Rp79.202 atau setara dengan 7,92%.

Nah bagi Anda yang sudah mantap untuk berinvestasi di Reksadana, digibank by DBS dapat menjadi pilihan produk terbaik karena menghadirkan sejumlah keuntungan untuk Anda.

Dapatkan Keuntungan Maksimal dengan digibank by DBS

Agar bisa menghasilkan keuntungan Reksadana yang memuaskan, Anda harus memilih produk yang berkualitas seperti yang disediakan digibank by DBS. Selain terjamin, digibank by DBS menyuguhkan kemudahan untuk Anda dalam setiap prosesnya, diantaranya adalah:

1. Transaksi Mudah

Semua jenis transaksi yang Anda butuhkan dapat terpenuhi hanya dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS saja. Melalui satu aplikasi ini Anda sudah bisa melakukan penjualan, pembelian, dan switching produk investasi. Bahkan Anda pun bisa melakukan registrasi SID (Single Investor Identification) dengan mudah.

2. Tiga Pilihan Kategori

Selain mudah, keuntungan Reksadana bersama digibank by DBS lainnya adalah adanya tiga pilihan kategori yang akan memberikan kemudahan untuk Anda dalam memilih produk yang cocok, yaitu scoring terbaik, terpopuler, dan kinerja terbaik.

3. Fleksibel

Semua proses transaksi yang Anda lakukan bersama digibank by DBS dapat dilakukan secara fleksibel terlebih lagi untuk transaksi pembelian secara berkala. Anda tidak perlu melakukan registrasi berulang, cukup satu kali saja saat pembelian pertama.

4. Terdapat 50+ Pilihan Produk

digibank by DBS selalu terdepan dalam menyuguhkan produk untuk investor karena memiliki lebih dari 50 pilihan produk investasi yang berpeluang menguntungkan sesuai dengan risiko profil Anda.

5. Modal Rendah

Tidak perlu menunggu memiliki modal besar untuk merasakan keuntungan Reksadana, pasalnya di digibank by DBS bisa Anda dapatkan dengan modal Rp100 ribu saja. Menarik bukan?

Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan digibank by DBS sebagai tempat berinvestasi yang menguntungkan. Yuk segera nikmati keuntungan Reksadana bersama digibank by DBS sekarang juga.

About Post Author

syaifuddin sayuti

Ex jurnalistik tv yang gemar makan dan travelling. social media addict, ex Kepsek Kelas Blogger, admin BRID.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %