Cara ganti KTP hilang bisa kok dilakukan dengan cara yang simpel. Kehilangan kartu tanda penduduk (KTP) di ibukota Jakarta dulu jadi persoalan yang tidak mudah. Apalagi jika alamat KTP berbeda dengan alamat domisili.  Urusan bakal panjang kali lebar, karena selain lapor kehilangan di kantor polisi, kita juga harus minta surat pengantar dari RT/RW dan ke kantor kelurahan untuk urus pergantian KTP.

Jaman dulu bahkan kita harus menyiapkan sejumlah dana ‘salam tempel’ bagi pegawai kelurahan, entah untuk apa. Karena tak ada aturan undang-undangnya, jumlah dana bisa dimainkan sesuai kehendak oknum pegawai kelurahan. Sekarang di era kekinian ganti KTP yang hilang tidak perlu waktu lama, ada cara simpel yang dijamin memangkas waktu pengurusan hingga KTP selesai.

Langkah-langkah Ganti KTP

Apa yang harus dilakukan jika KTP hilang? Entah itu hilang di jalan, kendaraan umum, atau lupa entah kemana. Intinya anda tak bisa menemukannya lagi, baik itu di saku baju, tas, atau dompet. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika KTP hilang. Yang jelas, tidak perlu bikin woro-woro atau pengumuman di media massa atau media sosial. Buat apa, buang waktu saja.

1.Lapor ke Kantor Polisi

Ini adalah langkah awal sebelum melakukan langkah-langkah selanjutnya untuk ganti KTP yang hilang. Datangi kantor polisi terdekat, bisa yang dekat rumah atau dekat dari lokasi dugaan KTP hilang. Tak butuh waktu lama membuat laporan kehilangan pada polisi, hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja.

Polisi sudah terbiasa menangani laporan sejenis dan sudah punya ‘template’ surat kehilangan sehingga tinggal memberikan data pokok seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, lokasi dugaan KTP hilang.

2.Download Aplikasi Alpukat Betawi

Sebelum datang ke kantor kelurahan pastikan sudah mendonload aplikasi Alpukat Betawi di Google Play. Alpukat Betawi ini adalah aplikasi dan juga website yang memudahkan pengurusan KTP, kartu keluarga, dan juga akta. Alpukat sendiri merupakan kependekan dari Akses Langsung Pelayanan Dokumen Cepat dan Akurat.

kTP hilang

Aplikasi Alpukat (screenshoot dari aplikasi)

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Setelah download langsung isi form sesuai kebutuhan. Untuk pembuatan KTP baru cukup isikan data-data kependudukan seperti Nomer Induk Kependudukan (NIK), alamat, dan data kehilangan KTP seperti surat lapor polisi.

Anda juga harus mengisi tanggal kedatangan ke kantor kelurahan untuk mengambil KTP.

3. Ambil KTP di Kelurahan

Nah, jika dua langkah di atas sudah dijalankan, anda tinggal ambil KTP yang sudah dipesan sebelumnya dengan mendatangi kantor kelurahan. Pastikan anda membawa foto copy Kartu Keluarga dan juga surat lapor polisi yang asli. Tak perlu menunggu waktu lama, tak sampai 10 menit KTP anda yang baru sudah ditangan.

Dalam proses penggantian KTP ini anda tak perlu menbuat foto dan membubuhkan tanda tangan di KTP baru. File data kita masih ada sehingga itu semua tak diperlukan lagi. Dan yang paling penting KTP kita tak perlu perpanjangan, karena langsung berlaku seumur hidup. Simpel kan bikin KTP pengganti yang hilang.