Review Jujur Aplikasi blu

Layanan perbankan digital kini menjadi sebuah kebutuhan masyarakat di era teknologi informasi yang berkembang pesat. Dan grup Bank BCA  kini memiliki Bank Digital BCA, yang berdiri sendiri dan menjalankan operasionalnya 100 persen secara online/ daring menggunakan aplikasi blu by BCA Digital.

Tulisan ini berisi review jujur aplikasi blu yang didasarkan pada pengalaman penulis sendiri. Saya membutuhkan aplikasi blu karena aplikasi blu by BCA Digital memberikan layanan terintegrasi dengan Bank BCA yang selama ini saya gunakan.

Ekosistem digital blu hadir sebagai ekosistem bank digital tanpa kantor cabang (branchless) yang layanan perbankannya dapat diakes kapanpun, dan dari manapun. Aplikasi blu adalah platform digital yang juga terintegrasi dengan infrastruktur digital yang telah dikembangkan oleh Bank BCA selama ini. Termasuk dalam hal ini adalah layanan call center dan jaringan ATM terluas Bank BCA.

Aplikasi blu by BCA Digital
blu, memudahkan transaksi perbankan (foto koleksi pribadi)

Apa Bedanya blu dengan Bank BCA?

Aplikasi blu by BCA Digital ini bisa diunduh di Play Store maupun App Store.  Karena merupakan bank digital, maka layanannya tidak menerbitkan buku tabungan serta tidak memiliki kantor cabang. Semuanya dioperasikan secara digital. Jika ada pertanyaan terkait layanan, Bank Digital BCA menyediakan haloblu yang bisa dihubungi kapanpun.

Apa bedanya dengan layanan perbankan konvensional Bank BCA? Bank BCA konvensional masih menggunakan perantara petugas dalam menjalankan operasionalnya. Untuk membuka rekning calon nasabah harus mendatangi kantor cabang dengan menyerahkan bukti fisik dokumen sebagai prasyarat pembuatan rekening. Sementara di blu, semuanya berbasis aplikasi.

 Fitur-fitur Aplikasi blu

Karena dikonsep sebagai next generation bank atau bank untuk generasi selanjutnya, blu memberikan layanan perbankan sesuai kebutuhan anak muda yang terbiasa bertransaksi secara digital. blu juga memberikan  layanan-layanan inovatif yang ditunjukkan dari fitur-fiturnya, seperti :

bluAccount. Akun blu yang bisa dibuat secara online. Ini merupakan akun utama blu, induk dari semua fasilitas yang dimiliki blu.

bluSaving. Rekening tabungan yang bisa dimiliki nasabah, dan jumlahnya bisa hingga 10 tabungan berbeda.

bluGether. tabungan yang berfungsi seperti rekening bendahara, di mana tiap member bisa melihat arus keluar masuk uang di rekening secara transparan. Fitur ini cocok bagi komunitas kecil seperti kepanitiaan kampus atau juga digunakan untuk menabung berjamaah dengan tujuan membeli sesuatu barang berupa hadiah untuk sanak keluarga atau teman. Menurut saya inovasi seperti bluGether ini bisa membantu banyak orang untuk banyak menabung. Karena menabung jadi begitu menyenangkan.

bluDeposit. Ini adalah rekening deposito yang memberi kemudahan top up nominal deposito bagi nasabahnya.

 

Ekosistem Digital blu
Aplikasi blu, kemudahan transaksi keuangan dalam genggaman (foto dokpri)

Tidak itu saja, lewat blu  pengguna bisa melakukan aneka pembayaran tagihan, top up e-wallet , hingga pembelian paket data internet.

Oh iya, integrasi dengan layanan Bank BCA konvensional memungkinkan pengguna blu juga bisa setor/ tarik tunai secara gratis melalui ATM BCA. Layanan ini berlaku untuk transfer dari m-BCA ke blu yang juga gratis. Itu sudah saya buktikan sendiri, dan ini adalah salah satu cara #blubuatbaik untuk nasabahnya. Dan kabar baiknya, top up dompet digital Gopay juga gratis lho di blu.

Cara Download Aplikasi blu

Untuk bisa menikmati kemudahan layanannya, yuk download aplikasi blu yang ada di Play store maupun App Store. Gak butuh waktu lama jika jaringan internetmu cukup baik. Ekosistem digital blu memungkinkan pembuatan akun blu dilakukan full online. Setelah mendownload aplikasi kemudian lakukan pendaftaran sebagai nasabah blu. Syarat pendaftarannya cukup mudah, cukup siapkan KTP elektronik dan kartu NPWP. Sesimpel itu kok untuk jadi bagian layanan perbankan generasi berikutnya.

Estimasi pembuatan akun sendiri sekitar 1 jam. Pengalaman saya, mendaftar sebagai nasabah selewat pukul 22.00 WIB. Proses verifikasi baru bisa dilakukan keesokan hari, karena sudah lewat jam kerja CS-nya. Dan keesokan hari proses verifikasi data berlangsung cepat. Petugas hanya mengkonfirmasi data yang diinput. Verifikasi diakhiri dengan selfie sambil membawa KTP. Sesimpel itu, karena #blubuatbaik semua prosedur konvensional menjadi praktis secara digital.

Gandeng blibli Sebagai Partner Eksklusif

Setelah resmi beroperasi sejak awal Juli 2021, blu mengumumkan kerjasama dengan blibli, marketplace ternama di Indonesia, bertepatan dengan virtual launching bertajuk it’s blu day, Kamis 22 Juli 2021.  Launching yang dilakukan melalui zoom meeting ini, dihadiri sejumlah media dan blogger. CEO Bank BCA Digital, Lanny Budiati mengatakan, pemilihan blibli sebagai partner eksklusif  karena kedua pihak punya kesamaan visi, yang memprioritaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Baik blu maupun blibli memiliki target market serupa, yakni para digital savvy. Di mana kalangan milenial adalah market yang tepat untuk menggunakan layanan integrasi yang merupakan kolaborasi blu dan blibli.

review jujur aplikasi blu
CEO Bank BCA Digital, Lanny Budiati memberi penjelasan kepada media dan blogger saat online launching blu (gambar screenshoot dari komputer)

Sementara itu CEO blibli Kusumo Martanto mengatakan, sinergi blibli dan blu membuktikan Bank BCA makin memudahkan nasabahnya. Dan melalui kerjasama ini blibli menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang mengintegrasikan layanan bank digital ke dalam platformnya.

Sinergi layanan integrasi ini memungkinkan pelanggan blibli bisa berbelanja dengan mudah menggunakan moda pembayaran digital melalui blu. Pelanggan blibli juga diberikan kemudahan membuka rekening melalui platform blibli yang terintegrasi dengan blu.

Ke depan, tidak hanya blibli yang digandeng sebagai partner. Ekosistem digital blu bakal makin berwarna dengan  banyak merchant, banyak mesin dan juga orang yang diajak kerjasama. Ini adalah cara blu memperkuat ekosistem digitalnya, tak hanya di bidang banking, namun juga di bidang non banking. Sehingga nasabah blu makin memperoleh kemudahan layanan dan benefit dalam satu genggaman.

Demikian review aplikasi blu versi saya. Saya berharap review aplikasi blu ini bisa memberikan gambaran menyeluruh apa itu blu dan bagaimana ekosistem digital blu bekerja. Review jujur aplikasi blu ini juga dimaksudkan memberikan gambaran kelebihan dan keuntungan apa yang didapat nasabah dengan bergabung di blu.

Apa pengalamanmu menggunakan blu?

By syaifuddin sayuti

Ex jurnalistik tv yang gemar makan dan travelling. social media addict, ex Kepsek Kelas Blogger, admin BRID.

12 thought on “Review Aplikasi blu by BCA Digital”
  1. saya jadi ingat waktu kemarin dapat pengalaman menarik CS Digital BCA. Bedanya ini layanan offline – saya datang ke kantor BCA terdekat (Leuwi Panjang). Kalo baca artike Blu By BCA Digital semakin menarik lagi — terima kasih atas infonya bang Udin!

  2. Aku juga nasabah BCA nih, jadi mau coba app ini. Cuma sepertinya kalau di LN aga susah ya pasti dia sistemnya kode OTP ke nomer hp. Selama ini pakai internet banking aja pakai token.

  3. Sebagai nasabah BCA paling setia, saya sudah merasakan buka rekening dengan tanpa bertemu CS secara langsung aka virtual dengan BCA Xpresi. Dan karena mudah serta pembukaan murah, anak anak semua juga dibuatkan kartu Xpresi.

    Hebatnya lagi sekarang dibuatkan aplikasi atau layanan
    blu sehingga memberikan layanan perbankan sesuai kebutuhan anak muda, which is milenial yang terbiasa bertransaksi secara digital.

    cuman ada beberapa yang masih blur nih, mereka kan memberikan layanan inovatif seperti pembukaan rekening bluAccount secara online, nah lalu ada bluSaving, dimana disebutkan para nasabah juga bisa memiliki 10 tabungan terpisah yang peruntukannya bisa dimonitor.

    Jadinya ini semua atas 1 nama gitukah? Masih kurang mudheng cara kerjanya…

  4. Ini sangat cocok sekali untuk anak milenial agar disiplin dalam mengatur keuangan yaa. Mau download dan buka rekening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.