ZenCore

Menurut sebuah studi di California, Amerika Serikat, kemampuan otak manusia ternyata 30 kali lebih canggih dari superkomputer. Ini terungkap lewat sebuah penelitian yang menguji bagaimana komputer dan manusia dalam memindahkan informasi dari satu titik ke titik lain. Hasilnya, ternyata kemampuan otak manusia jauh melebihi perkiraan banyak orang. Padahal selama ini teknologi selalu menempatkan komputer lebih digdaya daripada kemampuan otak manusia.

Meski memiliki kemampuan melebihi kemampuan superkomputer, ternyata untuk bisa bekerja optimal otak manusia harus distimuli (dilatih). Ini yang terkadang lupa dilakukan oleh manusia. Banyak yang beranggapan karena otak sudah dimiliki di kepala ya sudah tidak perlu diutak atik. Kalau pintar ya pintar saja. Padahal tidak seperti itu sebenarnya.

Nah, bagi kalian siswa sekolahan, pasti kenal dan familiar dengan nama Zenius, bimbingan belajar online pertama di Indonesia. Zenius selama ini dikenal banyak membantu anak Indonesia dalam belajar, baik itu menghadapi ulangan harian maupun seleksi masuk sekolah hingga saringan masuk ke perguruan tinggi. Zenius dengan aplikasi Zenius Education tidak hanya memberikan pengajaran satu arah, namun juga bersifat interaktif, dengan memberikan pelajar latihan soal-soal yang menggunakan tutorial berbasis video-video pembelajaran. Cara penyampaian materi yang dikembangkan Zenius memudahkan pemahaman terhadap materi pelajaran sekolah.

Selain membimbing dalam pelajaran sekolah, di aplikasi Zenius juga terdapat fitur-fitur yang berguna untuk pengembangan diri penggunanya. Salah satunya yang terbaru bernama ZenCore. Mulai dari mana nih penjelasannya? #mulaidarimanaaja ya.

Download aplikasi zenius
Fitur ZenCore mudah diakses dan digunakan (foto koleksi pribadi)

Apa itu Fitur ZenCore

ZenCore adalah fitur baru yang terdapat di Aplikasi Zenius. Fitur berbasis kecerdasan buatan (Artifisial Inteligent) ini memungkinkan penggunanya mampu meningkatkan pengetahuan dasarnya dalam tiga materi utama matematika, kemampuan logika verbal dan bahasa Inggris.

Download Aplikasi Zenius
Tampilan CorePractice dengan soal-soal kemampuan dasar (foto koleksi pribadi)

Ketiga materi dasar ini dianggap masih kurang diperhatikan dan belum terlalu diasah oleh sebagian masyarakat kita. Sebab, praktisi pendidikan masih terkonsentrasi pada keberadaan ilmu-ilmu spesifik. Sehingga pemahaman dan kemampuan anak didik terhadap  ketiga elemen dasar tersebut masih jauh dari memadai.

Di fitur ZenCore sendiri terdapat dua bagian besar yang jadi intinya.

Pertama, CorePractice. CorePractice adalah kuis yang didesain untuk meng-upgrade kemampuan fundamental pengguna ZenCore. Terdapat 3 kemampuan utama yang dilatih sekaligus sebagai pondasi dalam berpikir yaitu Matematika, kemampuan Verbal dan Logika, serta Bahasa Inggris. Semua materi ini dibuat berbentuk games yang memancing penggunanya meningkatkan score terus menerus.

Kedua, CoreInsight. Ini merupakan upaya Zenius memberikan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh mengenai berbagai pengetahuan seperti filsafat, basic science, big history dan lain-lain. Tujuan akhirnya adalah memberi bekal bagi penggunanya agar bisa melihat persoalan dari berbagai perspektif dan sudut pandang. Kesemuanya akan disajikan dengan cara yang menarik dan fun.

Alasan Menggunakan ZenCore

ZenCore didesain bisa digunakan oleh semua kalangan usia, karena apa yang disajikan bersifat universal. Karena kemampuan fundamental (fundamental skill) berlaku di seluruh dunia, dan dapat dipelajari semua orang. Artinya ZenCore tidak hanya khusus menyasar peserta bimbel digital saja, namun juga bisa digunakan oleh kalangan mahasiswa, hingga fresh graduate pencari kerja.

ZenCore
Contoh Soal hingga Score di CorePractice (Screenshoot aplikasi Zenius)

Kenapa harus menggunakan ZenCore? Karena ZenCore pada dasarnya adalah skill dan knowledge yang harus dikuasai oleh semua orang, terlepas dari mana latar belakang anda, dari jenjang pendidikan apa, atau bidang pekerjaan anda.

Ini bisa dilihat dari 3 fundamental skill yang mesti dikuasai, yakni kemampuan dasar matematika, kemampuan dasar bahasa inggris serta kemampuan verbal dan logika. Tiga kemampuan ini bisa diasah dan ditingkatkan sesuai kebutuhan. Bahkan seseorang yang tak punya basis kemampuan dasar sekalipun tetap bisa menggunakan ZenCore untuk mengasah kemampuannya.

Kebutuhan Pengembangan Diri

ZenCore bisa digunakan oleh semua orang yang ingin selalu meningkatkan kualitas dirinya secara terus menerus.  Karena pada dasarnya kebutuhan akan pengembangan diri tidak bisa berhenti pada satu titik tertentu saja. Ia harus terus menerus diupayakan. Jika sudah sampai di tahap awal harus diupgrade ke tahapan lanjut, begitu seterusnya.

Kalau cara berpikir sudah ter-upgrade, seseorang akan bisa menangkap informasi lebih cepat dan berpikir lebih kritis serta rasional. Dan ujungnya bisa meningkatkan kualitas hidup manusia secara umum.

Dan dalam lingkup yang lebih luas, jika masyarakat makin kritis dan rasional, maka masyarakat tidak mudah terjebak dengan informasi hoaks dan sesat pikir. Tentunya dengan masyarakat seperti ini kualitas demokrasi akan jauh lebih sehat.

Cara Menggunakan ZenCore

Bagaimana cara kita menggunakan fitur ZenCore? Sangat mudah sekali kok. Berikut adalah langkah-langkah mudah bagi kamu yang ingin mencoba ZenCore yang ada di aplikasi Zenius.

Zencore
Aplikasi Zenius, Bimbel online pertama di Indonesia (screenshoot dari Google Play)
  1. Download aplikasi Zenius di Play Store maupun App Store.
  2. Daftar/ registrasi. Paling mudah menggunakan link Google. Jika mengunakan link Google tidak perlu isi registrasi, karena sudah terkoneksi dengan akun Google. Kita tinggal menambahkan nomer HP yang aktif.
  3. Masuk ke halaman muka Zenius, bakal ditanya masuk sebagai pelajar atau orang tua.
  4. Untuk masuk ke ZenCore, klik di bagian pencarian konten yang ada di bagian atas, tepat di bawah nama pengguna.
  5. Klik ZenCore yang ada di “Cari Fitur Lainnya”
  6. Masuk ke laman CorePractice. Bakal disajikan 3 pilihan soal kemampuan dasar, yakni matematika, Bahasa Inggris, dan Verbal Logic.
  7. Klik masing-masing jenis soal. Ada 8 soal yang bervariasi tingkat kesulitannya. Ada pertanyaan yang cukup dijawab hanya dengan mengingat. Tapi ada pula pertanyaan yang membuat kita berpikir keras.
  8. Setelah menyelesaikan tantangan soal akan muncul nilai (score) di bagian atas fitur. Sementara di bagian bawah kita diberikan dua pilihan, mau lihat pembahasan soal yang jawabannya salah atau lanjut ke level berikutnya. Pembahasan soal dilakukan dengan menggunakan catatan dan juga video konsep.
Mudah kan cara akses ZenCore di aplikasi Zenius. Kalau mau seru ajak saja teman-temanmu untuk barengan memecahkan soal-soal di ZenCore. Fitur ZenCore bisa bantu kamu push rank bareng temanmu, sehingga main ZenCore lebih seru. Gaes, #mulaidarimanaaja upgrade kemampuan dasarmu di bidang matematika, bahasa Inggris serta verbal logic dengan cara menyenangkan.
Yuk, download aplikasi Zenius dan mencoba ZenCore.

By syaifuddin sayuti

Ex jurnalistik tv yang gemar makan dan travelling. social media addict, ex Kepsek Kelas Blogger, admin BRID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.