Xpander Limited Edition (foto dokpri)

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang baru usai hari Minggu lalu (5/5) di JIExpo, Kemayoran Jakarta menyisakan kisah manis bagi Mitsubishi. Booth Mitsubishi tiap hari ramai dipadati pengunjung yang ingin melihat dari dekat si Pinter Bener Xpander.

Sejak diluncurkan Agustus 2017, MPV 7 penumpang ini langsung membetot perhatian pecinta otomotif Indonesia. Masyarakat yang bosan dengan desain dan fitur mobil sejenis yang ‘itu-itu saja’ awalnya terkaget-kaget dengan ‘bentuk tak biasa’ dari Xpander. Namun seiring waktu berjalan, desain tegas yang dimiliki Xpander ternyata disuka dan dicintai. Tak butuh waktu lama angka penjualan fantastis pun ditorehkan Mitsubishi Xpander sehingga menjadi produk low MPV impian banyak orang.

Lebih Mewah dan Sporty

Di IIMS 2019 Mitsubishi Indonesia membawa 3 produk unggulannya yakni Pajero Sport, Triton dan tentunya Xpander yang kali ini membawa Xpander Limited Edition. Produk yang sangat terbatas ini hanya dilepas 1.000 unit saja. Produk ini merupakan pengembangan dan apresiasi atas prestasi luar biasa Xpander sejak diluncurkan yang berhasil menjual 100.000 unit mobil dalam waktu 18 bulan.

Kelebihan dari edisi terbatas ini adalah pada tampilannya yang lebih ‘garang’, lebih sporty. Sejumlah fitur khusus disematkan yang membuat Xpander seri ini lebih premium. Mulai dari Mirror Cover Decal, Wheel decal, Fuel Lid Garnish, Door handle protector, Engine Hood Emblem, serta limited edition emblem.

Perubahan juga terasa dari sisi interior, di mana untuk versi ini menjadi lebih nyaman dan mewah. Seperti penambahan Sporty Seat Cover, Ornament Decal, Exclusive Limited ID, Scuff Plate dan juga penyematan limited series badge di bagian interior. Dengan tampilan yang lebih menawan dan sporty, saya yakin pasar Xpander akan meluas dan terus bertumbuh.

Karena dijual sangat terbatas, Xpander Limited ini hanya menyediakan satu jenis warna yakni Quartz White Pearl seharga Rp.276.600.000.

Pinter Bener Xpander

Selama IIMS 2019 booth Mitsubishi tampil beda dibandingkan booth peserta lainnya. Sejumlah aktivitas disiapkan bagi pengunjung dengan mengusung tagline Pilih Xpander Pinter Bener. Di sini pengunjung bisa ikut seseruan berfoto ala keluarga Pinter Bener yakni Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck di photo booth.

Sebelum difoto pengunjung harus menjawab sejumlah pertanyaan sesuai teamnya, team Pinter atau team Bener. Pertanyaannya cukup mudah karena hanya seputar Xpander. Saat berfoto pengunjung wajib menggunakan kacamata yang sudah disediakan, mirip dengan yang dipakai Keluarga Pinter Bener di iklan TV Xpander. Jika sudah difoto, pengunjung harus memposting di Instagram dan bakal diberikan merchandise unik dari Mitsubishi. Saya sendiri sempat mencoba ikutan foto di sini yang antriannya lumayan panjang.

Keramaian di booth Mitsubishi tidak hanya itu, karena di panggung utama tiap hari digelar berbagai kegiatan seperti diskusi dan pertunjukan musik. Topik diskusinya beragam, mulai dari bincang bersama selebriti, hidup ramah lingkungan, seni, dunia digital hingga pengelolaan kuangan. Saat saya hadir di panggung utama sedang berlangsung talk show mengenai pengelolaan keuangan bersama firma perencana keuangan Jouska.

Talk Show bareng Jouska (foto dokpri)

Farah Dini Novita dari Jouska sebagai pembicara meyakinkan para milenial untuk tidak takut merencanakan keuangan, sehingga semua pengeluaran dan penyimpanan uang bisa lebih terkelola. Farah meyakinkan pada kalangan milenial yang baru masuk ke dunia kerja bahwa mereka bisa juga mempunyai mobil dengan perencanaan yang matang. Misalnya dengan menggunakan cara mencicil. Namun ia menyarankan, sebaiknya jumlah cicilan tidak lebih dari 30% penghasilan agar tidak mengganggu kebutuhan lainnya.

Selain diskusi, sepanjang IIMS 2019 di booth Mitsubishi juga digelar pertunjukan musik yang menampilkan sejumlah nama ternama seperti Anji, Ari Lasso, hingga grup RAN.