XL Future Leaders Hasilkan Pemimpin Muda Masa Depan

By | 26 November, 2018

XL Future Leaders. Hari Minggu (25/11) XL Axiata mewisuda 150 peserta XL Future Leaders di kantor pusat XL Axiata, Kuningan Jakarta. Mereka yang diwisuda adalah peserta dengan latar belakang  pendidikan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi tanah air yang telah mengikuti program penggemblengan sebagai calon pemimpin masa depan selama 2 tahun terakhir.

Jujur, saya baru tahu ternyata acara ini super keren. Awalnya mengira ini tak ubahnya acara seperti talent search yang dibuat stasiun TV itu. Ternyata totally different. Meski merupakan bagian dari kegiatan CSR aka Corporate Social Responsbility dari PT.XL Axiata Tbk, tapi gelaran ini ternyata bukan ajang CSR biasa. 

Presiden Direuktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan XL Future Leaders tidak hanya mengajarkan keahlian khusus kepada para mahasiswa agar mereka bisa membangun karir pribadi di masa depan. “Program ini kami jalankan selama dua tahun dengan muatan khusus untuk memastikan para peserta juga memiliki tanggung jawab agar mampu memberikan solusi atas berbagai problematika yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan negara” ujar Dian Siswarini.

Menkominfo Rudiantara dan CEO XL Axiata Dian Siswarini Bersama Peserta XL Future Leaders (sumber foto XL)

“Kami ajarkan agar mereka mampu berpikir kritis, melahirkan inovasi dan terobosan. Investasi kami untuk program ini tidak sedikit, karena itu mereka harus menjadi agen perubahan untuk kemajuan Indonesia. Dengan cara inilah kami, XL Axiata ikut aktif dalam pembangunan nasional,” tambah Dian Siswarini.

Acara wisuda bagi peserta XL Future Leaders batch 5 juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Dalam kesempatan tersebut Menkominfo mengapresiasi program XL Future Leaders yang diinisiasi XL Axiata dan sudah berjalan selama 7 tahun secara konsisten. 

“Saya senang karena program ini berkorelasi dengan apa yang dilakukan pemerintahan saat ini, yakni menyiapkan sumber daya manusia handal memasuki era revolusi industri 4.0,” jelas Rudiantara. Menurut Rudiantara, perkembangan pesat dunia digital saat ini mengharuskan Indonesia memiliki SDM yang handal, yang bisa bersaing tidak hanya di level nasional namun juga di tingkat global.

Tentang XL Future Leaders

XL Future Leaders pertama kali digelar pada tahun 2012. Artinya hingga tahun ini sudah berjalan untuk tahun ke-7. Selama rentang waktu tersebut tiap penyelenggaraannya berhasil menelurkan 750 pribadi unggul yang siap menjadi pemimpin masa depan Indonesia, bukan hanya untuk skup lokal Indonesia, namun juga untuk internasional.

XL Future Leaders Batch 5 (sumber foto : XL)

Para peserta selama 2 tahun diajarkan berbagai ketrampilan soft skill yang bisa dijadikan bekal bersaing di kancah global, seperti 
kemampuan komunikasi yang efektif, kemampuan mengelola perubahan, serta inovasi dan kewirausahaan. 

Soft skill yang diajarkan diharapkan membekali kemampuan para alumni untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan segala kegiatan di dalamnya. Mereka akan mudah untuk bekerja dan berkomunikasi secara efektif, juga berpikir secara kritis. Kurikulum yang diterapkan juga sejak awal, sudah dirancang dengan menyesuaikan pada perkembangan era digital hingga beberapa tahun ke depan. 

Alumni XL Future Leaders sendiri kini sudah tersebar di berbagai institusi baik pemerintahan maupun swasta di Indonesia maupun di luar negeri. Selain Graduation Day, acara National Conference XL Future Leaders 2018 kemarin juga dimaksudkan untuk menyambut para peserta baru dari Batch 7 yang kemarin juga hadir di Jakarta.

Wah, saya terlalu cepat lahir, coba dari dulu ada kegiatan keren kayak gini, pasti saya ikut. 

191 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.