XL Axiata, operator telco terkemuka bertekad meningkatkan kualitas layanan di wilayah Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara (Jabobetabek dan Kalimantan). Pesatnya peningkatan trafik data dan juga berkembangnya pasar di area luar Jawa telah mendorong XL Axiata untuk menyiapkan berbagai rencana strategis guna memenuhi segala ekspektasi pelanggan. Termasuk di dalam rencana tersebut adalah berlanjutnya perluasan jaringan data 4G, fiberisasi, juga peluncuran produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Demikian ditegaskan Region Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan, di sela-sela XL Jabo Media Gathering 2019 di kota Batam, Kepulauan Riau, 5 Desember 2019. “Di tingkat regional, kami berhadapan langsung dengan kompetisi yang sangat ketat dalam meyakinkan masyarakat pengguna layanan data. Kami harus mampu memenuhi ekspektasi masyarakat dan pelanggan agar mereka percaya dan setia dengan produk XL Axiata”, kata Francky.

Meskipun begitu, menurut Francky kompetisi yang ketat bukanlah penghalang bagi XL Axiata. Kompetisi justru mendorong pihaknya terus menjaga performa sehingga bisa memenuhi semua ekspektasi pelanggan. “Demi mampu terus berkompetisi, maka XL Axiata memastikan untuk melakukan apapun agar pelanggan nyaman dan meraih manfaat maksimal atas layanan yang mereka pakai.”

Francky menambahkan, pola dan trend penggunaan layanan data rata-rata memang terus meningkat di semua area dan bahkan secara nasional. Di kawasan Jabodetabek yang bawahinya karakter penggunanya sangat mobile dan lebih membutuhkan kualitas jaringan prima. Sementara kota-kota pinggiran Ibukota hingga sebagian Kalimantan, saat ini XL Axiata sedang gencar melakukan perluasan jaringan data dan sekaligus memperkuat ekosistem.

Hingga akhir September 2019, total jumlah pelanggan di regional Jabodetabek dan Kalimantan mencapai 15 juta, meningkat dari 13 juta di periode yang sama tahun sebelumnya. Area Jabodetabek mencatatkan jumlah pelanggan tertinggi lebih dari 90%. Peningkatan juga terjadi pada trafik penggunaan layanan data, yang meningkat sekitar 30% dari tahun sebelumnya. Khusus layanan data 4G meningkat sekitar 41%. Sementara itu, laju peningkatan trafik tertinggi terjadi di area Kalimantan Timur yang mencapai lebih dari 60% di periode setahun terakhir.

Peningkatan trafik dan pelanggan secara tajam berlangsung dalam 3 tahun terakhir. Ini mengharuskan XL Axiata mempergencar pembangunan jaringan, termasuk perluasan ke area-area baru di Kalimantan. Hingga triwulan ketiga 2019, jumlah BTS di wilayah Jabodetabek dan Kalimantan meningkat menjadi lebih dari 36 ribu unit dengan 14 ribu unit di antaranya adalah BTS 3G dan 12 ribu BTS 4G.

Sementara itu Layanan 4G dari XL Axiata kini hadir di 46 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Jabodetabek, Kalbar, Kaltim dan Kaltara. Selain itu, fiberisasi telah dilaksanakan di jaringan XL Axiata yang ada di hampir semua kota/kabupaten yang ada di wilayah regional Jabodetabek dan Kalimantan.

Kenaikan trafik penggunaan layanan dan penambahan pelanggan juga tak bisa dilepaskan dari keberhasilan XL Axiata menciptakan produk-produk yang dibutuhkan pelanggan. XL Axiata menerapkan strategi dual brand yang terdiri dari XL untuk pelanggan dewasa, termasuk kalangan pekerja, dan AXIS untuk pelanggan berusia muda.

Selain itu, XL Axiata juga memiliki XL PRIORITAS untuk kalangan yang lebih membutuhkan layanan premium. Strategi segmentasi ini menjadi dasar bagi XL Axiata untuk menciptakan paket-paket layanan data yang sesuai dengan kebutuhan semua kalangan masyarakat Indonesia.

Berjaya Dengan Produk Unggulan

Pada kuartal ketiga 2019, XL Axiata menghadirkan sejumlah penawaran produk unggulan. Untuk pelanggan XL telah diluncurkan paket XTRA Combo, yang menawarkan ragam pilihan paket internet dan memberikan banyak benefit kuota utama intenet, kuota youtube serta kuota nelpon ke semua operator. Sementara itu AXIS Bronet 24 jam, yang menawarkan paket internet dengan harga terjangkau dan kuota berlimpah yang bisa dinikmati khusus oleh pelanggan AXIS.

Dari sisi bisnis, Francky optimis pihaknya mampu meningkatkan kinerja dan sekaligus mencapai target yang ditetapkan. Saat ini, region yang dipimpinnya memberikan kontribusi sekitar 30% terhadap pendapatan perusahaan. Sejumlah langkah strategis sudah ditetapkan, seperti, optimalisasi sistem distribusi produk, mempercepat pertumbuhan pelanggan XL dan AXIS, meningkatkan kualitas SDM , meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan serta melakukan kegiatan promosi yang berdampak langsung bagi pelanggan dan masyarakat.