Pelajar Peserta Pelatihan Berfoto Bersama (foto dokpri)

Wajah-wajah para pelajar dari seluruh Indonesia ini terlihat ceria. Senyum mengembang dari perwakilan pelajar di 25 provinsi. Mereka adalah para peserta Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang sedang mengikuti pembekalan mengenai keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Jakarta, 7-11 Oktober 2019. Acara ini sendiri dibuka secara resmi oleh Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Sigit Irfansyah.

Selamat di Jakarta peserta dibekali materi-materi mengenai public speaking dan safety riding. Ilmu public speaking wajib dikuasai para peserta karena nantinya mereka akan jadi duta keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di masing-masing provinsi asal. Sedangkan pengetahuan mengenai safety riding atau keselamatan berkendara menjadi materi yang akan mereka sebarkan pada para pemuda, khususnya pelajar mengenai bagaimana mengupayakan berkendara yang aman dan selamat hingga tujuan.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebagai penyelenggara acara ini kembali menggandeng XL Axiata sebagai mitra penyedia materi pelatihan mengenai literasi digital bagi para pelajar. Materi ini antara lain berisi cara pemanfaatkan media digital khususnya sosial media dalam mensosialisasikan kesadaran berkendara.

Direktur Sarana Transportasi Jalan (foto dokpti)

Materi yang diangkat dalam pelatihan ini mengusung tema “The Power of Social Media”. Para pelajar akan dilatih antara lain tentang bagaimana memilih sosial media yang paling mempresentasikan dirinya, rumus dasar konten sosial media, gaya penulisan, penggunaan hashtag, membuat koten yang menarik, juga bagaimana menciptakan citra sebagai Duta Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di sosial media.

Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata, mengatakan, “XL Axiata berkomitmen mendukung program sosialisasi keselamatan berkendara secara berkesinambungan yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan. Edukasi pemanfaatan sarana digital merupakan cara tepat guna menyebarkan pesan-pesan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, dan ini sangat relevan mengingat karakter anak-anak muda yang tak bisa terlepas dari sarana digital”.

Tahun ini tema yang diambil yakni “Leadership for Road Safety“. Proses seleksi peserta dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi dan nasional, yang diikuti oleh perwakilan sekolah menengah umum sebanyak 73 orang, perwakilan dari 25 provinsi. Peserta merupakan pelajar berprestasi yang telah diseleksi dan dibimbing langsung oleh Kementerian Perhubungan yang kelak akan didaulat sebagai “Duta Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan” di Propinsi masing-masing.

Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah program Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebagai proses penanaman budaya tertib berlalu lintas dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi jalan. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan spesifik, yaitu guna meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalulintas dan mengurangi resiko akibat kesalahan berperilaku tidak tertib di jalan.

Kerjasama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat. Dukungan ini akan meliputi penyediaan layanan digital melalui website www.sisternet.co.id/modulpintar, di mana di dalamnya ada modul e-Learn terkait informasi keselamatan berkendara. Selain itu materi sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu-lintas juga akan dituangkan dalam bentuk artikel, kompetisi, juga kuis, baik di website maupun media sosial Sisternet.