Elegannya Wuling Confero S (foto dokpri)

Pasar otomotif di tanah air belakangan riuh dengan kehadiran Wuling Motors Indonesia, pabrikan mobil asal negeri tirai bambu China. Wuling yang sudah masuk ke Indonesia sejak 2 tahun terakhir belakangan ini makin gencar dan aktif mempromosikan produk andalannya yakni Wuling Confero dan Confero S.

Wuling memang tidak main-main masuk ke pasar otomotif tanah air yang selama ini sudah ditempati nama-nama besar pabrikan asal Jepang, Eropa dan Amerika. Mereka bukan saja sudah besar di Indonesia, beberapa diantaranya sudah meraksasa dengan produk unggulan yang selalu disambut pasar lokal dengan baik.

Leganya Wuling Confero S (foto dokpri)

Sebagai pendatang baru Wuling ternyata tak gentar. Bahkan masuk ke pasar lokal dengan cara yang pede. Masuk dengan produk andalan di kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV) Confero dan Confero S. Pilihan untuk bermain di kelas Low MPV barangkali memang strategi untuk menancapkan akar brand mereka di benak masyarakat, karena mobil jenis inilah yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Bahkan pertumbuhan penjualan mobil jenis MPV tergolong cukup tinggi.

Di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang diadakan di ICE BSD City, Wuling Motor Indonesia tampil dengan booth megah bersanding dengan booth para raksasa otomotif.

Confero dan Confero S, Low MPV Andalan Wuling

Gelaran GIIAS 2017 dijadikan Wuling Motor Indonesia untuk secara resmi memperkenalkan 2 produk Low MPV besutan mereka secara resmi kepada publik secara luas. Sebelumnya produk ini sudah diperkenalkan dalam Pekan Raya Jakarta  dan grand launching di Mal Senayan City.

Confero S Dimodif Sporty (foto dokpri)

Confero maupun Confero S adalah jenis kendaraan keluarga yang memiliki bentuk ‘bongsor’ dibandingkan kendaraan sejenis yang beredar di Indonesia. Karena bentuknya tersebut, Confero dan Confero S lebih lega mengangkut 7 atau 8 orang sekaligus.

Kemarin saya sempat menjajal kelegaan kabinnya. Dari kursi pengemudi misalnya, ruang kakinya memang lebih lapang, setidaknya jika dibandingkan dengan mobil yang saya miliki sekarang. Kaki jadi lebih rileks dan sepertinya kaki tidak cepat lelah saat digunakan mengemudi dalam jarak jauh.

Begitupun saat kursi pengemudi dimundurkan ke belakang, ruang kaki penumpang di row kedua masih cukup lega.

Oiya, row ketiga yang biasanya hanya muat untuk dua orang, pada produk Confero dikonsep untuk 3 orang.

Selain kabin yang lega, ada beberapa hal yang menarik perhatian saya yaitu fiturnya yang berlimpah. Seperti adanya sensor parkir di belakang dan depan, kamera parkir, dual srs Airbag, seatbelt di semua row, sistem monitoring tekanan angin ban, hingga sistem anti maling.

Selain itu ada pula sistem keamanan pada kunci atau immobilizer, ISO Fix seat fitur pengunci kursi bayi pada row kedua. Sepanjang pengamatan saya, fitur keamanan dan keselamatan Confero dan Confero S paling juara di kelas Low MPV.

Cuma segitu? Masih banyak lagi fitur-fitur yang ditaruh mulai dari eksterior, interior, hingga fitur kenyamanan yang menjadi kebutuhan konsumen mobil Indonesia.

“Kalau ada yang bilang mengapa Wuling memberikan banyak fitur di Confero S karena apa yang kami berikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Misalnya ruang kabin yang nyaman karena bagi orang Indonesia bermobil itu bersama keluarga dan itu butuh kenyamanan,” ujar Arief Ramadhi Firmansyah, Product Planning Specialist PT SGMW Motor Indonesia.

Value For Money

Melihat banyak kelebihan yang ditawarkan, mahalkah harga Confero dan Confero S ? Ternyata tidak. Harga yang ditawarkan Wuling masih dibawah harga mobil Low MPV lain yang sudah lebih dulu eksis.

Booth Wuling Motors di GIIAS 2017 (foto dokpri)

Ada tiga jenis harga On the Road Jakarta untuk produk baru Wuling, yakni:

Wuling Confero 1.5 Rp.128.800.000

Wuling Confero S tipe 1.5 C Rp.150.900.000.

Wuling Confero S tipe 1.5 L Rp.162.900.000.

Menurut saya, harga Wuling lumayan kompetitif, bahkan bisa dibilang lebih murah dari mobil sejenis. Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motor menyebut harga tersebut memberikan nilai lebih pada uang konsumen. “Harga Wuling Confero dan Confero S memberikan Value for money. Karena dengan harga yang bisa ditekan serendah mungkin, konsumen mendapatkan produk berkualitas,” tambah Dian Asmahani.

Serius Garap Pasar Indonesia

Sebagai pendatang baru di bidang otomotif nasional wajar jika ada yang mempertanyakan bagaimana dengan ketersediaan suku cadang jika mobil Wuling bermasalah?

Ternyata itu sudah  diantisipasi dan dipersiapkan jauh-jauh hari oleh Wuling Motor Indonesia yang menyiapkan 60 hektar lahan di Deltamas, Cikarang sebagai pabrik dan penyediaan suku cadang.

“Kami telah menyiapkan terlebih dahulu pabrik dan supplier park di Kawasan Industri Greenland International Industrial Center Cikarang jauh sebelum mobil kami jual ke pasaran,” kata Dian Asmahani.

Ditambahkan Dian, pihaknya juga sedang membangun jaringan distribusi, purna jual, dan servis. Tahun ini akan ada 50 dealer di seluruh Indonesia. “Jumlah itu akan terus bertambah seiring perkembangan penjualan produk Wuling di pasaran,” tambah Dian.

Keseriusan Wuling menggarap pasar Indonesia juga terlihat dari nilai investasi yang digelontorkan Wuling Motors yang mencapai 700 juta dolar Amerika. Sebuah investasi besar yang tidak main-main. Dengan nilai investasi tersebut, Wuling mematok kapasitas produksi pabriknya mencapai 120 ribu unit mobil per tahun.

Ditambahkan oleh Dian, Wuling tidak hanya menjual mobil namun juga berkomitmen menjadi bagian dari keluarga Indonesia. Bersama membangun mimpi untuk kehidupan yang lebih baik, seperti motto Wuling Motors, Drive for A Better Life.

Saya di Booth Wuling Motors di GIIAS 2017 (foto dokpri)


570 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini