(Sumber : freepik.com )

Menjalankan ibadah umroh setelah Hari Raya Iedul Adha kabarnya banyak disukai oleh calon jemaah. Aroma ibadah haji yang masih tersisa membuat paket umroh di bulan-bulan awal pasca musim haji jadi buruan. Namun ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Untuk sisa waktu di tahun 2019 paket umroh yang ditawarkan masih ada beberapa, seperti Paket Umroh Oktober.

Berdasarkan data Kementrian Agama, jumlah jemaah umroh Indonesia
di tahun 2018 mencapai 1.1 juta orang. Angka ini menunjukkan tingginya animo kaum muslim terhadap ibadah umroh karena bagi sebagian umat muslim ibadah umroh laksana ‘haji kecil’. Disebut haji kecil karena ada beberapa rukun ibadah yang mirip dengan haji.

Bagi kaum muslim di Indonesia ibadah umroh dijadikan pilihan karena berbagai alasan. Diantaranya, umroh dijadikan ajang latihan sebelum menjalankan ibadah haji sesungguhnya. Alasan lainnya, banyak kaum muslim yang menjalankan umroh karena khawatir tak sempat berhaji lantaran panjangnya daftar tunggu keberangkatan haji Indonesia, sementara soal usia adalah rahasia Illahi. Makanya sambil menunggu uang terkumpul atau waktu yang tepat banyak yang memilih menjalankan ibadah umroh. Nantinya jika ada kesempatan, dana, dan usia bisa berangkat haji sesuai rencana.

Contohnya saya. Saya harus memendam rasa ingin berhaji hingga tahun 2028. Dalam kurun waktu tersebut ujian kesabaran untuk bisa berangkat ke tanah suci begitu menggoda melalui ibadah umroh. Tahun 2017 harusnya saya berangkat ke tanah suci bersama istri dan ibunda saya.

Nahasnya, karena tergiur ‘harga miring’ sayapun batal pergi umroh karena travel umroh yang saya gunakan bermasalah. Yang menyedihkan uang yang sudah saya setor hingga 50 juta-an rupiah hingga kini raib entah kemana.

Teliti Sebelum Umroh

Agar tak mengalami peristiwa nahas seperti saya, calon jemaah umroh sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini

Pertama, periksa track record travel agentnya. Apa benar travel tersebut masih ada dan jelas keberadaannya. Lihat apakah kantornya ada secara fisik, tidak virtual. Mengapa harus menghindari kantor virtual karena jika ada masalah sulit bagi jemaah melakukan komplain. Kalaupun jelas keberadaan kantor travel umrohnya, lihat apakah aktivitasnya berjalan normal atau tidak.

Kedua, jangan mudah tergiur promo paket umroh murah. Teliti seksama apakah harga yang ditawarkan masuk akal. Karena biaya umroh mencakup beberapa komponen, seperti tiket pesawat, hotel, pengurusan visa, akomodasi selama di tanah suci, hingga biaya-biaya lainnya. Jika harganya kelewat murah, misalnya cuma modal 9 juta-an bisa berangkat umroh, ini harus dipertanyakan karena biaya yang tidak masuk akal. Murah saja tidak cukup, karena dibalik harga murah pasti banyak komponen biaya yang dipangkas, yang ujung-ujungnya nanti dibebankan kepada jemaah saat di tanah suci. Kalau sudah begini tentunya bakal mengganggu kekhusyukan ibadah umroh yang kamu jalani.

Ketiga, cek apa saja yang didapat dan bandingkan dengan biaya yang telah dikeluarkan. Pengecekan bisa dilakukan melalui berbagai cara, misalnya mengecek fasilitas hotel, penerbangan, makan selama di tanah suci hingga benefit lain yang harusnya didapat, seperti city tout hingga free air zam-zam bagi jemaah.

Keempat, pastikan jadwal keberangkatan. Sebuah biro travel yang profesional sudah memiliki jadwal yang pasti untuk ibadah umroh karena biasanya bagi biro travel yang sudah dikenal dan memiliki track record baik mereka sudah menyetorkan biaya untuk keperluan umroh jauh hari sebelumnya. Sehingga jadwal yang ditawarkan bagi calon jemaah sudah fix. Jika ada perubahan jadwal, tanyakan dengan detil kenapa diubah dan apa solusinya. Jika perubahan jadwal dilakukan lebih dari sekali, pikirkan untuk pindah ke biro travel umroh lain. Karena bisa dipastikan bermasalah.

Umroh Promo Terpercaya

Bulan Oktober adalah bulan pertama pelaksanaan ibadah umroh setelah masa pelaksanaan ibadah haji. Sejumlah biro travel menawarkan aneka paket umroh, mulai dari umroh promo, umroh reguler bintang 4 dan bintang 5, serta umroh plus traveling ke Turki atau Thaif.

Khusus mengenai paket umroh promo, sebenarnya seperti apa gambaran paket umroh promo yang ideal? Berapa dan apa saja yang didapat oleh calon jemaah umroh?

Biasanya sebuah travel umroh akan memaparkan dengan jelas berapa biaya umroh promo yang mereka tawarkan, berapa lama paket umroh tersebut, apa saja fasilitas yang didapat, apa saja yang harus ditanggung sendiri oleh calon jemaah.

Untuk ilustrasinya begini. paket umroh promo banyak macamnya. Biasanya ditawarkan dengan harga tertentu, mulai dari 20 juta-an rupiah. Masing-masing paket menawarkan pilihan kamar hotel dengan istilah Quad, triple dan double. Istilah Quad maksudnya, dalam 1 kamar terdapat 4 kasur. Paket ini biasanya dipilih jemaah yang berangkat secara keluarga atau berkerabat. Triple, dalam satu kamar ada 3 kasur. Sementara Double maksudnya, dalam 1 kamar hanya ada 2 kasur saja.

Tiap calon jemaah akan mendapatkan fasilitas seperti : tiket pesawat PP, akomodasi selama di Mekkah dan Madinah, pembimbing ibadah, makan 3 x sehari dengan menu Indonesia, tour leader, manasik umroh, city tour dan air zam zam 5 liter per jemaah.

Adapun biaya yang dibayarkan calon jemaah tidak termasuk fasilitas seperti : biaya pembuatan paspor, suntik meningitis, biaya tambah 3 suku kata pada paspor, serta ongkos pengiriman perlengkapan bagi jemaah dari luar pulau Jawa.

Begitulah gambaran biaya paket ibadah umroh yang umumnya ditawarkan. Soal harga dan fasilitas baik untuk paket umroh promo, paket reguler maupun paket plus masing-masing biro travel punya kebijakan yang berbeda. Jadi, untuk bisa menjalankan ibadah umroh dengan tenang dan khusyuk pilih biro travel umroh yang terpercaya, agar tak mengalami kasus yang serupa dengan saya.