syaifuddin.com

Information

This article was written on 01 Mei 2015, and is filled under Buku.

Current post is tagged

Tutorial Bisnis Seorang Meubel Preneur

20150414_061742
Judul Buku           : Meubel Preneur
Pengarang             : Manampin Girsang
Penerbit                 : Grasindo, Jakarta 2015
Jumlah Halaman : 174 hal.

Diharapkan menjadi PNS oleh orang tuanya, Pipin Girsang justru menemukan passion-nya sebagai pengusaha. Jalan berliku ia tempuh sebelum akhirnya sukses mengendalikan bisnis meubel berskala internasional.

Pipin Girsang, begitu Manampin Girsang, penulis buku Meubel Preneur ini biasa dipanggil. Ia tak pernah terpikirkan bakal bisa menjadi pengusaha besar, jauh dari cita-cita yang diharapkan sang ayah yang ingin dirinya menjadi pegawai negeri sipil di PT.PLN. Pipin yang putra asli Berastagi Sumatera Utara, sempat ingin mewujudkan mimpi sang ayah sebagai pegawai PLN dengan berkuliah di Politeknik Universitas Indonesia jurusan teknik Elektro.

Karena merasa ‘dunianya’ bukan di situ, ia hanya berkuliah selama 2 tahun dan memilih ‘kabur’ ke pulau dewata, Bali. Berkat kemampuan berbahasa Inggris di Bali Pipin sempat menjadi guide (pemandu wisata). Kaburnya Pipin ke pulau Bali justru menjadi titik balik hidupnya. Ia mencoba berbisnis bikini dan kemudian dikenalkan pada bisnis meubel oleh seorang bule.

Buku ini bukanlah sebuah buku bisnis yang njelimet. Penulis tidak menggunakan teori-teori bisnis dan manajemen yang rumit. Ia menuangkan panduan berbisnis meubel dengan caranya sendiri. Penulis menggiring pembacanya hanyut dengan teori bisnis yang didapatnya langsung di lapangan.

Buku ini juga bukan buku yang menceritakan tentang cerita keberhasilan Pipin dalam membesarkan usahanya saja. Jatuh bangunnya Pipin dalam bisnis, cara ia keluar dari krisis, bagaimana menghadapi rekanan bisnis yang nakal, hingga caranya memaintain bisnis secara online semuanya dipaparkan penulis.

Buku ini cocok dibaca bagi para pebisnis pemula, apapun bidang bisnisnya. Karena didalamnya dipaparkan tips dan trik bisnis yang dihadapi penulis secara gamblang. Dan bagi mereka yang memiliki passion di bidang furniture buku ini wajib anda baca. Sebab di buku ini penulis juga memaparkan beragam rahasia bisnisnya sehingga usaha meubel yang ditekuni mampu bertahan lebih dari 20 tahun.

Kehadiran buku ini menurut saya cukup penting, setidaknya bakal melengkapi referensi bisnis yang selama ini sudah ada. Selama ini buku mengenai bisnis furniture masih jarang didapatkan di pasaran. Padahal usaha furniture cukup prospektif dengan pasar yang masih cukup terbuka lebar. Apalagi perlu dicatat, Indonesia adalah negeri penghasil kayu cukup besar di dunia.

Meski secara konten cukup bagus, namun jika boleh mengkritik ada beberapa hal yang mengganggu di buku ini. Editor sepertinya kurang cermat memeriksa tulisan di tahap akhir. Beberapa typho penulisan cukup mengganggu kenikmatan membaca. Mungkin dalam penerbitan berikutnya bisa diperbaiki.

2,748 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

3 Comments

  1. Tanti Amelia
    2 Mei, 2015

    wih bang Udin keren ulasannya

  2. Indra Kusuma Sejati
    1 Mei, 2015

    Bukunya bisa untuk nambah koleksi belajar bisbis meubel nih kang, apalag kalau banyak koleksi foto meubel yang bagus di dalamnya.

    • syaifuddin sayuti
      1 Mei, 2015

      bener Ndra. bukunya bagus, isinya menuntun banget buat yang mau bisnis meubel. jarang-jarang pebisnis mau sharing sedetil itu

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: