Rental Mobil. Akhir tahun tiba, sudahkah anda menyiapkan liburan berkesan bagi anggota keluarga? Jika perjalanan darat (road trip) jadi pilihan maka banyak yang harus disiapkan. Butuh kendaraan di kota tujuan wisata tanpa harus repot nyetir kendaraan sendiri menempuh puluhan ribu kilometer? Rental mobil memang menjadi salah satu jawabannya. Lebih fleksibel saat liburan tanpa harus repot dan mengalami kelelahan selama di perjalanan.

Tapi, agaknya para penyewa mobil perlu berhati-hati nih. Pasalnya, tidak semua perusahaan benar-benar menawarkan jasanya dengan benar. Disinilah diperlukan ketelitian dan kejelian kita sebelum menyewa kendaraan.

Tips Terhindar Dari Penipuan

Yuk simak apa saja tipsnya agar terhindar dari penipuan.
1. Pastikan ada kesepakatan tentang bensin
Umumnya beberapa perusahaan penyewaan mobil memberikan dua opsi atau dua pilihan kendaraan, yaitu kendaraan yang sudah diisi bensin hingga full tank atau kendaraan yang belum diisi bensin secara penuh.

Nah, perbedaan ini jelas sangat memengaruhi harga juga dong. Mobil rental yang sudah diisi bensin penuh ditawarkan dengan harga sewa yang lebih mahal dibandingkan mobil rental yang belum terisi bensin secara penuh. Konsekuensi yang sangat wajar bukan?

Jadi, sebelum menyewa mobil, pastikan dulu apakah harga sewa sudah termasuk bensin atau tidak. Jika sudah termasuk bensin, pastikan bahwa kendaraan yang disewa benar-benar dipastikan dalam kondisi penuh tangki bensinnya.

2. Pahami ketentuan pengembalian mobil soal bensin. Masih soal bensin, ketahui bagaimana aturan sebenarnya yang ditetapkan oleh perusahaan.

Apakah mobil rental harus dikembalikan dalam kondisi yang sama bensinnya atau dibiarkan tanpa bensin yang terisi dengan penuh. Hal ini mungkin sepele, tetapi jika kita melakukan penyewaan di luar negeri, justru pengembalian kendaraan sewa tidak sesuai perjanjian justru akan berujung dikenakannya denda atau sanksi. Hal ini berlaku juga jika kendaraan yang disewa dalam kondisi bensin full tank, apakah harus dikembalikan dalam kondisi full tank juga atau tidak.

Jika ternyata harus dikembalikan secara full tank, maka lakukanlah perhitungan sewa. Bandingkan perbedaannya dengan paket penyewaan mobil tanpa bensin full tank. Meskipun opsi ini sebenarnya tidak akan membuat kamu repot mencari pom bensin lagi saat hendak menggunakannya.

3. Terlindungi asuransi kendaraan
Beberapa tempat penyewaan mobil murah, terkadang tidak dilengkapi dengan proteksi kendaraannya itu sendiri. Sehingga jika terjadi kerusakan atau kerugian, umumnya justru akan ditimpakan kepada pengguna atau penyewa.

Untuk menghindari tanggung jawab yang cukup tinggi terhadap risiko kerugian atau kerusakan yang mungkin saja terjadi, sebaiknya hindari penyewaaan mobil yang belum memberikan asuransi kepada kendaraan sewanya karena akan sangat berisiko jika terjadi kerusakan/ kecelakaan/ kehilangan sehingga penyewa yang harus bertanggung jawab mengganti kerugian yang ditimbulkan.

4. Memberikan asuransi kecelakaan pada penumpang
Selain asuransi kendaraan, asuransi untuk pengemudi dan penumpang juga sangat penting. Hal ini berkaitan dengan risiko yang terjadi di jalan tidak bisa diprediksi. Terkadang kecelakaan pun bisa terjadi diakibatkan karena kecerobohan atau kelalaian orang lain yang berdampak pada kita sendiri.

Salah satu perusahaan rental mobil terbaik yang memberikan asuransi kepada penumpangnya adalah TRAC. TRAC tak hanya memberikan layanan prima tetapi juga memikirkan proteksi bagi para pelanggannya.

5. Pahami aturan overtime.
Selain memahami aturan penyewaan mobil mulai dari cara pembayaran, asuransi hingga beberapa ketentuan lainnya, pahami juga bagaimana jika mengalami overtime atau kelebihan jam sewa.

Secara umum, terdapat biaya overtime yang sudah ditentukan. Biasanya jika terlambat mengembalikan mobil lebih dari tiga jam, dianggap menyewa dengan biaya sewa satu hari.

By syaifuddin sayuti

Ex jurnalistik tv yang gemar makan dan travelling. social media addict, ex Kepsek Kelas Blogger, admin BRID.

2 thought on “Tips Rental Mobil Agar Tak Ditipu”
    1. itu dia, lebih aman dan nyaman pakai mobil rental terkemuka. karena pakai mobil sewaan bukan hanya masalah harga saja, tapi juga kepercayaan pada kondisi mobil yang bisa berpengaruh pada perjalanan keseluruhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *