7 Menguak Surga yang Tersembunyi (foto: Harrismaul)

7 Menguak Surga yang Tersembunyi (foto: Harrismaul)

Membelah alam pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Timur menggunakan jalan darat bukanlah pekerjaan mudah. Kontur jalan yang tidak rata, bergelombang di sana sini, bahkan di beberapa kawasan jalanan rusak membuat perjalanan laksana sebuah petualangan tersendiri.

Tahun lalu Daihatsu Terios melakukan perjalanan ‘gila’ menaklukkan sejumlah destinasi menarik mulai dari ujung pulau Jawa di Sawarna Banten hingga pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Perjalanan ini memang bukan perjalanan biasa, karena mengikutsertakan 7 orang blogger sebagai pengelana (traveller). Mereka diminta merasakan ketangguhan Daihatsu Terios dibawa bertualang, merekamnya dalam benak dan kamera foto maupun gadget serta menuliskan pertualangan mereka selama 14 hari penuh.

Apa yang terjadi setahun silam bukanlah yang pertama, sebab sebelum itu yakni di tahun 2012 petualangan serupa juga pernah dilakukan Terios dengan awak media. Waktu itu perjalanan menyusuri pulau Sumatera diberi tajuk 7 Wonders Sumatera Coffe Paradise.

Jika tahun 2012 perjalanan hanya melibatkan awak media, maka di tahun 2013 petualangan yang bertajuk Terios 7 Wonders Hidden Paradise, mengajak para blogger sebagai partisipan aktif.

7 Blogger Terios 7 Wonders 2013 (foto: koleksi Daihatsu)

7 Blogger Terios 7 Wonders 2013 (foto: koleksi Daihatsu)

7 orang blogger yang beruntung itu masing-masing adalah Harris Maulana, Wira Nurmansyah, Puput Aryanto, Bambang Priyadi, Giri Satrio, Mumun dan Lucia Nancy. Mereka diajak merasakan sensasi 7 surga yang tersembunyi, yang terhampar mulai dari ujung Banten hingga pulau Komodo.

Dalam Terios 7 Wonders Hidden Paradise tahun lalu, alam sepertinya memberikan banyak kisah petualangan menarik yang layak diketahui banyak orang. Selama ini mungkin sebagian orang Indonesia hanya mendengar nama-nama destinasi menarik seperti Sawarna di Banten, kawasan Merapi yang menyimpang keelokan pasca letusan, atau kecantikan malam penuh bintang di Tengger, hingga kearifan lokal suku Sasak di Sumbawa.

Sebuah perjalanan yang membuat iri blogger se-Indonesia, karena semua kegiatan travelling berjamaah tersebut dibiayai sepenuhnya oleh Daihatsu Motor Indonesia alias gratis!

Tahun ini menurut rencana Daihatsu Terios juga akan menggelar event serupa yakni Terios 7 Wonders yang kali ini bertema Amazing Celebes Heritage. Nantinya para blogger yang beruntung akan diajak menjelajahi sejumlah destinasi unik di pulau Sulawesi yang kaya akan keragaman budaya. Perjalanan akan dimulai dari Menado, Gorontalo, Majene, Toraja, Bulukumba, Bone dan Kendari. Partisipan juga bakal diajak menyelam di taman nasional Wakatobi yang terkenal itu.

Hmm… andai saya jadi salah satu yang beruntung di sana..

Sahabat Petualang Sejati

Mencermati program besar PT.Astra Daihatsu Motor Indonesia yang digelar sejak tahun 2012 hanya ada satu kata yang bisa melukiskannya yakni “Konsistensi”. Ya, konsisten adalah kata yang paling tepat menggambarkan pencapaian yang dilakukan PT.Astra Daihatsu Motor dengan menggelar ajang Terios 7 Wonders.

Tangguh di Segala Medan (foto: koleksi Daihatsu)

Tangguh di Segala Medan (foto: koleksi Daihatsu)

Konsisten di sini maksudnya Astra Daihatsu tetap konsisten dan menjadikan Terios sebagai kendaraan yang diperuntukkan bagi para petualang, sahabat petualang sejati. Di tengah persaingan dari beragam merk mobil yang menjadi kompetitor dan memiliki positioning sejenis Terios tetap berada pada posisinya, setia membranding sebagai kendaraan sahabat petualang sejati.

Coba kita tengok. Saat menggelar Terios 7 Wonders yang pertama di tahun 2012 Daihatsu mengusung tema Sumatera Coffee Paradise. Membaca Coffe Sumatera kita laksana diajak bertualang menguak harta karun sebagian produk kopi Indonesia yang ternyata amat kaya. Petualangan ini bukan saja berhasil memotret tiap daerah dengan cerita uniknya mengenai kopi, namun juga mengungkap filosofi yang terkandung di dalam sebiji kopi di tiap daerah.

Saat itu ada 3 unit Daihatsu Terios Hi-Grade Type TX AT dan TX MT yang digunakan dalam petualangan menjelajahi alam Sumatera nan eksotis. Mereka melakukan perjalanan menembus jalur Sumatera yang kontur jalannya di beberapa bagian rusak, berbatu, penuh tanjakan dan turunan serta berkelok-kelok.

Dibalut Pesona Baluran (foto: koleksi Daihatsu)

Dibalut Pesona Baluran (foto: koleksi Daihatsu)

Perjalanan yang dilakukan selama 14 hari tersebut berhasil memberi gambaran bahwa Terios adalah mobil yang tangguh dan menjadi Sahabat Petualang sejati. Dalam perjalanan tersebut SUV 7-Seater Terios, teruji ketangguhannya di medan yang menyuguhkan karakter jalan yang bervariasi. Namun berkat ground clearence yang tinggi disertai dengan performa mesin 1.500 cc, kenyamanan berkendara tetap terjaga. Begitu pula dengan kenyamanan di dalam kabin. Steering wheels with audio switch, menjadi salah satu fitur penunjang kenyamanan selama berkendara.

Rute yang datar maupun sulit dengan mudah ditaklukkan para jurnalis. Saat itu peserta selain mencicipi kehandalan Terios juga menjadi saksi keindahan alam Sumatera nan elok yang ternyata menyimpan potensi hasil bumi yang menakjubkan dunia. Selama perjalanan, tim Terios 7-Wonders mengunjungi 7 spot kopi yang terkenal di Sumatera, mulai dari Lampung hingga kopi Gayo yang legendaris itu.

Konsisten Pada Positioning

Dari 2 event besar yang sudah digelar Daihatsu Terios 2 tahun terakhir menurut saya yang paling perlu digarisbawahi adalah konsistensi dalam membranding. Sebuah positioning produk, apalagi itu otomotif jika tidak dibarengi dengan sikap konsisten akan sia-sia. Tak akan ada gunanya positioning yang sudah ditetapkan sejak awal.

Jika sejak awal sudah menancapkan positioning sebagai kendaraan sahabat petualang, sebuah kendaraan mesti menjaganya dengan pembuktian-pembuktian. Misalnya kendaraan ini memiliki fitur yang pas sebagai kendaraan petualang, sudah digunakan dan teruji oleh para petualang dengan mengunjungi banyak daerah, memiliki fitur kenyamanan yang setara dengan mobil-mobil urban dan tentunya aman digunakan di segala medan.

Peserta Terios 7 Wonders Beriringan (foto: koleksi Daihatsu)

Peserta Terios 7 Wonders Beriringan (foto: koleksi Daihatsu)

Saya melihat apa yang dilakukan Daihatsu Motor Indonesia terhadap kampanye komunikasi Terios sudah pas. Daihatsu berusaha teguh pada positioning awal menjadikan Terios sebagai kendaraan sahabat petualang yang memiliki performa mengagumkan saat dibawa berpetualang maupun untuk kebutuhan sehari-hari. Karena menyasar sebagai mobil sahabat petualang, kampanye komunikasi yang dilakukan pun selalu dekat dengan mereka yang berjiwa muda dan senang pada unsur petualangan. Dan event Terios 7 Wonders menjadi buktinya.

Konsistensi lain yang saya catat adalah concern Astra Daihatsu Motor pada pengembangan wisata dan budaya Indonesia. Sejak kampanye Terios 7 Wonders Sumatera Coffee Paradise (2012) hingga Hidden Paradise (2013) perjalanan peserta Terios 7 wonders tidak melulu menguji keunggulan mesin ataupun daya tahan mobil semata. Aspek teknis mobil memang penting, namun Daihatsu membingkai kegiatan Terios 7 Wonders ke dalam kegiatan budaya dan pariwisata. Misalnya dengan melibatkan penduduk lokal di tiap lokasi pemberhentian, mendekatkan partisipan pada kebudayaan daerah setempat, serta memperkenalkan kearifan lokal tiap daerah.

Secara tak langsung apa yang dilakukan Daihatsu Motor Indonesia adalah sebuah kampanye komunikasi yang komplit. Melakukan kerja marketing, sekaligus kampanye kecintaan pada budaya lokal dan menularkan kecintaan pada keindahan budaya nasional. Menurut saya, kampanye komunikasi Daihatsu Terios perlu terus dikembangkan, sehingga Terios tidak hanya handal di medan-medan seperti Sumatera, Jawa, Bali, atau Nusa Tenggara saja. Tapi Terios bisa menjadi si penjelajah Nusantara.

FB-Dai
viva
twitdairsz

693 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini