syaifuddin.com

Information

This article was written on 04 Agu 2012, and is filled under Event.

“Summer Spectacular” di Hongkong, Keriaan Tiada Akhir

Tinggal di negeri tropis tentunya membuat warga Indonesia punya mimpi menjelajahi negeri empat musim. Bicara negeri empat musim tak terlalu jauh mesti mengunjungi benua Amerika atau Eropa, karena di Asia ada Hong Kong, negeri empat musim yang letaknya hanya sepelemparan batu dari Indonesia.

Saya ingat Hong Kong karena beberapa hal. Pertama tentu karena film-filmnya yang mendunia, yang meracuni saya sejak kecil, mulai dari era Bruce Lee, Andy Lau, Simon Yam, hingga sekarang Jet Li. Film-film Mandarin ala Hong Kong memang tak ada duanya, ceritanya menawan, aksi laganya pun dikemas secara bertanggung jawab, tidak asal-asalan. Makanya tak heran, film mandarin menjadi genre tersendiri yang mampu bersaing menandingi genre film Hollywood.

Kedua, saat Hong Kong beralih dari jajahan Inggris dan dikembalikan ke pemerintah China 1 Juli 1997. Kenapa ini penting bagi saya? Karena peristiwa itu yang dikemas dalam tagline Hong Kong Hand Over dan sempat disiarkan secara khusus oleh stasiun tv Anteve, membuat penasaran dan mengubah hidup saya. Saya terpesona keindahan Hong Kong yang saat itu tiap hari diberitakan secara langsung. Saya terbius dengan ‘cara’ Hong Kong menjual dirinya dan menjadi desinasi bisnis dan wisata yang sangat penting di dunia.

Singkat cerita, saya kemudian bergabung menjadi jurnalis di stasiun tv yang saya sebutkan tadi. Meski penasaran dengan Hong Kong, sialnya saya belum pernah ke Hong Kong sekalipun. Nasib! Tapi saya masih memendam keinginan suatu saat saya harus menjejakkan kaki di surga wisata kuliner dan belanja ini.

***

Bagi orang Indonesia, Hong Kong juga bukan nama yang asing. Negeri pulau ini memiliki magnet yang luar biasa. Tidak hanya sebagai destinasi bisnis, namun juga sebagai tujuan wisata. Selain itu, negeri ini juga menjadi tumpuan hidup bagi ribuan Tenaga Kerja Migran yang meraup dollar.

Saat yang tepat mengunjungi Hong Kong adalah pada musim panas yang berlangsung antara Juni hingga Agustus. Di saat seperti ini, warga lokal menggelar keramaian dengan berbagai atraksi seni-budaya. Atraksi ini sesungguhnya tidak hanya diperuntukkan bagi warga lokal saja, namun juga para turis yang tiap musim panas jumlahnya melonjak tajam.

Apa saja yang ditawarkan Hong Kong di musim panas?

Simon Wong, Direktur Regional Hong Kong Tourism Board, dalam sebuah kesempatan mengatakan, Hong Kong menawarkan berbagai acara yang bisa dinikmati pengunjung sepanjang musim panas. Mereka menamakannya Hong Kong Summer Spectacular. Program ini berlangsung sejak Juni hingga akhir Agustus.

Saya sudah melisting sejumlah acara dan tempat yang wajib dikunjungi di musim panas ini, diantaranya:
– Museum Madame Tussauds
Ini destinasi yang mesti, kudu, wajib didatangi jika mengunjungi Hong Kong. Museum yang berisi patung lilin tokoh terkenal dunia, mulai dari politisi hingga seniman ini adalah tempat yang bisa melepas dahaga kaum narsis. Karena disini pengunjung bisa berfoto dengan sejumlah seleb dunia, meski hanya dalam bentuk patung lilin.
– Disneyland
Siapa sih yang tak ingin pergi ke theme park seperti Disneyland ? Apalagi yang masa kecilnya pernah ngefans tokoh kartun Disney seperti Mickey Mouse atau Donald Duck, pasti bakal penasaran dengan taman Disney yang satu ini. Di sini pengunjung bisa menikmati atraksi Disney karakter, pertunjukan 3 Dimensi, hingga pesta kembang api.
– Ocean Park
Hong kong Ocean park konon merupakan water theme park terbaik di dunia. Anda bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba, penguin hingga beruang kutub. Selain itu bagi yang hendak menikah atau merayakan ultah pernikahan, Ocean Park juga siap membuat paket wisata yang tak terlupakan.

Tujuan wisata di Hong Kong memang bukan hanya itu. Masih banyak lagi yang bisa dijelajahi, seperti Victoria Harbour, The Peak atau bagi yang menyenangi kegiatan luar ruang juga ada tempat menarik seperti Hong Kong Global Geopark of China.

Selama musim panas Hong Kong juga penuh dengan beragam atraksi menarik, diantaranya:
1. Visa go Hong Kong Super Shopper
Acara ini merupakan kerjasama Hong Kong Tourism Board dengan Visa menyambut event musim panas. Tahun ini kontestan dari berbagai negara akan diminta merancang dan menyelesaikan suatu jadwal wisata di Hong Kong, mulai dari wisata budaya, kuliner hingga kehidupan malam. Sebelum event ini digelar, diadakan pula Hong Kong Summer Showreels yang dilakukan secara online.
2. Dragon Boat Carnival
Sebuah event lomba balap perahu naga yang khas China akan menjadi suguhan menarik selama musim panas. Perahu naga yang ikut berlomba dihias ornamen khas China dan selama lomba akan diiringi aneka tetabuhan dari masing-masing tim. Seru!

Dengan beragam tawaran destinasi wisata dan acara yang seru, musim panas di Hong Kong memang memberikan keriaan tiada akhir.


994 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: