HisenseID.jpgPekan lalu saya hadir di ajang Community MeetUp yang digelar ArenaLte di Kopicini Cafe, Jakarta. Sejumlah penggiat komunitas hadir dalam diskusi santai bertema Streaming Revolution. Ada beberapa kawan dari komunitas traveler, Kelas Blogger dan Kompasianer.

Dari pembicara saya lihat cukup lengkap, karena mewakili para pemangku kepentingan di bisnis yang berhubungan dengan IT, Telco dan gadget. Mulai dari pembuat chipset yang diwakili oleh Shannedy Ong (Qualcomm Indonesia), penyedia perangkat keras Ferrij Lumoring (Hisense Indonesia), penyedia layanan 4GLTE, Otneil Yoreza (Smartfren), dan dua orang dari penyedia jasa aplikasi, Joox Indonesia dan Cliponyu.

Perbincangan bermuara pada layanan 4GLTE yang kini jadi tren dan membawa manfaat bagi pengguna smartphone. Masing-masing pemangku kepentingan menyampaikan bahwa mereka terus mensupport pengembangan teknologi 4GLTE yang masih tergolong baru di tanah air dan mendorong terus agar teknologi ini menjadi makin baik dan meluas penggunaannya.

Smartfren sebagai salah satu penyedia layanan internet 4GLTE mengakui pihaknya sangat serius mengembangkan teknologi 4GLte di tanah air. “Layanan kami sudah tersebar di 85 kota di tanah air. Dan tanpa bermaksud menyombongkan diri kamilah penyedia layanan 4GLte dengan jangkauan terluas di Indonesia,” ujar Otneil Yoreza.

Sementara itu Ferrij Lumoring dari Hisense Indonesia mengatakan, teknologi 4GLte di Indonesia akan terus berkembang, seiring dengan banyaknya aplikasi dan tawaran layanan yang makin memudahkan para penggunanya. Salah satunya adalah tawaran layanan streaming dari berbagai penyedia jasa yang makin beragam. “Permintaan perangkat keras smartphone di masa depan terus bertumbuh, apalagi konsumen Indonesia makin dimanjakan berbagai layanan. Lihat saja layanan streaming video yang makin jarang buffering. Ini jelas mendukung pertumbuhan industri gadget,” ujar Ferrij.

Di sisi lain para penyedia layanan aplikasi berbasis streaming seperti Joox dan Cliponyu mengaku sangat terbantu dengan makin kencangnya teknologi internet di Indonesia. “Jika infrastruktur internet makin bagus, maka layanan streaming bakal makin diminati. Yang diuntungkan jelas para pengguna internet sendiri,” jelas Girindra Achoka Prabowo dari Joox Indonesia.

Sedangkan dari sisi penyedia teknologi prosesor, Qualcomm mengaku bakal terus mendukung perkembangan teknologi 4GLte dengan menyediakan prosesor yang kuat dan tangguh.

Meetup perdana yang digelar ArenaLTE ini menurut saya sebuah terobosan di mana para penggiat komunitas dapat bertemu dan berdiskusi langsung mengenai perkembangan teknologi telco. Ke depannya diperlukan inisiasi seperti ini agar pengguna teknologi telco makin paham dengan berbagai perkembangan dan bisa memanfaatkan teknologi untuk kemudahan komunikasi antar manusia.

729 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini