BCA Expoversary Gate (foto dokpri)

Awal bulan Februari, tepatnya tanggal 10 Februari, saya sempat berkunjung ke sebuah perhelatan yang digelar di ICE BSD City, bernama BCA Expoversary. Dari namanya saja bisa ditebak ini merupakan gelaran acara pameran yang dikaitkan dengan ulang tahun Bank Swasta paling luas jaringannya di Indonesia ini.

Yup, tahun ini adalah tahun ke-61 Bank BCA hadir di Indonesia.

Saya ke Expoversary ini karena sedang berburu informasi seputar Kredit Kendaraan Bermotor. Selama ini saat beli kendaraan saya dan istri belum pernah sekalipun memanfaatkan fasilitas kredit bank. Banyak ketakutan dan keraguan saat berencana mengambil kredit.

Senyuman Maskot KKB BCA (foto dokpri)

Kebetulan tahun ini kami memang berencana mengganti mobil dengan yang baru. Dan sepertinya kredit adalah salah satu opsi yang bisa kami pilih. Kepikiran untuk kredit karena sebelumnya kami berhasil melunasi kredit rumah beberapa tahun silam.

Wah kebetulan nih ada BCA Expoversary. Karena di acara yang digelar selama 3 hari tanggal 9-11 Februari 2018 memberikan bunga spesial. Petugas di booth KKB BCA menjelaskan, bunga spesial 3.61% berlaku bagi tenor kredit 2 dan 3 tahun. Kabar baiknya, bunga spesail tak hanya berlaku selama Expoversary saja. Karena bunga khusus ulang tahun BCA ini berlaku hingga 30 Maret 2018.

Firdaus, seorang pengunjung yang saya temui di ICE BSD mengaku sengaja jauh-jauh datang ke BCA Expoversary karena ingin mendapatkan bunga spesial tersebut. “Saya tinggal di Bekasi, dan menempuh jarak yang lumayan jauh karena ingin memperoleh bunga khusus tersebut,” ujar Firdaus yang datang ke arena pameran bersama keluarganya.

Digital Banking Solution (foto dokpri)

Tak hanya Firdaus yang hadir di expoversary di booth KKB BCA di hari kedua pameran. Saya lihat makin siang jumlah pengunjung makin menyemut di booth ini. Memang selintas booth KKB paling ramai dikunjungi, setidaknya jika dibandingkan dengan booth properti atau yang lainnya.

Selain booth KKB BCA, antusiasme pengunjung juga menyebar di sejumlah booth otomotif, yang kebetulan melingkar di sekitar booth KKB BCA. Stand Daihatsu dan Mitsubishi misalnya, diserbu pengunjung yang penasaran dengan produk-produk otomotif terbarunya.

Salah satu stand otomotif di BCA Expoversary (foto dokpri)

Jika pengunjung akhirnya sepakat membeli kendaraan, sejumlah petugas KKB BCA sudah berada tak jauh berdiri dari calon pelanggan. Mereka lalu menawarkan  pembiayaan kredit menggunakan KKB BCA yang sedang memberikan bunga spesial.

Serba 61  

Selain Booth KKB BCA, Expoversary juga diisi dengan lembaga pembiayaan lainnya seperti KPR atau kredit pemilikan rumah,  kredit sepeda motor (KSM) hingga BCA Digital Banking.

Selain itu, Expoversary juga diisi pameran aneka produk terbaru di bidang properti, otomotif, fashion, gadget, travel, ecommerce, hingga food and beverages dari berbagai brand.

Yang unik dari ajang ini adalah adanya diskon atau potongan harga dari sejumlah brand dengan nilai diskon mencapai 61%. Angka 61 merupakan jumlah tahun kelahiran Bank BCA.

Dalam siaran persnya, Mira Wibowo, Executive Vice President Transaction Banking Business Development BCA mengaku senang dengan gelaran BCA Expoversary tahun ini. “Gelaran BCA Expoversary ini kami harapkan dapat memberikan nilai tambah tidak hanya bagi nasabah setia, tetapi juga masyarakat luas yang berpartisipasi. Memasuki usia ke-61 tahun ini, kami berharap BCA dapat semakin mantap meningkatkan kualitas layanan demi kenyamanan dan keamanan nasabah.”

Secara keseluruhan gelaran BCA Expoversary 2018 menurut saya sukses. Ini bisa dilihat dari jumlah peserta pameran yang lebih banyak dari tahun sebelumnya. Misalnya di bidang properti, sebelumnya hanya diikuti satu pengembang. Tahun ini selain SinarMas Land , hadir juga sejumlah pengembang kakap seperti Ciputra, Sumarecon, Jaya Property serta Alam Sutera.

Sementara catatan pengunjung menurut panitia, hingga hari kedua pameran dikunjungi lebih dari 24 ribu pengunjung.

Dari nilai transaksi yang tercatat pun tahun ini mengalami kenaikan. Misalnya KKB BCA tercatat menghasilkan lebih dari 1.700 unit yang terjual dengan nilai transaksi mencapai sekitar Rp700 miliar. Jumlah unit kendaraan bermotor yang berhasil dijual naik dari 1.200 unit di gelaran yang sama tahun lalu. KPR BCA malah mencatatkan nilai transaksi yang fantastis, tembus Rp.1 Trilyun lewat traksaksi penjualan 400 unit properti.

 

1,047 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini