Akhirnya vaksin Covid 19 digratiskan bagi seluruh warga Indonesia. Itulah angin segar yang datang dari pemerintah. Rabu 16 Desember 2020, presiden Joko Widodo secara resmi menyatakan bahwa vaksin Covid 19 akan diberikan secara cuma-cuma kepada seluruh warga Indonesia. Pernyataan ini melegakan setelah sebelumnya terjadi perdebatan panjang di media yang membandingkan pemberian vaksin di Indonesia dengan negara lain. Sejumlah negara termasuk negara tetangga memberikan vaksinasi secara gratis kepada warganya, sementara pemerintah RI sebelumnya menyatakan pemberian vaksin Covid 19 akan dikenai bayaran per orang.

Berubahnya keputusan pemerintah mengenai vaksin Covid 19 ini terjadi setelah pemerintah menimbang-nimbang plus minus dan juga mempertimbangkan anggaran kesehatan bagi masyarakat. Dan secara pribadi saya menyambut baik keputusan ini, karena amat melegakan secara psikologis dan ekonomi warga. Karena kita tahu pandemi membuat banyak hal berantakan. Ekonomi guncang, pengangguran di mana-mana, daya beli masyarakat merosot tajam. Dengan menggratiskan vaksin masyarakat bisa menabung atau menggunakan uangnya untuk keperluan lain.

Jika vaksin Covid 19 tidak diberikan secara cuma-cuma entah apa yang terjadi di negeri ini. Bakal ada ketimpangan derajat kesehatan masyarakat karena banyak yang memilih tidak divaksin lantaran ketiadaan uang.

Vaksin Sinovac Untuk Semua 

Bicara vaksin untuk menangkal Covid 19, pemerintah Indonesia sendiri menetapkan ada 6 perusahaan vaksin yang akan digunakan untuk vaksinasi Covid 19 secara masif. Salah satunya adalah vaksin sinochem produksi dari perusahaan Sinovac  Biotech dari China. Sebelum nantinya bisa diberikan pada masyarakat, vaksin ini menjalani serangkaian uji coba yang dimulai sejak bulan Agustus 2021. Uji coba ini diikuti oleh 1.620 relawan

Uji coba ini sendiri masih berlangsung, dan diharapkan finalisasi uji klinis bisa didapat hasilnya di bulan Mei 2021. Panjangnya masa uji klinis dikarenakan pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan ingin memastikan vaksin ini efektif menangkal Covid 19 serta aman digunakan oleh orang banyak tanpa terkecuali.

Baca juga : Covid 19 Memaksa Saya di Rumah

Menurut lembaga Administrasi Makanan dan Obat-obatan (Food and Drug Administration) Amerika Serikat, vaksin virus Corona harus melindungi setidaknya 50 persen orang yang divaksinasi jika ingin dinyatakan efektif. Selain melihat efektivitasnya, uji klinis juga harus melihat ada atau tidaknya efek samping vaksin bagi warga yang menggunakannya.

Pemerintah sendiri menargetkan 170 juta jiwa warga Indonesia akan mendapatkan vaksinasi Covid 19. Untuk efektivitas, pemberian vaksin ini dilakukan untuk satu orang sebanyak dua kali. Artinya, ada 340 juta dosis vaksin Covid 19 yang akan diberikan.

Dan jangan khawatir anda, saya, dan juga kita semua pasti akan mendapatkan jatah vaksin. Dan pastinya gratis atau tidak berbayar. Jadi, kini kita tinggal menunggu selesainya uji klinis dan juga persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk persetujuan penggunaan vaksin Covid 19 secara massal.

Vaksin Covid 19 adalah sebuah hal yang sangat ditunggu banyak orang di seluruh dunia. Vaksin ini dianggap bakal bisa melindungi atau memproteksi tubuh manusia dari serangan virus Corona. Pandemi ini memang belum terlihat bakal berakhir. Hingga bulan Desember 2020 ini, di sejumlah daerah ada tren kenaikan jumlah pasien Covid 19. Menurut data Gugus Tugas Covid 19 per 18 Desember 2020, jumlah penderita yang dinyatakan positif Covid 19 di Indonesia sebanyak 650.197 orang. Dengan jumlah meninggal mencapai 19.514 orang dan 531.995 dinyatakan sembuh.

Sementara di level global, kasus covid 19 ini terjadi di 222 negara di seluruh benua di dunia. Jumlah warga yang terkontaminasi 73.275.943 orang dan meninggal 1.650.348  orang.

Dan untuk lebih mengetahui mengenai bagaimana perkembangan vaksin Sinovac, kamu bisa langsung kunjungi situs halodoc. Situs ini sendiri memberikan laporan dan analisis masalah kesehatan dan selama ini sudah dijadikan rujukan banyak kalangan yang membutuhkan informasi terkini mengenai persoalan kesehatan dari segala aspek.

By syaifuddin sayuti

Ex jurnalistik tv yang gemar makan dan travelling. social media addict, ex Kepsek Kelas Blogger, admin BRID.

One thought on “Semua Pasti Kebagian Vaksin Covid 19”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.