(foto: koleksi pribadi)

(foto: koleksi pribadi)

Kopi ku kental..Musikku mantap…

Itu adalah sepenggal syair jingle iklan sebuah produk kopi yang pernah dibawakan oleh penyanyi Gito Rollies (alm), belasan tahun silam hingga kini masih menempel di benak saya. Belakangan syair ini kerap dijadikan gimmick di tayangan Ini Talkshow di NET tv. Mang Saswi selalu menyanyikan ini tiap kali hendak menyeruput kopi di tayangan tersebut. Semua tamu yang diundang di program ini selalu diajak menyanyikan sepenggal syair tadi. Umumnya mereka yang hadir akan mengubah ujung syair sesuai kreasi pribadi mereka. Suasana pun bertambah semarak. Apa yang dilakukan mang Saswi di acara tersebut memang unik, sebagai perayaan kegembiraan minum kopi.

Kopi memang minuman yang unik. Memiliki penggemar dari beragam kalangan, lintas batas, lintas usia, gender, maupun strata sosial. Kopi diminum bukan saja oleh rakyat jelata seperti saya, pengojek, buruh, anggota dewan, artis hingga presiden. Sensasi yang ditimbulkan dari menyeruput secangkir kopi memang berbeda dari minum minuman lainnya.

Saya bukan kopi addict. Saya hanya peminum dan belum bisa dikategorikan sebagai penyuka, Karena pada dasarnya saya lebih suka teh dibandingkan kopi. Minum teh bagi saya lebih segar dan memiliki sensasi menenangkan.

Starbucks Reserve Satu-satunya di Indonesia

Starbucks Reserve (foto: koleksi pribadi)

Starbucks Reserve (foto: koleksi pribadi)

Beberapa waktu lalu saya dan beberapa blogger diundang mengikuti #DigitalCoffeeTalk di gerai Starbucks Grand Indonesia, Jakarta.  Gerai kopi di lantai dasar pusat belanja ini ternyata berbeda dengan gerai lainnya. Gerai ini diberi nama Starbucks Reserve store, dan merupakan satu-satunya di Indonesia yang menyandang nama Reserve.

Starbucks Reserve merupakan special store, yang dikategorikan sebagai gerai dengan ultra premium coffee. Gerai ini menyajikan kopi yang berbeda, yang memiliki kualitas prima dibandingkan gerai lainnya. Selain soal kualitas, kopi yang disediakan hanya didapati dalam jumlah terbatas dan berasal dari kebun kopi pilihan dari beberapa Negara produsen kopi terkemuka..

Salah satu alasan mengapa Starbucks membuat gerai Starbucks Reserve adalah dalam rangka menghargai para pecinta dan penikmat kopi agar bisa lebih meningkatkan pengalaman menikmati kopi.

Di sini para pecinta kopi akan disajikan minuman kopi terbaik oleh para coffee master handal. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kecakapan dan keahlian khusus mengenai kopi dan telah melalui serangkaian saringan ketat.

Mereka juga siap menjawab apapun pertanyaan pengunjung mengenai seluk beluk kopi dan pengolahannya. Sambil memesan secangkir kecil kopi pahit, kita bisa mengobrol mengenai kopi dan filosofinya dengan para coffee master. Konsep Brewing Bar memungkinkan pelanggan dekat dengan para barista yang di sini bergelar Coffee Master.

Clover, Pembuat Kopi Yang Cerdas 

Yang menarik dari Starbucks Reserve Store ini adalah pengalaman mencicipi racikan kopi dari para coffee master dengan cara pengolahan yang berbeda. Rupanya berbeda cara mengaduk bisa membuat rasa kopi menjadi berbeda.

Coffee Master in action (foto: koleksi pribadi)

Coffee Master in action (foto: koleksi pribadi)

Saya sempat diajari meracik kopi dengan alat bernama Clover Brewing System, oleh coffee master Mirza. Mesin kopi Clover ini kebetulan cuma satu-satunya dan hanya ada di Starbucks Reserve Store.

Clover Brewing system adalah teknologi menyeduh kopi paling inovatif di dunia. Teknologi ini merupakan metode menyeduh kopi dengan cara unik, menggunakan vacuum press. Dengan metode ini peminum kopi bisa menemukan rasa yang kaya dan khas dalam secangkir kopi.

Teknologi ini memiliki kontrol suhu dan waktu penyeduhan kopi secara digital. Hasilnya dapat memengaruhi rasa dan aroma kopi. Mirza mencoba mendemonstrasikan cara menyeduh kopi dengan berbagai cara. Misalnya mengaduk  dengan cara berbeda, ternyata memberi rasa yang berbeda pula. Ada yang rasanya strong, ada yang medium. Padahal biji kopi yang digunakan dari jenis yang sama.

(foto : koleksi pribadi)

(foto : koleksi pribadi)

Mirza juga menjelaskan, untuk penikmat kopi sejati biasanya menikmati kopi pahit tanpa campuran apapun. Dan ada ritual yang wajib dilakukan begitu kopi selesai diracik adalah dengan mencium wangi aromanya. Kopi juga akan jauh lebih  nikmat jika langsung diminum saat suhunya tinggi. Setelah suhu turun biasanya rasa kopi akan berubah derajat keasamannya.

Hmm… ternyata kopi itu bukan minuman biasa. Ada kearifan dibalik secangkir kopi.

Yuk ngopi…

 

934 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini