Blogger dan Modern PC (foto dokpri)

Microsoft Office 365. Di era teknologi informasi seperti sekarang pernahkah berpikir atau membayangkan kita masih berada di era menulis manual. Membuat paper untuk kuliah atau proposal pekerjaan ditulis tangan? Atau sudah lebih maju di era mesin ketik. Saat konsep tulisan yang dibuat mengalami kesalahan, bisa dibayangkan berapa banyak waktu terbuang percuma.

Semua konsep yang diketik di kertas harus dibuang. Terpaksa mengetik ulang dengan resiko pekerjaan tertunda. Untungnya era itu sudah lama lewat. Dan kita tak lagi dibuat kesal dengan segala kerumitan hidup itu. Kini eranya adalah teknologi. Semua serba komputerisasi.

Bicara komputer pastinya familiar dengan sistem operasi Windows dari Microsoft. Bahkan saya menggunakan Windows sejak pertama kali mengenal komputer di waktu kecil.

Dulu, karena ketidakmengertian dan juga tak adanya edukasi memadai mengenai barang bajakan, saya menggunakan produk Microsoft bajakan bertahun-tahun. Namun sejak beberapa tahun silam, saya kapok menggunakan perangkat lunak non lisensi. Titik balik itu terjadi saat laptop saya tak bisa beroperasi sama sekali, padahal sejumlah pekerjaan menunggu deadline. Setelah dicek ternyata akibat penggunaan sistem operasi bajakan.

Akhirnya sayapun banting stir menggunakan produk Microsoft berlisensi. Belakangan setelah muncul Office 365, sayapun berpindah menggunakan perangkat lunak versi ini hingga sekarang. Selain lebih aman, barang ori membuat pengguna komputer seperti saya jadi lebih menghargai hasil karya cipta orang lain.

Modern Life : Organize Your Life

Microsoft Blogger Gathering (foto dokpri)

Pekan lalu, saya mengikuti Blogger Gathering dengan Microsoft Indonesia yang digelar di Hiveworks, Jakarta. Dalam kesempatan ini Microsoft Indonesia memberikan paparan mengenai Modern PC serta pentingnya menggunakan perangkat lunak yang asli atau original.

Menurut Consumer Master Trainer Microsoft, Hadi Gunawan Sugito, kehidupan modern saat ini tak bisa dilepaskan dari penggunaan gadget guna menunjang aktivitas keseharian. Penggunaan gadget bukan sekedar gaya-gayaan, namun harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti: apakah gadget dan perangkat lunak yang kita gunakan itu bisa mengatur dan mempermudah hidup kita (organize your life) atau justru menyulitkan.

Hadi Gunawan Sugito (foto dokpri)

Yang perlu diingat juga apakah gadget dan perangkat lunak yang digunakan memberikan rasa aman (secure peace of mind). Sebab jika ‘asal’ menggunakan perangkat lunak seperti yang pernah saya lakukan, bukan rasa aman dan nyaman malah rasa kesal.

Hadi Gunawan menambahkan, perangkat lunak yang digunakan juga harus bisa membuka kreativitas penggunanya. Dengan membenamkan sedikit perangkat lunak di perangkat keras kita, kreativitas pengguna bisa terpacu secara optimal (unlock your creativity). Kreativitas yang digunakan secara maksimal dapat digunakan untuk mengejar hasrat atau pencapaian anda (pursue your passion).

Poin penting yang diungkapkan Hadi Gunawan semuanya bisa ditemukan dalam Modern PC. Modern PC ini adalah kategori perangkat keras yang menggabungkan kinerja (performance), desain (design) dan juga pengalaman (experiences) dalam satu perangkat. Dengan penggunaan Modern PC, siapapun dan apapun profesinya bisa terus berkarya tanpa hambatan.

Bagi pekerja mobile seperti penulis atau blogger Modern PC ini sangat bisa diandalkan. Bentuk dan ukurannya kompak, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Karena ringan, modern PC bisa digunakan di manapun kita berada. Mengerjakan sesuatu di kafe, di kereta api atau sambil mobile.

Modern PC : modern, slim, stylish (foto: dokpri)

Yang paling penting kinerjanya dapat diandalkan karena menggunakan Microsoft office 365 yang membuat pengalaman berkomputer menjadi lebih menyenangkan. Di dalam modern PC juga dibenamkan Windows Hello Capable yang bisa melindungi PC dengan face atau fingerprint penggunanya. Selain itu adapula windows ink yang bisa digunakan menulis atau menggambar menggunakan digital pen. Ini adalah pengalaman yang tak didapat di perangkat lunak lainnya.

MS Office Bebas Virus dan Malware

Kalau ada pertanyaan, mengapa harus MS office? Menurut Hadi Gunawan, karena hingga kini perangkat lunak keluaran Microsoft ini yang paling mudah digunakan di seluruh dunia. MS Office juga sangat mudah dipelajari, bahkan oleh orang yang pertama kali berkenalan dengan komputer sekalipun. MS Office juga memiliki fitur yang banyak, sehingga pekerjaan apapun bisa lebih cepat diselesaikan menggunakan perangkat lunak ini.

Oh iya, MS Office juga punya konsistensi formatting, bisa dibuka dalam format gadget apapun dan bentuknya tidak berubah. Sehingga kamu bisa gunakan di laptop, tablet atau smartphone sekalipun sama formatnya. Jelas ini sangat memudahkan para pekerja mobile yang kerap berganti gadget karena sifat pekerjaannya yang tidak menetap di satu tempat saja.

Dan yang paling penting adalah MS Office itu aman atau bebas dari virus/malware yang biasa terdapat dalam file anda. Jika kamu menggunakan aplikasi bajakan tidak ada filter penangkal virus atau malware di aplikasi anda. Sementara dengan MS Office yang original ada beberapa filter penangkal virus atau malware yang dibenamkan di aplikasi tersebut.

Sementara itu Christian dari Synnex Metrodata Indonesia menghimbau pengguna office 365 agar menggunakan aplikasi original yang bisa didapatkan di dealer resmi. Dengan berlangganan Office 365 yang ori berarti pengguna menghemat budjet. Sebab aplikasi bisa digunakan di 5 laptop/PC sekaligus. Perpanjangan langganan bisa dilakukan melalui cara online, artinya ini menghemat waktu dan uang.

Dalam blogger gathering ini juga ditunjukkan bagaimana kinerja Modern PC menggunakan MS Office 365. Dan di sini baru terbuka mata saya ternyata saya belum memaksimalkan penggunaan Office 365 saya. Karena ternyata dengan Office 365 bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat animasi ringan dengan Power Point sehingga tampilan presentasi kita bisa jadi lebih keren.

Gimana, masih kepikir pakai yang bajakan? Pakai yang ORI dong, karena benefitnya banyak banget.