Mal Pelayanan Publik di Kuningan, Jakarta (foto dokpri)

Paspor. “Bro, perpanjang paspor sekarang beda lho. Gak perlu antrian panjang dan makan waktu.” Begitu kata seorang kawan.

Saya abaikan omongan kawan tadi yang menjelaskan soal full online nya layanan perpanjangan paspor. Kenapa saya abaikan, karena baru beberapa bulan silam saya ikut mengurus perpanjangan paspor istri dengan cara lama.

Saya lantas menyambangi Mal Pelayanan Publik yang ada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan karena terprovokasi postingan teman yang bilang mengurus dokumen di Mal ini enak, simpel dan tak bertele-tele.

Saya datang sekitar pukul 7. Masih pagi dan Mal ini belum beroperasi. Hanya ada beberapa warga yang juga punya urusan sejenis. Ada bangku-bangku di halaman terbuka Mal yang dijadikan tempat nongkrong sebelum masuk ke dalam. Lumayan sebagai tempat jeda. Udara pagi masih segar dan duduk di ruang terbuka seperti ini sungguh sebuah kesempatan langka. Sebab tiap hari saya berada di ruang berpendingin udara terus-menerus.

Layanan Mal dimulai pukul 8 pagi. Dan pengunjung bakal disambut mas-mas ramah di pintu masuk yang langsung mengarahkan untuk mengambil nomer antrian. Untuk urusan perpanjangan paspor langsung ke lantai 3.

Di lantai 3 ternyata petugas belum satupun yang standby di lapak mereka.

Untuk mengurus perpanjangan paspor di sini anda hanya perlu mendaftarkan diri sebelumnya melalui situs resmi Ditjen imigrasi secara online. Jika dulu perpanjangan paspor bisa langsung dilakukan di kantor Imigrasi dengan mengantri sejak subuh, kini hal tersebut tak bisa lagi. Anda harus registrasi secara online baru dilayani.

Problem terbesar ada pada saat registrasi online. Registrasi online ini tidak mudah. Padahal salah satu tujuan membuat semua urusan perpanjangan paspor ini full online adalah memudahkan bagi semua. Tapi nyatanya itu tak semudah bayangan kita.

Saya berulang kali mendaftar online dan mencoba memilih hari yang sesuai pilihan saya sulit sekali. Bahkan untuk bulan November sudah tak ada lagi kuota. Konon kabarnya tiap Kanim punya kuota layanan dan itu tak bisa ditambah.

Akhirnya saya geser pilihan tempat perpanjangan paspor dari Mal Layanan Publik ke Kanim Jakarta Pusat. Sayapun dapat gliran setelah melakukan pemesanan tanggal layanan melalui Whatsapp. Yap, ini adalah layanan alternatif bagi anda yang kesulitan mengakses situs Imigrasi secara online.

Namun layanan pemesanan tanggal baru bisa dinikmati di sejumlah Kanim yang terbatas. Yakni Kanim Jakarta Pusat, Bogor, Tangerang dan Batam.

Anda tinggal mengikuti format pesan sesuai Kanim dan nantinya akan mendapatkan balasan melalui WA. Jika tanggal yang anda inginkan tidak tersedia, akan diberikan tawaran alternatif tanggal. Jika anda setuju, nantinya akan ada kode verifikasi yang harus dikirimkan balik.

Meski sudah mendapat kepastian layanan melalui WA, tapi saya baru dapat giliran di pertengahan bulan Desember 2017. Lama ya… Tapi sudahlah, yang penting masih dapat tanggalnya. Karena teman lain kabarnya dapat giliran baru Januari 2018.

Oiya, sekarang untuk perpanjangan paspor anda tak perlu bawa banyak dokumen. Anda hanya perlu membawa paspor lama dan KTP asli serta fotocopy-annya saja. Semoga nanti di hari yang ditentukan tak ada lagi perubahan aturan yang membuat waktu saya habis.

202 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini