Ada banyak alasan pribadi bagi traveler untuk tidak memilih online travel agent sebagai referensi hotel bagi rencana perjalanan mereka. Mungkin kesulitan memanfaatkan teknologi atau sudah mendapatkan harga istimewa dari penawaran corporate rate, mungkin mereka sudah memiliki agen langganan yang memanjakan. Sah-sah saja semua alasan itu.

Namun segala hal yang bersifat pribadi tentu tidak bisa dijadikan tolok ukur hajat hidup orang banyak. Di jaman yang terus berkembang dan berubah ini, manusia selalu memiliki banyak pillihan. Termasuk bagaimana caranya traveler bisa memanfaatkan teknologi dengan sangat baik dan maksimal.

Untuk traveling, manusia modern kini tinggal menjentikkan jari-jarinya untuk segera mengakses informasi yang diperlukan melalui internet dan menemukan banyak online travel agencies yang akan membuat perjalanan menjadi lebih mudah dan efektif. Itu akan jauh lebih menghemat waktu untuk mencari referensi hotel daripada melalui teman, kolega, atau situs-situs resmi hotel satu persatu dan menelpon mereka untuk mendapatkan penawaran.

Online travel agent sendiri memiliki harga yang biasanya lebih murah dari harga yang tercantum di website resmi hotel serta gambaran yang lengkap mengenai hotel yang dituju. Kemudahannya dalam melakukan reservasi juga disukai oleh banyak wisatawan.

Jangan takut oleh ulasan-ulasan mengenai sebuah hotel yang mencurigakan yang selalu menilai baik semua hotel yang ada. Online travel agent sudah memiliki kesadaran untuk selalu membuat konten yang berimbang untuk menjaga kepercayaan dari calon konsumen. Demi kredibilitas yang akan menjaga keberlangsungan bisnis, mereka tentu tidak ingin sembarangan mengiklankan diri secara berlebihan.

Hotel

Salah satu hotel yang bisa dipesan lewat online travel

Untuk menjaga kuantitas dan kualitas konten iklan maupun website, online travel agent sangat memperhatikan deskripsi serta foto-foto yang disajikan. Ini sangat bermanfaat bagi calon traveler yang terkadang hanya memiliki waktu sedikit untuk membuat keputusan dan hanya mengandalkan informasi dan foto dari sebuah website online travel agent. Ditambah dengan panduan dan peta yang jelas, tentu akan sangat memudahkan siapapun membayangkan kondisi real dengan syarat para tamu juga harus memiliki pengetahuan tentang servis dan standar hotel. Akan sangat mengecewakan jika seseorang membaca konten sebuah hotel bintang tiga lalu membayangkannya sebagaimana adanya hotel bintang lima.

Bagi hotel-hotel dengan reputasi dan branding tertentu akan bisa dengan mudah diketahui kualitas layanannya namun mungkin akan menyulitkan bagi seseorang untuk menilai hotel-hotel kecil yang seringkali memiliki tarif yang bersahabat. Padahal tidak semua hotel yang berharga ramah itu memiliki kualitas buruk. Untuk itulah membaca konten dengan seksama akan menjadi pilihan yang baik apalagi jika ditambah dengan melihat review tamu maupun situs-situs penasehat perjalanan yang ada. Dengan cara ini, para calon traveler akan sangat bisa meminimalisir kekurangan yang ada bahkan mungkin nyaris tanpa kekurangan.

Alasan lain mengapa para traveler lebih suka memercayakan pemesanan hotel kepada online travel agent tentu saja karena alasan klasik takut kehabisan kamar saat kedatangan langsung apalagi jika ternyata harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan bayangan dan tidak bisa dinegosiasikan. Bukan berarti harga yang ada di website online travel agent bisa dinegosiasikan namun setidaknya ada kejelasan angka. Tinggal membaca baik-baik ketentuan dan persyaratan yang ada apakah harga itu sudah all include fasilitas yang diinginkan, termasuk pajak. Selain itu, dengan melihat informasi yang ada, siapa saja yang hendak bepergian akan langsung tahu kepastian kamar beserta daftar harga yang bisa dipilih.

Kemudahan reservasi dan prosesnya yang cepat juga menjadi kelebihan yang bisa didapatkan. Nah, tungggu apalagi? Di jaman secanggih ini rasanya segala kemungkinan-kemungkinan baru yang lebih menguntungkan sangat patut untuk dicoba.

Simpan

Simpan

Simpan

551 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini