Hotel Front One Residence Syariah. Pandemi Corona belumlah berakhir di Indonesia, meski beberapa daerah sudah menurunkan tingkat kewaspadaannya terhadap penyakit ini. Dan sejumlah daerah sudah membuka kembali keran wisatanya dari warga pendatang. Saya masih membatasi diri untuk tidak bepergian jauh. Jika mendesak dan penting, barulah saya akan lakukan.

(sumber Foto : Koleksi pribadi)

Dan agar tidak bosan di rumah, terkadang staycation di hotel adalah cara terbaik membunuh penat dan bosan yang paling ampuh.   Dan awal November lalu saya staycation di Hotel Front One Residence Syariah Mampng. Hotel ini terletak di kawasan perumahan, tepatnya di Mampang Prapatan I no. 60 Jakarta Selatan. Meski berada di tengah perumahan, namun hotel syariah ini punya sejumlah keunggulan yang bisa dijadikan referensi staycation bagi pebisnis maupun pelancong di Jakarta.

Front One Residence Syariah Mampang

Untuk mencari hotel ini sebenarnya mudah. Namun bagi yang belum terbiasa seperti saya sempat terkecoh. Saya kebabalasan karena tak menyangka lokasi hotel ada di sebuah gang. Setelah berputar-putar, akhirnya sayapun sampai di Front One Residence Syariah.

Sebenarnya jalannya tak terlalu kecil atau sempit. Cukuplah dua mobil bersisian. Hotel ini letaknya sekitar 100 meter dari jalan utama Mampang Prapatan. Bangunannya lumayan menyolok, setidaknya jika dibandingkan dengan perumahan penduduk di sekitarnya. Persis di sebelahnya adalah mesjid Al Falah yang memiliki bentuk arsitektur ikonik, bahkan ada yang menyebut bergaya Maroko.

Hotel ini memiliki tempat parkir lumayan, bisa menampung sekitar 5 mobil. Bila tidak perlu-perlu amat sebaiknya kemari menggunakan kendaraan umum. Karena lokasinya tak jauh dari halte trans Jakarta. Atau bisa juga menggunakan jasa kendaraan taksi online saja, lebih praktis.

Masuk ke lobby, jangan lupa perhatikan protokol kesehatan ya gaes. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan petugas di lobby. Dan sebelum berinteraksi dengan petugas front office tamu sudah disediakan hand sanitizer yang bisa digunakan agar tangan tetap bersih.

Lobby hotel ini tak terlalu besar. Ada dua fungsi lobby di sini. Saat check in, lobby berfungsi sebagai ruang istirahat sejenak bagi tamu hotel. Dan lobby ini juga bisa difungsikan sebagai tempat makan saat makan malam atau sarapan pagi. Pengelola sengaja membuat demikian, karena keterbatasan area membuat lobby digunakan lebih fungsional.

Tiga Type Kamar Untuk Istirahat Maksimal

Saya dapat kamar type First Class, type tertinggi yang ada di hotel ini. Kamarnya tidak terlalu luas, namun cukup lah mengakomodasi kebutuhan dua orang pengunjung. Karena ukuran kamar yang terbatas, pengelola mendesain kamar sedemikian rupa. Misalnya, meja yang biasanya hadir di tiap kamar hotel dibuat ala ambalan yang tak butuh space banyak.

Di hotel ini juga tidak disediakan lemari pakaian. Tamu bisa menggantungkan pakaian di balik pintu. Praktis.

(Sumber foto : koleksi pribadi)

Hotel Front One Residence Syariah menyediakan tiga type kamar bagi pengunjung. Masing-masing adalah type bunkbed room. Satu kamar untuk dua orang dengan tempat tidur tingkat. Type ini cocok buat traveler atau backpacker yang hanya butuh tempat rebahan sebelum traveling.

Type kedua adalah Business Class Room. Kamar dengan single bed bagi mereka yang menginap sendirian. Type ini sama dengan type sebelumnya yang memiliki ukuran bed 100 x 200.

Dan type tertinggi adalah First Class Room yang bisa digunakan untuk dua orang. Ukuran bed lebih besar, 160 x 200. Di kamar ini furniturnya berbeda dari dua type kamar sebelumnya. Selain bed, ada pula kursi sudut yang bisa digunakan untuk bersantai di kamar. Dan ada keunikan dari kamar di hotel ini yang jarang dimiliki  hotel lain yakni disediakan guling ukuran besar. Berasa di rumah sendiri ya gaes.

Oiya, meski letak hotel tak jauh dari jalan sibuk kawasan Mampang, namun suara bising tak sampai di dalam kamar yang saya tempati. Istirahat pun bisa maksimal.

Kelebihan Front One Residence Syariah

Kendati hotel syariah yang dioperasikan oleh Azana group ini tak memiliki banyak sarana pendukung layaknya hotel bintang, namun hotel ini bisa dijadikan rujukan staycation karena punya keunggulan letak. Hotel ini terletak di kawasan ekonomi yang sibuk. Jalan Mampang Raya yang hanya sekitar 100 meter dari hotel adalah jalan raya yang tak pernah tidur. Denyut aktivitas nyaris berjalan selama 24 jam penuh.

Kawasan ini dikenal sebagai kawasan perkantoran, kuliner dan juga pusat bisnis. Jika mencari makanan, kawasan ini jagoannya. Susuri saja kawasan Mampang, akan banyak pilihan aneka jenis jajanan, makanan khas dari mulai makanan Betawi hingga Arabian ada di kawasan ini.

(Sumber foto : koleksi pribadi)

Tak jauh dari hotel juga ada halte bus Trans Jakarta yang siap mengantarkan anda ke semua wilayah ibukota dengan biaya sangat terjangkau. Pilihan angkutan umum di sini juga amat beragam. Kamu tidak akan tersesat atau tak bisa kelayapan di luar hotel, karena sejumlah angkutan umum beroperasi 24 jam.

Hotel Front One Residence Syariah ini juga dekat dengan kawasan segitiga emas Kuningan. Kamu cukup berjalan kaki untuk sampai kawasan Kuningan. Menumpang busway atau angkutan online juga bisa jadi pilihan untuk bisa sampai di Kuningan.

Dan ada lagi satu keunggulan hotel ini dibandingkan hotel sejenis di Jakarta. Meski tergolong hotel bujet, namun hotel ini menyajikan pemandangan atau view mevvah kawasan segitiga emas Kuningan yang bisa dilihat dari rooftop atau lantai paling atas di lantai 4. Tempat ini juga kerap dijadikan tempat foto yang instagenic dengan latar kawasan  segitiga emas.

Karena kerennya, pengelola juga menawarkan area rooftop untuk keperluan pemotretan pre wedding, tempat romantic dinner atau sebagai venue birthday party. Menarik kaaan…

Hotel Front One Residence Syariah

Jalan Mampang Prapatan 1 No. 60

Jakarta Selatan.

Ph:  0877-8267-7878

IG : @frontoneresidencemampang

By syaifuddin sayuti

Ex jurnalistik tv yang gemar makan dan travelling. social media addict, ex Kepsek Kelas Blogger, admin BRID.

3 thought on “Staycation di Hotel Front One Residence Syariah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.