Ngabuburit Digital, Cara Baru Memaknai Ramadan

By | 11 Juni, 2017

Acara Buka Bersama Biasa DIadikan Rangkaian Ngabuburit (foto istimewa)

Ngabuburit Digital. Tiap bulan suci Ramadan banyak kegiatan khas yang dilakukan umat muslim. Ada pesantren kilat yang bisa dilakukan di pertengahan bulan ramadan, buka puasa bersama, sahur on the road hingga santunan anak yatim.

Nah, bagi anak muda ada kegiatan yang sudah lama eksis yakni ngabuburit. Sebenarnya ini adalah istilah dalam bahasa Sunda yang artinya kegiatan menanti bedug magrib yang diisi dengan beragam aktivitas.

Saat tinggal di Bandung antara tahun 1989-1996, ngabuburit itu menjadi keriaan wajib yang dilakukan muda-mudi di sana. Biasanya mereka jalan-jalan menghabiskan waktu ke alun-alun Bandung. Atau ada pula yang jalan-jalan sore ke kawasan gedung sate dan lapangan Gasibu.

Tapi itu dulu, bagaimana dengan sekarang?

Kegiatan jalan-jalan di sore hari memang masih eksis di ibukota. Namun, melihat Jakarta yang kemacetannya makin parah, dengan pembangunan jalan, jalur MRT, LRT dan sebagainya itu, ngabuburit di Jakarta bukanlah pilihan menarik. Waktu bakal habis percuma di jalanan jika ingin berputar-putar kota.

Sadar dengan hal itu saya sendiri punya kegiatan ngabuburit kekinian, ngabuburit yang tak membutuhkan effort jalan-jalan ke luar rumah terlalu jauh. Lho, gimana caranya?

Cukup nongkrong atau nangkring di rumah, buka gadget, berselancar lah di dunia maya. Apa yang mau kau lakukan? Mengaji atau membaca ayat suci Al-Qur’an misalnya, bisa kok melalui gadget, tinggal donlod aplikasi Al-qur’an yang bertebaran di Android atau Ios. Mau belajar mengaji dengan berbagai metode, ada semua di aplikasi yang bisa didonlod secara gratis.

Jika donlod aplikasi mengaji masih jadi ganjalan, bisa lakukan cara lain yakni buka situs video sharing Youtube. Ribuah tutorial mengaji ada di youtube. Mau belajar mengaji metode Iqro, atau membaca tartil Al Qur’an atau terjemah per kata semua tersaji dengan gamblang.

Era milenial memang memberi banyak kemudahan, tinggal kita mau apa. Yang pasti jika mengakses internet pilih saja jaringan XL yang sudah terbukti koneksinya cepat. Saya sudah buktikan selama setengah bulan ramadan ini menggunakan jaringan kece XL untuk ngabuburit digital.

Saya sudah, kamu kapan?

1,710 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

8 thoughts on “Ngabuburit Digital, Cara Baru Memaknai Ramadan

  1. nofan

    Kita harus pandai-pandai memanfaatkan teknologi yang ada, karena semua diciptakan untuk mempermudah dan mempercepat segala urusan manusia, bukan sebaliknya menghabiskan waktu dan diam tanpa ada tindakan yang bermanfaat…

    Reply
  2. monicaang

    Era milenial memudahkan banyak hal dalam hidup kita ya. Adanya akses internet cepat jg mendukung banget untuk melakukan berbagai aktivitas digital. Untung deh aku juga pake XL jadi bisa memanfaatkan kemudahan2 ini.

    Reply
    1. syaifuddin sayuti Post author

      apalagi buat mbak Monica yang suka nulis, akses inet yang cepat seperti XL ngebantu banget ya buat kerjaan. sambil nunggu bedug bisa ngerampungin tulisan.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.