Mudik Semakin Mudah Guys

By | 11 Juni, 2018

Lebaran tahun ini mudik gak guys? Saya sih mudik. Kendati jarang mudik pas Lebaran tapi yakin aja perjalanan mudik kali ini bakal lancar dan aman. Sejumlah persiapan sudah dilakukan. Seperti service mobil, belanja keperluan Lebaran dan sejumlah printilan yang biasa dibawa saat mudik juga sudah didata.

Oiya tahun ini perjalanan mudik juga menghadapi banyak hal baru. Seperti jalur jalan tol menuju Jawa Timur yang makin banyak hingga penggunaan e-money sebagai satu-satunya alat transaksi di pintu tol. Memudahkan sekaligus bikin cemas jika persiapan kita kurang baik. Kebayang kan jika sedang macet-macetnya di jalur tol baru kita kebingungan saat bensin mobil kian menipis. Atau ada anggota keluarga yang sakit dan butuh penanganan segera ke klinik terdekat. Berasa banget kalau kita butuh informasi akurat mengenai hal-hal tersebut.

Untungnya tahun ini XL Axiata memiliki informasi mudik digital yang dibuat bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan dan sejumlah instansi terkait. Jika dulu untuk pulang kampung  mengandalkan peta mudik kali ini untuk searching informasi mudik gawai a.k.a gadget yang akan bicara.

Ide kerjasama ini berangkat dari kenyataan bahwa saat ini masyarakat lebih banyak mencari dan mendapatkan informasi seputar perjalanan mudik melalui perangkat digital atau internet. Masyarakat lebih senang mengakses perangkat gadget mereka, setelah harga gadget makin murah dan jaringan internet pun makin terjangkau layanannya.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, “Kami di XL Axiata menyambut baik upaya pemerintah mulai memanfaatkan teknologi digital guna menyampaikan pesan atau informasi kepada publik mengenai barbagai hal, salah satunya informasi seputar mudik ini oleh Kementerian Perhubungan.”

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, “Di tahun-tahun sebelumnya, informasi seputar mudik masih dituangkan dalam bentuk hardcopy atau dalam kertas tercetak. Format seperti itu kurang lagi efektif karena rentan hilang atau rusak, serta butuh biaya tidak sedikit untuk mencetaknya. Kami menilai, dalam hal ini XL Axiata memiliki kelebihan dan kemampuan untuk menyediakan dukungan berupa informasi digital sesuai dengan yang kami harapkan.”

Pelanggan XL Axiata bisa mengakses informasi seputar mudik melalui sejumlah layanan digital diantaranya:

  • SMS LBA (location based advertising) yang disebarkan di titik-titik mudik sesuai dengan informasi yang disampaikan. Dengan demikian informasinya akan menjadi lebih efektif.
  • website www.sisternet.co.id yang menjadi saluran komunitas perempuan binaan program Sisternet XL Axiata.
  • saluran MyXL, yang merupakan akses layanan digital XL Axiata bagi semua pelanggan.
  • Informasi seputar mudik bisa diakses antara H-10 hingga H+10 lebaran.

Khusus di MYXL ada informasi apa saja yang bisa kita akses?

  • Informasi RTTMC (Road Transport And Traffic Management Center) berisi Link ke LIVE CCTV dari sejumlah jalur mudik baik jalan tol maupun jalur non tol.
  • Informasi Lalin di sejumlah ruas jalan yang dilalui pemudik
  • info jalur alternatif, info jalur rawan kecelakaan, jalur rawan longsor, jalur rawan macet
  • Nomer telepon penting Rumah Sakit dan Kantor polisi terdekat
  • Link berita terkini seputar mudik

So, buat yang mudik jangan worry ya di musim mudik Lebaran kali ini. Informasi digital bisa kamu akses dan akan membantu dan menuntun perjalanan mudikmu hingga ke kampung halaman.

Happy mudik guys…


2,380 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.