syaifuddin.com

Information

This article was written on 11 Jul 2014, and is filled under otomotif.

Current post is tagged

Mudik Lebih Asyik Dengan EFO

20140703_191653Mudik bagi orang Indonesia bak sebuah ibadah wajib yang menyertai perayaan Lebaran Iedul Fitri. Kurang afdol rasanya merayakan Lebaran di tanah rantau. Sebab bagi sebagian kita Lebaran adalah saat berkumpulnya sanak saudara di kampung halaman. Mereka yang sekian tahun tak pernah jumpa biasanya menyempatkan diri bersilaturahmi Lebaran, bukan hanya bermaafan, namun juga saling berbagi kabar.

Ibarat kata, selama masih ada umur, mudik menjadi kegiatan budaya yang hukumnya wajib bagi yang mampu secara ekonomi. Kita akan rela mengumpulkan uang seperak dua perak selama setahun demi menjejak tanah kelahiran.

Dan saya termasuk yang kerap merasakan kerepotan menyiapkan mudik ke kampung halaman di Kediri dan Nganjuk, Jawa Timur. Tapi kerepotan yang ini mengasyikkan. Bagi saya sekeluarga mudik harus dijadikan perjalanan liburan yang menyenangkan.

Karena kampung saya dan istri, letaknya jauh dari bandara, mudik bagi kami adalah sebuah perjalanan yang harus dilalui lewat jalan darat. Dengan berkendara mobil saya dan anak istri bisa mendapatkan banyak hal baru selama perjalanan. Mulai dari pertemuan denganb budaya yang berbeda, wisata kuliner, hingga pengalaman unik nan lucu yang selalu kami dapatkan sepanjang perjalanan.

Melakukan perjalanan darat lebih dari 12 jam sehari (bahkan kami pernah mudik hingga 24 jam lantaran macet total) tentu membutuhkan persiapan tak mudah. Apa saja yang mesti disiapkan agar sepanjang perjalanan kita semua happy? Saya akan bagikan tips mudik yang asyik ke dalam dua bagian besar teknis dan non teknis.

Cek Kesiapan Kendaraan

Menyiapkan kendaraan artinya melakukan pengecekan secara seksama mulai dari kondisi ban beserta tekanan anginnya hingga performa mesin. Cek juga bagaimana kondisi Oli, saringan udara, katup mesin, hingga sistem pendingin.

Pengecekan ini penting sebab berkendara jarak jauh tanpa memperhitungkan performa kendaraan akan menyebabkan gangguan jika ada persoalan dengan mobil di perjalanan. Gangguan di perjalanan menyebabkan perjalanan mudik anda tidak nyaman. Alih-alih senang-senang sepanjang perjalanan, gangguan pada mobil akan membuat perjalanan menjadi menyebalkan bagi semua anggota keluarga.

Ini penampakan EFO sebelum dipasang

Ini dia EFO sebelum dipasang (foto: koleksi pribadi)

Ini dia EFO sebelum dipasang (foto: koleksi pribadi)

Saran saya, sebelum melakukan perjalanan jauh, bawalah kendaraan anda terlebih dahulu untuk dilakukan pengecekan dan servis di bengkel terpercaya. Mengapa saya tekankan bengkel terpercaya? Karena mereka melakukan pengecekan secara menyeluruh dan biasanya menggunakan komputer yang bisa mendeteksi masalah kendaraan secara presisi.

Jika persoalan kendaraan anda ada pada ‘power’nya, mungkin sudah saatnya anda menggunakan alat tambahan peningkat power kendaraan. Dipasaran kini bisa ditemui sebuah alat yang bisa meningkatkan kekuatan pacu kendaraan. Namanya EFO alias Engine Fuel Air Optimizer. EFO adalah sebuah alat untuk meningkatkan kualitas udara yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan, dapat menghasilkan udara yang membuat mesin bekerja lebih sempurna/efisien karena pembakaran lebih baik.

EFO, produk andalan ramah lingkungan (foto: koleksi pribadi)

EFO, produk andalan ramah lingkungan (foto: koleksi pribadi)


EFO hanya diisi AIR BERSIH yang akan menjadi reaktan dalam reaksi pembakaran sehingga akan menghasilkan tenaga yang lebih besar, serasa memakai bensin beroktan lebih tinggi.

Pekan lalu saya memenuhi undangan seorang kawan yang merupakan perkenalan pertama saya pada EFO. Oo.. seperti itu tho penampakan aslinya. Alat ini sepintas terlihat seperti botol minuman yang biasa saya bawa ngantor. ternyata pemasangannya cukup mudah. Hanya butuh waktu belasan menit bagi teknisi memasang EFO di mobil Xenia 1300 cc saya. EFO sangat mudah dipasang pada semua jenis kendaraan berbahan bakar bensin mobil maupun motor. EFO dipasang tanpa mengubah setting apapun maupun konstruksi mesin.

Prinsip dasarnya, EFO bekerja mengoptimalkan kualitas dan nutrisi udara masuk dengan air mineral yang diolah dalam tabung reaktor mini. Sehingga pembakaran bisa disempurnakan. Efek dari pembakaran yang lebih optimal langsung terasa.

Proses pemasangan EFO mudah, bahkan untuk mobil tertentu hanya butuh waktu 4 menit saja.

Proses pemasangan EFO di mobil saya (foto: koleksi pribadi)

Proses pemasangan EFO di mobil saya (foto: koleksi pribadi)

Apa yang terjadi dan saya rasakan setelah mobil dipasangi EFO? Karena saya tak terlalu paham persoalan teknis kendaraan, yang paling berasa setelah dipasangi EFO mobil saya bisa lari lebih kencang. Usai dipasangi EFO, mobil saya bawa membelah malam melalui tol JORR dan Jagorawi. Kondisi tol yang ramai lancar membuat saya bisa melajukan kendaraan dengan kecepatan sedang.

Entah kenapa, mobil saya berasa lebih ‘ngacir’. Saya merasakan mobil jadi lebih enteng tarikannya. Suara mesin mobilpun terdengar lebih halus.

EFO, Memberi Jaminan Uang Kembali

Menurut GM EFO Indonesia, Lewi Bernat, EFO adalah produk yang dikembangkan pihaknya sejak tahun 2009. “Selama kurun waktu itu kami terus melakukan berbagai percobaan dan penyempurnaan produk. Hingga kini lebih dari 2 ribu kendaraan sudah dipasangi EFO,” ujarnya.

Lewi Bernat (GM Efo Indonesia) dan produk andalannya (Foto: koleksi pribadi)

Lewi Bernat (GM Efo Indonesia) dan produk andalannya (Foto: koleksi pribadi)


Bahkan kini EFO sudah dipatenkan, artinya produk ini sudah dijamin kelayakan dan kegunaannya. “Butuh waktu cukup lama sebelum EFO mendapatkan nomer paten,” tambah Lewi.

Menurut Lewi, produk ini selain meningkatkan performa kendaraan juga membantu mengurangi Emisi Gas Buang hingga 20 persen dari penyempurnaan pembakaran. Buntutnya, akan memperpanjang umur mesin dan membuat busi lebih bersih. Bonusnya, EFO akan membantu menghemat BBM sekitar 10%-35% untuk mobil dan motor hingga 40%. Wow!

Saat ini ada beberapa jenis EFO yang telah diproduksi, yakni untuk kendaraan beroktan hingga 2000 cc, di atas 2000 CC, serta untuk sepeda motor. Untuk semua produk tersebut, pihak EFO Indonesia menjamin jika setelah dipasang konsumen merasa tidak puas, maka pihak EFO Indonesia menggaransi dengan mengembalikan uang yang telah anda keluarkan.

Nah bagi anda yang hendak mudik jarak jauh, coba gunakan EFO di mobil yang anda kendarai. Rasakan bedanya sebelum dan setelah menggunakan alat ini. Dengan menggunakan EFO berarti anda juga telah menyumbang kebersihan lingkungan dan penghematan BBM. Laguipula memasang EFO tidak ada ruginya kok, karena EFO menjamin garansi uang kembali. Nah!

833 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

4 Comments

  1. resep kue
    6 Juni, 2015

    wuish asyiiik terimakasih om,,, semoga mudik lebaran nanti bisa lancar…tp apakah bisa diaplikasikan ke kendaraan bermotor om ?? matursuwun

    • syaifuddin sayuti
      7 Juni, 2015

      untuk lebih jelasnya, silakan hubungi EFO secara langsung di nomor (021) 7202720

  2. budi
    25 Mei, 2015

    maaf d mana bisa memesannya atau no kontak siapa yg bisa d hubungi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: