syaifuddin.com

Information

This article was written on 11 Apr 2014, and is filled under Lifestyle.

Current post is tagged

, ,

Momen Tak Terlupakan di Wahana Ice Age Dufan

konpers Direksi Pembangunan Jaya Mengenai Ice Age (foto: Syaifuddin)

konpers Direksi Pembangunan Jaya Mengenai Ice Age (foto: Syaifuddin)

Sejuta pertanyaan memenuhi benak saya membayangkan masuk wahana Ice Age di Dunia Fantasi, Ancol Taman Impian. Keren kah? Menegangkankah? Atau biasa-biasa saja? Saya punya ekspektasi besar saat membayangkan sebuah wahana baru di themed park terbesar di Indonesia seperti Dufan. Entah kenapa wahana-wahana permainan yang baru di Dufan selalu menarik minat saya untuk mencobanya.

Dan hari Kamis (10/4) bersama sejumlah blogger anggota Blogger Reporter Indonesia serta kawan-kawan media saya diundang PT.Pembangunan Jaya Ancol untuk hadir dalam peresmian wahana terbaru mereka Ice Age, Sids Arctic Tours. Sesuai dengan temanya, ini adalah wahana petualangan bersetting jaman es pertama di Indonesia.

Acara launching diawali dengan konferensi pers yang diberikan oleh Direktur PT.Pembangunan Jaya Winarto, Komisaris ibu Katherine serta Harley Boston dari White Water West Canada yang membangun wahana ini. Acara dipandu duo presenter kocak Fitri Tropika dan Deryansah.

Patung Karakter Ice Age (foto: Syaifuddin)

Patung Karakter Ice Age (foto: Syaifuddin)

Ice Age sendiri adalah film animasi Hollywood yang sangat terkenal dalam kurun waktu 2002-2012. Hingga kini sudah 4 film Ice Age yang dibuat dan sempat merajai box office saat ditayangkan di bioskop seluruh dunia.

Menurut Winarto, pihaknya membangun wahana Ice Age Dufan sejak tahun 2012 dengan menginvestasikan dana hingga 200 Milyar rupiah. Wow! Wahana Ice Age memiliki panjang lintasan 365 meter. Di dalam wahana baru ini pengunjung diajak melakukan Sid’s Arctic Tour. Ini merupakan petualangan berbentuk dark ride yang berdurasi 8 menit. Selama 8 menit tersebut pengunjung berpetualang ditemani oleh karakter dalam film Ice Age seperti Manny, Sid, Diego, dan Scrat yang dikemas dalam animasi menarik.

Melalui dark ride pengunjung diajak melintasi hutan belantara, gunung berapi, dan merasakan bagaimana gunung es mencair seperti dalam film Ice Age.

Sementara itu Harley Boston dari White Water West menegaskan, wahana Ice Age di Dufan adalah yang pertama di Asia dan merupakan yang kedua di dunia. Dia memastikan wahana yang ada di Dufan ini lebih seru, lebih bagus dan lebih menegangkan dibanding yang ada di Movie Park, Jerman. Wow…

Harley Boston juga menjamin unsur keamanan dan kenyamanan menjadi perhatian terbesar saat membangun wahana ini. Dia memastikan wahana ini aman bagi seluruh anggota keluarga. Material yang digunakan untuk membangun wahana ini juga merupakan material kelas dunia, sama dengan yang digunakan themed park kelas dunia lain seperti Disneyland, Universal Studios maupun Legoland.

Parade Karakter Ice Age

Usai konferensi pers, kami diajak langsung ke wahana Ice Age untuk seremoni launching. Sebelum seremoni, sempat dibagi-bagikan door prize dari manajemen Ancol serta hiburan dari artis-artis Dufan.

Flashmob artis Dufan yang keren (foto: Syaifuddin)

Flashmob artis Dufan yang keren (foto: Syaifuddin)


Yang paling menarik adalah tampilnya Manny, Sid, Diego, dan Scrat, empat karakter film Ice Age ke tengah-tengah pengunjung. 4 karakter yang bentuknya imut dan lucu itu menjadi magnet paling ditunggu oleh kami, para blogger. Bahkan patung ke-4 karakter yang letaknya persis di tengah pintu masuk Ice Age menjadi spot paling menarik untuk dijadikan latar foto para blogger dan wartawan.

Gatot Setyowaluyo, Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol, dalam sambutannya mengatakan, tema Ice Age dipilih karena sesuai dengan konsep kawasan baru yang dibangun di Dunia Fantasi Ancol yaitu Dufan Indoor, sebuah kawasan wahana permainan dalam ruangan yang hadir untuk menambah pilihan permainan di Dufan, yang selama ini terkenal dengan wahana permainan luar ruangannya. Ice age juga dipilih terutama karena mengandung pesan moral mengenai persahabatan dan keluarga, sekaligus mengenalkan isu pemanasan global secara menyenangkan.

Dirut Pembangunan Jaya Speech (foto: Syaifuddin)

Dirut Pembangunan Jaya Speech (foto: Syaifuddin)


Peresmian sendiri kemudian dilakukan tepat di depan pintu masuk wahana Ice Age. Direksi dan komisaris PT.Pembangunan Jaya secara bersama menekan tombol sirene tanda launching wahana Ice Age Sid’s Arctic Tours. Dan saya secara kebetulan menjadi pengunjung pertama yang masuk ke wahana Ice Age.

Menggila Berjamaah

Petualangan pun Dimulai (foto: Syaifuddin)

Petualangan pun Dimulai (foto: Syaifuddin)


Untuk masuk ke wahana Ice Age Dufan ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi. Pengunjung disarankan memiliki tinggi badan minimal 120 sentimeter, tidak memiliki gangguan jantung dan tidak sedang hamil. Sejak mau masuk ke wahana ini petugas berkali-kali bertanya soal ini, sebab bagi mereka yang punya gangguan jantung dan ibu hamil sangat beresiko jika bermain di wahana Ice Age. Oya ada tambahan, pengunjung dilarang memegang atau memasukkan tangan ke air di dalam wahana karena dikhawatirkan akan membeku! O-o..
Sids, si tokoh utama memandu petualangan (foto: Syaifuddin)

Sids, si tokoh utama memandu petualangan (foto: Syaifuddin)


Permainan di wahana Ice Age mengingatkan saya pada wahana istana boneka. Bedanya, istana boneka adalah wahana yang berisikan boneka dari berbagai daerah dan negara. Sementara Ice Age adalah wahana bersetting jaman es yang ada di film Ice Age.

Persamaannya, pengunjung juga diminta naik ke perahu yang berjalan mengikuti aliran air ke sebuah tempat di jaman es yang gelap. Di Wahana ini tergambarkan keempat film Ice Age yang menceritakan mulai awal kisah petualangan persahabatan Manny, Sid, dan Diego pada jaman es, mencairnya gunung-gunung es sehingga mereka harus bermigrasi ke tempat yang lebih aman. Mereka harus menghadapi kawanan dinosaurus dan Manny harus terpisah dari putrinya, Peaches, karena terjadinya pergeseran benua.

Boneka-boneka karakter nan lucu menemani petualangan di negeri es (foto: Syaifuddin)

Boneka-boneka karakter nan lucu menemani petualangan di negeri es (foto: Syaifuddin)


Dan yang paling membedakan dari istana boneka adalah, suasana yang dibangun mirip penggambaran jaman es yang pernah kita saksikan di film Ice Age. Wahana Ice Age juga dilengkapi teknologi canggih seperti animatronic, media screen, dan berbagai efek spesial yang akan membuat pengunjung merasakan suasana petualangan film animasi Ice Age.

Jangan kaget jika tiba-tiba ada percikan air, udara yang berubah drastis sangat dingin, perahu yang jalannya menanjak terjal, atau secara tiba-tiba terjun bebas seolah menembus riam air terjun. Saat perahu tiba-tiba menanjak dan terjun bebas, saran saya siapkan keberanian ekstra agar tidak terkaget-kaget.

Meski menegangkan namun wahana ini lumayan seru dan bakal jadi momen tak terlupakan. Permainan tata cahayanya tertata rapi, animatronic yang cantik penempatan karakter 4 karakter tokoh Ice Age di posisi yang pas. Sebagai wahana hiburan keluarga saya merekomendasikan tempat ini, sebab bisa menghilangkan stress dan penat dari pekerjaan maupun penat selepas sekolah. Wahana ini juga bisa dijadikan wahana edukasi mengenai jaman es yang pernah terjadi ribuan tahun lalu.

Oya, selain petualangan 4 sekawan Ice Age, di wahana ini juga terdapat wahana Kontiki serta kapal Captain Gutts beserta kawanannya di film Ice Age.

1,997 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

6 Comments

  1. Tanti Amelia
    11 April, 2014

    Suka mas, reportasenya!
    OOT : blognya cantik banget…

  2. Amril Taufik Gobel
    11 April, 2014

    Terimakasih mas Udin atas reportasenya. Kereen!

  3. Bang Aswi | @bangaswi
    11 April, 2014

    Pokoknya gak rugi lah main ke wahana ini. Paling tidak setelah berpanas-panas ria di semua wahana outdoor, wahana ini bikin adem dem dem ^_^

    • syaifuddin sayuti
      30 April, 2014

      sosok itu memang paling bisa… terbayar kan bersepeda diakhiri berpetualang di negeri es..

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: