Mie ayam jamur terenak di Jakarta check… Beberapa kali makan mie ayam jamur belum pernah dapat mie ayam jamur yang rasanya mantap. Sampai akhirnya seorang kawan merekomendasi mie ayam jamur Bang Bedho.

Mie ayam jamur bang Bedho berlokasi di Jalan Kramat Kwitang 1H, Jakarta Pusat. Kedainya berada di sebuah rumah di dalam gang. Meski derada di dalam gang, ternyata kedai ini ramai dikunjungi dan cukup kondang di kalangan penggila kuliner. Konon jika sedang ramai sehari kedai ini bisa menyajikan 500 porsi mie ayam.

Bang Bedho, sudah membuka kedai Mie Ayam 27 ini sejak tahun 1999. Artinya, hingga tahun ini usia kedai ini sudah 21 tahun. Sebuah pencapaian tersendiri mengingat banyak sekali kedai-kedai baru yang terus bermunculan.

Oiya, kedai ini punya moto yang agak aneh yakni “Palsu” yang terpampang dalam spanduk di depan kedai. Rupanya “Palsu” di sini merupakan kepanjangan “Pasti Lo Suka”. Agak sombong sih, tapi menunjukkan rasa percaya diri karena yakin akan kualitas rasanya. Dan popularitas mie ayam ini membuktikan dari banyaknya review food blogger di blog, Youtube maupun instagram.

                                              Kedai Mie Ayam Bang Bedho (foto dokpri)

Mienya Kenyal dan Lezat

Menu andalan di sini adalah mie ayam jamur. Untuk satu porsi, isinya melimpah ruah. Mienya banyak, dengan toping ayam yang juga meriah. Ditambah bakso dan juga tetelan tulang muda ayam yang gurih. Tulang muda ayam ini yang membedakan dengan kedai mie ayam lainnya.

Tekstur mienya sendiri lebih mendekati ke mie karet yang kenyal, meski tidak ‘karet banget’. Oiya, semua mie di sini dibuat sendiri (homemade), jadi dapat dipastikan kesegaran mie-nya.

                                                              Mie ayam jamur ukuran biasa (foto dokpri)

Selain versi normal mie ayam jamur di sini juga disajikan dalam versi jumbo. Ini tampaknya disajikan khusus bagi mereka yang ruang perutnya cukup lega, karena dalam satu mangkuk mienya lumayan banyak. Selain mie ukuran biasa, ada pula mie lebar. Sayangnya saya tidak sempat merasakan kelezatan mie lebarnya, karena enggan menunggu terlalu lama.

Dari sisi rasa, tampilan dan racikan bumbu, saya memberikan nilai 9 dari 10 untuk mie ayam jamur bang Bedho ini. Dengan rasa yang oke harga tiap porsi mie ayam di sini dibandrol mulai dari Rp.15K hingga Rp.26K untuk porsi jumbo.

Jika soal rasa oke, bagaimana dengan kedainya sendiri secara keseluruhan? Soal kebersihan kedainya menurut saya biasa saja. Cenderung kotor malah. Petugasnya pun tidak cukup sigap jika ada pelanggan yang sudah selesai makan. Peralatan makan menumpuk di meja, tidak langsung dibawa ke belakang. Andai soal kebersihan dan juga kenyamanan makan dijadikan perhatian pemilik kedai, kedai ini punya kans menjadi tempat makan yang lebih menyenangkan.

Oiya, sekedar saran jika ingin makan di tempat (dine in) sebaiknya hindari datang saat jam makan siang, sekitar pukul 11.00 hingga 12.00 karena sedang padat-padatnya. Selain sulit mencari tempat duduk, anda juga bakal bersaing dengan abang ojek online yang memenuhi kedai yang tak seberapa besar ini.

Rasa : 9/ 10

Harga : sedang

Lokasi

Mie Ayam Jamur Bang Bedho Jl. Kramat Kwitang 1H Nomor 27, Jakarta Pusat

By syaifuddin sayuti

Ex jurnalistik tv yang gemar makan dan travelling. social media addict, ex Kepsek Kelas Blogger, admin BRID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *