selangor

Yihaa… My Selangor Story (MSS) kembali digelar! Dua kali penyelenggaraan MSS saya hanya bisa menelan ludah, karena telat informasinya dan saya terus terang saat itu tak siap bepergian lantaran kuliah master saya sedang deadline. Namun untuk MSS2013 kali ini saya harus ikut dan menjadi bagian dari Top 20 blogger yang diajak serta ke Selangor, Malaysia di awal tahun 2013.

Ada beberapa alasan mengapa saya harus dipilih (maksa dotcom! 🙂 ) untuk jadi salah satu konstestan MSS2013. Saya adalah blogger aktif yang telah menulis di blog sejak tahun 2004. Saya menulis di berbagai platform blog, mulai blog gratisan sampai berbayar, mengikuti beragam komunitas blog seperti komunitas blogger Bekasi, Asean Blogger Community dan Kompasiana. Selama kurun waktu tersebut, berbagai event blogger sudah pernah saya ikuti.

Saya senang jalan-jalan, melihat keunikan banyak tempat, mencicipi kuliner khas setempat dan juga bersentuhan dengan penduduknya. Masih lekat dalam ingatan saat saya dan keluarga berlibur ke sejumlah kota di Jawa saat mudik Lebaran lalu. Saya berhasil mendekatkan anak-anak pada keunikan sejumlah tempat, keragaman budaya Indonesia, serta mengajak mereka menjelajahi aneka makanan nusantara yang tidak mereka temui di Jakarta.

gif maker at gickr.com
Trip to Jogja, Solo, Kediri
Di Kediri, Jawa Timur misalnya, saya sempat ajak anak-anak mengunjungi bendungan Waru Turi di kawasan Gampengrejo. Di tempat ini anak-anak jadi paham fungsi sebuah bendungan untuk mengairi sawah-sawah petani, dan menjadi sumber penghidupan bagi warga sekitar. Tempat ini juga menarik sebagai destinasi wisata, karena pengelola bendungan melengkapinya dengan aneka permainan anak-anak.

Sementara saat ke Jogjakarta, saya tunjukkan sisi menarik kota ini tang tak bisa kita temui di ibukota. Misalnya, suasana kotanya yang tak terlalu sibuk, masih berdiri dan terawatnya bangunan-bangunan kuno, becak, sepeda dan semua elemen seni budaya seperti keraton hingga kulinernya yang dahsyat seperti gudeg di Wijilan, angkringan nasi kucing, atau bakpia Pathok.

Nah, jika saya terpilih sebagai salah satu kontestan MSS2013, sudah terbayang beberapa rencana di depan mata. Saya akan eksplor keindahan tempat wisata di Selangor, mencicipi keunikan ragam kulinernya, melihat atraksi budaya setempat dan tentu yang paling utama adalah bertemu dengan sesama blogger, khususnya dengan para blogger negeri jiran Malaysia.

Bagi saya, event MSS2013 adalah kegiatan yang penting. Selain sebagai ajang promosi wisata, ajang ini bisa dijadikan sebagai jembatan budaya kedua negara. Ajang ini bisa dijadikan sebagai tempat bertemunya pemikiran dan rasa saling memahami antar kedua bangsa. Pendek kata, ini merupakan investasi jangka panjang, menumbuhkan solidaritas sesama bangsa Asia Tenggara.

Trip to Brisbane

Trip to Brisbane

Dan saya yakin, saya adalah blogger yang tepat untuk dipilih sebagai salah satu kontestan MSS2013. Karena saya akan membawa misi budaya, persaudaraan dan perdamaian.

Oh ya, meski kontestan MSS kebanyakan adalah blogger single, saya tak akan surut langkah. Justru karena sudah berkeluarga, tentunya saya punya nilai tambah, dapat memberi informasi maksimal bagi keluarga-keluarga di Indonesia mengenai Selangor. Siapa tahu setelah membaca keikutsertaan saya di MSS2013, banyak keluarga Indonesia yang tertarik mengunjungi Selangor di kemudian hari.

Nantinya saya akan bagikan rekaman pengalaman di Selangor melalui postingan di Blog. Tidak hanya tulisan, namun juga gambar/foto serta video. Saya juga berencana mengupdate semua aktivitas selama di Selangor melalui sejumlah akun sosial media yang saya miliki. Cerita mengenai Selangor juga akan saya bagikan ke semua komunitas blogger yang saya ikuti agar makin banyak yang tahu keindahan dan keunikan Selangor. Yang tentunya secara tidak langsung akan memacu pertumbuhan kedatangan wisatawan ke sana.

Belum berangkat saja saya sudah bayangkan bakal seru perjalanan ke Selangor nanti. Apalagi saya sendiri belum pernah menginjakkan kaki di Malaysia, sehingga perjalanan ke Selangor bisa saya tuliskan dengan perspektif yang berbeda.

1,849 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini