syaifuddin.com

Information

This article was written on 11 Des 2012, and is filled under Film, Review.

Current post is tagged

,

Menanti Akting Summa Cumlaude Reza Rahadian di Habibie & Ainun

Berakting bagi saya yang bukan seniman pastinya bikin pening. Tapi bagi aktor sekelas Reza Rahadian ternyata memerankan sosok mantan Presiden BJ.Habibie dalam film Habibie dan Ainun sempat bikin pening juga. Reza yang meraih 2 piala citra dalam Festival Film Indonesia tahun 2009 dan 2010, mengaku butuh waktu mendalami sosok Habibie yang unik dan terkenal dengan gaya bicaranya yang spontan.

“Saya beruntung diberikan waktu khusus bertemu pak Habibie beberapa kali. Bahkan saya sempat ngobrol panjang lebar selama 6 jam di kediaman beliau, demi menyelami karakternya,” ujar Reza Rahadian kepada media dan blogger saat pra launching film Habibie & Ainun, di Jakarta (9 Des 2012).

Awalnya, Reza mendapat kritikan keras dari Habibie karena penggambaran sosoknya kurang pas. Namun berkat kritikan itu Reza belajar dan mendalami karakter itu hingga setidaknya sesuai harapan skenario.

Selain berdialog langsung dengan Habibie, akting Reza juga terbantu dengan kehadiran Habibie ditengah syuting film di Jakarta, Yogyakarta, dan Jerman. Habibie kerap memberi masukan jika pengadegan tak sesuai dengan apa yang dialami Habibie dan Ainun. “Hanya di Bandung beliau absen. Namun kehadiran beliau di lokasi syuting benar-benar membantu menghidupkan karakter Habibie,” tambah Reza.

Lalu, apakah Reza puas dengan aktingnya di film yang mengisahkan percintaan mantan Presiden Habibie dengan istrinya Ainun Besari? “Silakan tonton sendiri filmnya untuk menilai apakah saya berhasil atau gagal.”

Bagaimana reaksi Habibie sendiri terhadap akting Reza di film itu? Saat peeview film Reza sempat tak diperbolehkan menonton. Habibie bersama sutradara dan produser menonton langsung di dalam bioskop, sementara ia berada di luar ruangan. Bak ujian sidang sarjana, begitu keluar Habibie menyatakan Reza lulus summa cumlaude dengan aktingnya di film tersebut. Reza merasa plong karena berarti aktingnya diapresiasi oleh sang mantan Presiden.

Penasaran dengan akting Reza sebagai Habibie? Tunggu tanggal mainnya di bioskop mulai 20-12-2012.

***

Selain Reza, kemarin hadir juga artis Inneke Koesherawati sebagai brand ambassador produk kecantikan Wardah, yang mensupport film Habibie dan Ainun. Menurut Inneke meski tidak bermain dalam film ini, ia sebagai brand ambassador bangga dengan keterlibatan Wardah di film ini.

Karena Wardah tidak hanya mendandani semua pemain film, Namun juga turut mendonasikan sejumlah uang untuk yayasan Ainun Habibie. Mereka mengumpulkan donasi dengan cara unik, yakni tiap satu stempel mawar merah dihargai Rp.10.000 yang akan diakumulasi dan hasilnya untuk membantu membiayai pasien gagal ginjal yang membutuhkan cuci darah.

Sebuah upaya terpuji yang diinspirasi oleh perkataan mantan Presiden Habibie saat ibu Ainun berpulang. Saat itu Habibie ingin agar tak ada yang memberikan bunga duka bagi mendiang istrinya. Ia lebih senang jika bunga duka diberikan dalam bentuk donasi bagi yayasan Ainun Habibie yang bergerak dalam bidang kesehatan.

***

Sebelumnya, kegiatan menyambut peluncuran film Habibie & Ainun juga dilakukan di area car free day, di bundaran HI Jakarta Pusat. Sejumlah blogger ikut membagikan bunga mawar bagi pengunjung yang melintas di kawasan tersebut. Berikut sejumlah gambar keriaan pra launching Habibie & Ainun yang berhasil saya rekam.

1,803 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

3 Comments

  1. mobil datsun bandung
    4 Juli, 2015

    keren banget aktingnya kak reza..berapa lama sih mendalami perannya pak habibie itu?
    terimakasih 😉

  2. veriska.com
    5 Mei, 2015

    berapa lama sih ;atihannya bisa mirip banget dengan bapak habibie?
    terimakasih 😉

  3. ace maxs
    18 Juli, 2014

    aku suka banget sama reza, di itu aktingnya bener-bener top banget dehh, apa lagi pas jadi peran sebagai bj habiebie..
    dan ktanya dia mau bergelut di belakang layar sebaagai sutradar ya gan?
    oia klo boleh tahu film apa sajakah yang sudah pernah di bintanginya?
    terimakasih 😉

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: