syaifuddin.com

Information

This article was written on 04 Apr 2014, and is filled under TV.

Current post is tagged

Melihat Jepang dari WAKUWAKU JAPAN

WAKUWAKU JAPAN, channel inspiratif

Tv WAKUWAKU JAPAN, channel inspiratif

Sejak 22 Februari 2014 silam pemirsa TV Indonesia bisa menikmati tayangan televisi asal Jepang WAKUWAKU JAPAN tv. Dan sejak on air di channel 168 Indovision saya dan keluarga pun langsung jatuh cinta.

Channel ini menyajikan segala hal tentang Jepang dengan budayanya yang cantik. Saya yang menyenangi tayangan tv berbalut budaya berkali-kali dibuat takjub dengan cara bangsa Jepang memelihara tradisi turun temurun.

Seperti yang saya saksikan dalam Laid Back Onsen Stroll, Selasa 1 April. Ini adalah program travelling yang mengupas tempat mandi air panas ala Jepang. Kali ini Onsen yang jadi sorotan liputan ada di Beppu. Beppu, adalah sebuah kota di prefektur Oita, Kyushu Jepang.

Mandi Lumpur di sumber air panas

Mandi Lumpur di sumber air panas


Di kawasan Beppu pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas dengan air panas bumi sebagai medianya. Di kawasan ini terdapat 2.800 mata air yang menyemburkan air panas setiap harinya. Wow… Jangan heran juga jika di Beppu terdapat kolam yang dijuluki kolam neraka lantaran dari kolam tersebut menyemburkan air panas bak di neraka. Hmm…siapa juga yang pernah ke neraka.

Bagi kita di Indonesia tempat mandi air panas mungkin bukan hal yang terlalu asing. Saya sendiri pernah mencobanya di Ciater dan Sentul Jawa Barat. Yang membedakan hanya cara bangsa Jepang merawat tempat mandi tersebut yang umumnya berusia puluhan tahun. Tempat mandi air panas Onsen dirawat sedemikian rupa, dijadikan obyek wisata berbasis kesehatan.

Mereka yang mengunjungi Beppu akan bisa melihat dalam satu kawasan hampir semua sisi dijadikan tempat mandi air panas. Mulai dari yang hanya merendam kaki, merendam sekujur tubuh, hingga menggunakan lumpur.

Program ini menarik karena mampu menampilkan Beppu dengan sisi wisata air panasnya secara komprehensif. Pemirsa diajak jalan-jalan menyusuri tiap sudut Beppu, masuk ke tempat Onsen, hingga mengintip apa yang terjadi di bilik Onsen. Pemirsa juga diajak melihat aktivitas warga yang menggunakan air panas bumi untuk kepentingan lain seperti mengukus makanan untuk hidangan makan malam. Wow.

37e87042-6956-4fd3-80bd-301a4d9086f9_zps475cb0f6
Meski gaya bertutur TV Jepang sangat berbeda dengan Indonesia, saya justru dapat menikmatinya lebih nyaman. Perpindahan adegannya tidak terlampau cepat sehingga pemirsa bisa melihat gambar-gambar indah yang tersaji di layar lebih lama. Menariknya lagi, di program ini juga selalu ditampilkan peta tempat yang sedang menjadi ulasan. Sehingga bagi turis akan membantu menunjukkan spot-spot menarik yang wajib dikunjungi.

Buat saya, WAKUWAKU JAPAN bukan sekedar siaran hiburan di televisi, namun Wakuwaku Japan adalah jembatan untuk memahami bangsa Jepang dengan segala kekhasan budayanya. Melihat WAKUWAKU JAPAN seperti melihat seorang teman yang bercerita tentang rumahnya. Kita seperti bertamu ke sebuah rumah dengan pemiliknya yang bersahabat.

Selain program sejenis Laid Back Onsen Stroll, masih banyak program acara menarik lainnya di WAKUWAKU JAPAN. Seperti beragam film kartun atau anime, program travelling, drama, reality show, musik, film, hingga dokumenter. Bagi penggemar girls band nikmati kisah keseharian personil AKB48 dalam AKB48 Ne-Mousu TV.

berpartisipasi dalam WAKUWAKU JAPAN MONITORING?

)

460 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: