syaifuddin.com

Information

This article was written on 08 Des 2012, and is filled under Lifestyle.

Current post is tagged

, , ,

Liburan Cerdas di Era 2.0

13549405101186317784

Aplikasi GPS Navigation Waze

Siapapun tahu liburan adalah saat menyenangkan bersama orang terdekat, entah itu teman, pasangan, maupun keluarga. Bagi kami sekeluarga liburan adalah saatnya melupakan rutinitas sejenak. Anak-anak terbebas dari pe-er, ulangan, ataupun tugas di tempat les. Istri jeda dari pekerjaan di kampusnya. Sementara saya sengaja mematikan semua notifikasi email atau BBM agar perjalanan liburan tak terganggu urusan rutin.

Tapi satu yang tak mungkin saya tinggalkan meski sedang liburan adalah gadget. Bagi saya keberadaan smartphone ataupun tablet tetap penting. Terutama bagi mereka yang memilih jalan darat menggunakan kendaraan. Ini sudah saya buktikan saat liburan ke beberapa kota di Jawa, saat Lebaran lalu.

Menurut saya, aplikasi wajib yang harus ditanam di gadget kita saat liburan menggunakan jalan darat adalah jejaring sosial seperti twitter dan Waze. Keduanya menjadi andalan saya menemani perjalanan liburan. Twitter, tak ada yang mengalahkan dalam soal updating ruas jalan. Info kemacetan, jalan rusak, lampu jalan semua bisa didapat. Saya cukup terbantu saat terjebak kemacetan parah di tol Cikampek dan mesti menentukan sikap berbelok lewat jalur lain atau menunggu jalur Cikampek dibuka kembali.

Sementara Waze yang merupakan aplikasi free GPS Navigation jadi andalan untuk mencari arah jalan. Waze sudah saya nyalakan sejak start dari rumah. Info yang diberikan lumayan, karena Waze memberi info kepadatan lalin, arah jalan, letak pom bensin hingga siapa saja yang terhubung dengan kita, sesama pengguna Waze. Kita bisa bersahutan dengan pengguna Waze yang kebetulan melewati rute yang sama. Pendek kata, liburan jadi lebih menyenangkan berkat kemajuan teknologi. Tak perlu banyak kesasar saat mencari jalan, karena petunjuk arah yang diberikan aplikasi semacam Waze cukup akurat.

Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan saat perjalanan liburan menggunakan mobil adalah ketersediaan alat charger. Charger fungsinya sangat vital, terutama saat batteray gadget drop. Secanggih apapun gadget kita kalau batteraynya drop tak ada yang bisa kita lakukan dengannya. Selain mobile charger, sediakan pula power bank untuk mendukung optimalisasi kerja gadget. Power bank bisa menjadi back up saat kita turun dari mobil dan butuh mengisi batteray gadget.


1,141 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: