Teka-teki siapa yang menduduki jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat terjawab sudah. Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo dipastikan menjabat KSAD yang baru menggantikan Jenderal TNI George Toisutta yang pensiun. Meski istana kepresidenan sendiri belum mengumumkan secara resmi pengangkatan Pramono, namun naiknya Pramono dibenarkan sejumlah menteri. Adalah Mensekneg Sudi Silalahi yang menegaskan pengangkatan Pramono sebagai KSAD yang baru.

Sebenarnya siapapun yang mengisi posisi KSAD bagi saya biasa saja. Yang luar biasa adalah nama Pramono Edhie Wibowo yang tak lain adalah ipar presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ya, pramono adalah adik kandung ibu negara Ani Yudhoyono.

Salahkah seorang ipar menjabat di posisi strategis TNI AD? Sejauh ia memiliki kapabilitas menurut saya oke-oke saja. Konon pihak istana pun sudah melakukan penelusuran rekam jejak Pramono sebelum menyetujui namanya sebagai KSAD yang baru.

Baiklah jika memang istana punya niat baik sebelum meloloskan nama Pramono sebagai KSAD. Namun secara etika politik, persetujuan presiden terhadap Pramono mencederai politik bersih yang coba ia tegakkan sejak awal menjabat sebagai presiden tahun 2004 silam.

Mungkin SBY lupa perkoncoan bisa membuat politik jadi tak elok lagi. Seorang ipar pastinya secara pribadi pasti mendukung apa kata kakak ipar, termasuk jika si ipar tersandung masalah. Adakah ini sudah dipikirkan oleh SBY?

Jika memang Pramono adalah tentara cemerlang, akan lebih cemerlang jika ia tak memiliki jabatan tinggi. Biarlah kakak ipar menyelesaikan masa tugasnya dulu, publik akan lebih menghormati kecemerlangan karier militer Pramono di kemudian hari.

Sekali lagi jika Pramono Edhie Wibowo menjadi KSAD secara langsung publik ditunjukkan adanya KKN gaya baru dari kerabat SBY. Apa yang pernah dibantah oleh SBY bahwa tak akan ada keluarganya yang akan mencalonkan diri sebagai presiden di Pemilu 2014, tak akan ada artinya. RI-1 di Pemilu 2014 memang tidak (belum) namun pelan tapi pasti posisi penting di republik ini dikunci oleh para kerabatnya.

1,233 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini