syaifuddin.com

Information

This article was written on 19 Okt 2015, and is filled under otomotif.

Ini Dia Mobil Kebanggaan Indonesia dari Toyota

Tampilan Grand New Avanza di GIIAS 2015 (foto dokpri)

Tampilan Grand New Avanza di GIIAS 2015 (foto dokpri)

Toyota Grand New Avanza. Traveling ke Makasar awal September 2015 kemarin penuh kenangan. Untuk pertama kalinya saya memegang kemudi mobil Toyota Avanza yang disediakan tuan rumah. Wow, asyik nih mobilnya masih gres, baru 3 bulan dibeli, joknya pun masih berlapis plastik.

Kapan lagi bisa mencicipi mobil yang dikenal hampir semua masyarakat Indonesia sebagai kendaraan paling populer di negeri ini. Coba saja berkendara di jalan tol, salip satu mobil Toyota Avanza, maka di depan akan ada lagi Avanza-Avanza yang lain. Anekdot yang tepat untuk menggambarkan betapa populer dan memasyarakatnya Avanza.

Mengapa Avanza begitu populer ? Banyak faktor membuat mobil berjenis low MPV ini sebagai kendaraan kecintaan banyak orang. Selain tampilannya keren memesona, Avanza enak dikendarai. Tarikannya enteng dan larinya pun kenceng. Diajak ngebut di jalan tol dari Sudiang ke Makassar oke-oke aja. Beberapa kali saya ‘geber’ dalam kecepatan tinggi mobil ini tetap stabil.

Avanza juga tetap asyik saat dibawa menyusuri jalanan padat kota Makassar di siang hari. Begitu pula saat diajak berputar-putar ke sejumlah lokasi seperti pelabuhan hingga kawasan wisata Avanza tetap berada dalam performa terbaiknya.

Inilah enaknya naik Avanza, travelling jadi makin asyik.

Saat bersama Avanza di Makassar ingatan sayapun melayang pada Grand New Avanza yang pernah saya jumpai sebelumnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 beberapa waktu lalu. Pak Haji yang meminjamkan Avanza pada kami pasti juga kepincut dengan tampilan Grand New Avanza yang lebih ciamik dari pendahulunya.

Avanza yang selama ini dikenal sebagai kendaraan multiguna bagi keluarga, kini makin fungsional. Ada beberapa fitur tambahan yang menguatkan hal tersebut. Yang paling berbeda adalah desain kursi di baris dua dan tiga. Kini kursi bisa dilipat sesuai kebutuhan. Jika penumpang di belakang hanya seorang, sementara barang bawaan cukup banyak, maka kursi-kursi di baris dua dan tiga bisa dilipat. Otomatis barang bawaan yang bisa masuk ke dalam mobil jauh lebih banyak.

Begitu pula jika ingin menyandarkan dan melipat kursi kini juga makin mudah. Cukup dengan satu tuas yang mudah digeser maka kursi bisa dilipat sempurna. Ini adalah perbedaan terbesar Grand New Avanza yang paling terasa dalam hal fungsi kendaraan. Dengan fitur ini pengguna bisa menjadikan Grand New Avanza kendaraan dalam banyak kesempatan, mulai dari traveling, berbelanja, pindah rumah ataupun keperluan lain yang memerlukan ruang bagasi lebih lega.

Dengan Grand New Avanza aktivitas sehari-hari keluarga bakal lebih asyik. Tampilan keseluruhannya pun makin bergaya. Lampu depan dan belakang terlihat lebih artistik. Dashboard didesain lebih elegan. Desain kabin kini dibuat lebih nyaman dan lebih senyap. Ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman bagi semua.

Yang tak kalah penting, Grand New Avanza kini juga anti banjir. Engine hood-nya kini letaknya di atas, lebih tinggi dari versi sebelumnya. Jika mobil anda terjebak banjir tak perlu cemas bakalan mogok lantaran terendam air. Mesinnya aman dari jangkauan air banjir.

Bagaimana dengan fitur keamanan berkendaranya? Toyota memastikan untuk Grand New Avanza sudah dilengkapi fitur-fitur seperti seat belt (sabuk pengaman) bagi 7 penumpang. Ini yang membedakan dengan yang lama. Semua penumpang terlindungi secara maksimal, termasuk yang duduk di baris kedua di bagian tengah. Seringkali saat terjadi pengereman mendadak atau benturan mereka yang duduk di bagian ini menjadi korban paling parah sebab tak dilengkapi dengan pengaman memadai.

Mobil ini juga dilengkapi Side Impact Beam, fitur penahan benturan samping. Fitur ini akan bekerja maksimal melindungi penumpang saat terjadi benturan dari arah samping. Dengan adanya fitur ini maka penumpang di dalam kendaraan akan merasa aman dan nyaman saat berkendara.

Dengan semua keunggulannya, mobil dengan banyak fitur ini memang pantas jadi mobil kebanggaan Indonesia.

 

736 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: