Ruang Tunggu Lapang dan Mewah (foto dokpri)

Ruang Tunggu Lapang dan Mewah (foto dokpri)

Sabtu (28/5) saya dan beberapa teman dari berbagai komunitas fotografi dan blogger diajak hunting ke terminal 3 ultimate bandara Soekarno Hatta oleh Angkasa Pura 2. Kesempatan emas menjadi blogger pertama yang tahu seluk beluk bandara baru yang ‘konon’ bakal jadi paling cakepp di negeri ini.

Sejak dari rumah saya memiliki ekspektasi cukup tinggi terhadap pembangunan terminal ini. Paling tidak sudah 80 persen kelar, karena konon direncanakan bakal soft opening 15 Juni 2016 ini. Apalagi kali ini kami diajak melihat progress pembangunannya, pastilah sudah kelihatan ‘jadi’.

Sisi Lain Ruang Tunggu (foto dokpri)

Sisi Lain Ruang Tunggu (foto dokpri)

Rupanya di terminal 3 Ultimate ini masih berlangsung banyak pengerjaan di sana-sini. Saya melihat banyak pekerja hilir mudik, menylesaikan bagian pekerjaannya masing-masing. Ada yang berkutat menyelesaikan beberapa bagian di check in counter, ada pula yang memasang dinding pembatas di lantai dua. Kabel-kabel masih bersliweran di sana sini. Keriuhan terasa di lantai dasar. Saya melihat masih ada alat berat yang bekerja di bagian depan lantai dasar.

Yang sudah ‘kelihatan’ jadi adalah ruang tunggu dan check in counter di lantai dua. Ruang tunggu sedang dipercantik di sana sini. Yang membedakan dengan ruang tunggu di terminal 1, 2 maupun 3 adalah dalam luasnya. Raung tunggu di terminal Ultimate lebih lega, dilengkapi sofa berwarna-warni.

Sepertinya pihak Angkasa Pura 2 sengaja membuat ruang tunggu yang nyaman, cozy agar membuat calon penumpang betah berlama-lama sebelum terbang dengan pesawat.

 

Dilarang Melintas (foto dokpri)

Dilarang Melintas (foto dokpri)

Sementara itu kesibukan tak kalah serunya terjadi di area check in. Sejumlah pekerja masih terus melakukan pemasangan panel-panel di counter check in. Pemasangan sign board Garuda Indonesia di masing-masing counter sudah hampir selesai dilakukan. Untuk pembukaan perdana terminal  3 ultimate memang baru direncanakan hanya melibatkan maskapai Garuda Indonesia. Garuda akan melayani penerbangan domestik maupun internasional dari terminal ini.

Pekerja Ngebut Jelang Soft Opening (foto dokpri)

Pekerja Ngebut Jelang Soft Opening (foto dokpri)

Terminal 3 Ultimate ini nantinya akan menyatu dengan terminal 3 yang selama ini ada. Jika nanti terminal 3 ultimate resmi beroperasi, maka terminal 3 akan direnovasi dan disesuaikan dengan bentuk bangunan dan desain yang digunakan terminal 3 Ultimate. Dan jika proyek pembangunan dan perluasan terminal 3 ultimate bandara ini selesai hanya ada sebutan terminal 3 tanpa embel-embel ultimate lagi.

Ruang Check in nan Mewah (foto dokpri)

Ruang Check in nan Mewah (foto dokpri)

Terminal 3 Ultimate ini akan menjadi terminal terbesar yang ada di Bandara Soetta. Terminal ini memiliki panjang 2,4 kilometer dengan luas 43.000 m2. Dengan luas lebih dari 2 kali terminal 1 dan 2, pihak Angkasa Pura manargetkan terminal ini bisa melayani 25 juta orang pengguna dalam setahun.

Ruang Tunggu Lega dan Nyaman (foto dokpri)

Ruang Tunggu Lega dan Nyaman (foto dokpri)

Satu yang bakal membedakan keberadaan terminal 3 Ultimate dengan terminal lainnya di bandara Soetta adalah adanya akses transportasi yang terintegrasi dengan sejumlah moda. Nantinya bakal ada akses transportasi kereta api langsung dari Jakarta ke bandara. Jelas, selain memudahkan bagi para calon penumpang, keberadaan kereta api bandara bakal sedikit mengurai kemacetan yang biasa terjadi di jalan tol akses menuju bandara.

 

Jalur ke Garbarata (foto dokpri)

Jalur ke Garbarata (foto dokpri)

Pembukaan perdana (soft opening) yang bakal dilakukan 15 Juni mendatang adalah uji coba yang bakal melibatkan 1000 orang dalam simulasi penerbangan nyata dari terminal 3 Ultimate. Pihak Angkasa Pura 2 menargetkan bakal menggelar uji coba ini selama 15 hari.

Terminal 3 Ultimate hanya akan melayani penerbangan internasional. Namun khusus Garuda Indonesia bakal melayani penerbangan domestik maupun internasional.

Selamat Datang (foto dokpri)

Selamat Datang (foto dokpri)

 

3,931 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini