Network Drive Test Indosat (foto koleksi pribadi)

Network Drive Test Indosat (foto koleksi pribadi)

Lebaran Sebentar lagi…

Kata siapa sebentar lagi? Lebaran masih lama karena puasa saja baru mulai. Tapi bersiap menyambut datangnya Lebaran tak salah kok. Setidaknya seperti ditunjukkan oleh operator telekomunikasi terpercaya Indosat.

Hari Selasa (16/6) Indosat melakukan uji kesiapan jaringan dengan menggelar network drive test di jalur mudik Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah. Event ini bertujuan mengecek kesiapan jaringan seluler Indosat di sejumlah kawasan yang dilalui para pemudik.

Jalur yang dipilih adalah dari kota Tegal, Pemalang hingga Pekalongan. Dipilihnya jalur ini bukan  tanpa alasan yang berarti. Alasan utamanya adalah karena jalur Tegal – Pekalongan diprediksi bakal jadi jalur paling sibuk dan ramai dalam musim mudik Lebaran tahun ini.

Penyebabnya adalah beroperasinya jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali). Jalan tol ini konon (karena saya belum pernah nyoba) memangkas waktu tempuh perjalanan mudik lebih cepat dari sebelumnya. Karenanya ini bakal menjadi pusat kepadatan baru di jalur Pantura. Joko Riswadi, Division Head Netwok and Optimization Indosat mengatakan,  jalur Tegal-Pekalongan akan menjadi jalur dengan tingkat kepadatan kendaraan yang tinggi di hari raya nanti. Oleh karena itu pihaknya mengantisipasi dengan bersiap lebih dini.

“Ini adalah drive test dengan rute terpanjang yang pernah digelar Indosat. Kami menempuh rute dari Tegal, Pemalang hingga Pekalongan,” ujar Joko Riswadi, Division Head Network and Optimization Indosat.

Sebagai operator seluler ternama Indosat sudah memprediksi penumpukan orang di jalur ini akan berlangsung cukup signifikan selepas exit tol. Ini akan membutuhkan ketersediaan jaringan telekomunikasi yang handal dan memadai.

Joko Riswadi Jelaskan Performa Jaringan Indosat pasca modernisasi Jaringan (foto koleksi pribadi)

Joko Riswadi Jelaskan Performa Jaringan Indosat pasca modernisasi Jaringan (foto koleksi pribadi)

Ada beberapa spot yang biasa dikunjungi para pemudik dijadikan tempat pengecekan jaringan Indosat. Diantaranya SPBU Muri di pinggiran kota Tegal. Pom bensin ini dikenal sebagai tempat bertemunya para pemudik dari berbagai kota yang ingin beristirahat atau mengisi BBM. Arus keluar masuk orang yang cukup tinggi membuat Indosat menjadikannya sebagai lokasi pengamatan jarigan telekomunikasinya.

Selain SPBU Muri kehandalan jaringan Indosat juga dilihat saat rombongan melewati kawasan padat kendaraan di Pekalongan. Jalur ini saat musim mudik di jam tertentu kerap menjadi jalur ‘neraka’ karena kendaraan nyaris berhenti. Di jalur seperti ini pun ternyata kekuatan jaringan Indosat cukup oke. Untuk donlod maupun uplod berlangsung stabil. Bahkan saat digunakan menonton video dari Youtube tidak buffering sama sekali.

Panel monitor yang menampilkan data kekuatan jaringan real time Ifoto koleksi pribadi)

Panel monitor menampilkan data kekuatan jaringan secara real time (foto koleksi pribadi)

Hasil uji jaringan di kawasan Tegal hingga Pekalongan ini menunjukkan Indosat siap menemani para pemudik Ramadhan hingga Lebaran. Jaringan Indosat dipastikan ready to serve bagi ribuan pemudik yang melalui kawasan padat seperti Pantura. Secara teknis hasil drive test menunjukkan akses downlink Indosat mencapai kecepatan maksimum hingga 27,1 Megabyte per second (Mbps), dengan rata-rata 14 Mbps. Sedangkan akses uplink berada pada level stabil di angka 3,8 Mbps, dengan kecepatan rata-rata 4,7 Mbps.

Indosat Bagi-bagi Ketupat

Selama musim mudik tahun ini Indosat berbagi keriaan dengan meluncurkan paket Ketupat IM3. Paket layanan Ketupat ini memberikan keuntungan berlipat bagi semua pelanggan setianya. Ada 4 paket yang ditawarkan Ketupat IM3.

Ketupat IM3

Paket Santan adalah paket sms-an terus-terusan. Paket seharga Rp.500 ini memberi keuntungan 100 sms untuk sms ke sesama Indosat maupun operator lainnya.

Paket Telor alias telpon saat ramadhan. Dengan tarif cuma Rp.1500 bakal dapat keuntungan 120 menit nelpon ke sesama Indosat. Paket ini berlaku pada zona waktu 00.00 – 17.00 dan 17.00 – 24.00.

Paket Opor merupakan paket online pol ramadhan. Hanya dengan Rp.1250 bisa beroleh keuntungan paket data sebesar 10 MB.

Paket Komplit adalah kombinasi ke semua paket tadi, yakni sms, nelpon dan internetan.

Untuk memperoleh benefit tadi mudah kok.

Cukup tekan  *123*888# dan ikuti langkah selanjutnya sesuai pilihanmu.

2,355 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini