banner

Rasanya di Indonesia tak ada yang tak mengenal nama Taman Mini Indonesia Indah, minimal pernah mendengar namanya lah. Sebagai wahana rekreasi, Taman Mini memang tak ada duanya. Selama 38 tahun keberadaannya, Taman Mini membuktikan makin mengukuhkan kehadirannya sebagai museum terbesar di negeri ini.

Tak ada satupun tempat rekreasi yang mampu menandingi keberagaman koleksi Taman Mini. Disini selain anjungan semua propinsi di tanah air, kita juga bisa temukan keong Emas yang merupakan teater Imax pertama di Indonesia, danau archipelago yang berisi replika pulau-pulau di indonesia, hingga aneka museum yang tersebar di seantero taman mini.

Beruntung saya bisa kembali mengunjungi Taman Mini hari ini. Kalau dulu hanya untuk berekreasi bersama keluarga, kali ini datang untuk merasakan langsung koneksi internet Indosat super wifi. Seperti diketahui Taman Mini adalah salah satu fasilitas publik yang dijadikan spot super wifi oleh Indosat. Dan ini sejalan dengan mimpi Taman Mini ke depan yang akan mengembangkan diri sebagai cyber park terbesar di Indonesia.

Namun rupanya selain kekayaan budaya yang tersimpan di anjungan-anjungan propinsi, Taman mini sesungguhnya menyimpan pula kekayaan potensi usaha kecil menengah (UKM) yang merupakan kebanggaan negeri ini. Kerajinan rakyat hasil produksi perusahaan level UKM itu bisa dijumpai hampir di semua anjungan propinsi.

Kerajinan Yogyakarta

Beragam Kerajinan Yogyakarta/Foto:SS

Di anjungan Yogyakarta misalnya, saya menemukan aneka kerajinan yang bisa digunakan sebagai buah tangan seperti miniatur kendaraan dari kayu, sandal lucu, bingkai foto, wayang, hingga boneka ‘barbie’ jawa.

Selain yang saya sebutkan, Yogyakarta sebenarnya juga memiliki banyak kerajinan khas lainnya, meski tak semua bisa ditampilkan di anjungannya. Seperti kerajinan perak Kotagede atau keramik Kasongan yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Belum lagi kekayaan warisan kulinernya seperti Gudeg, bakpia, hingga oleh-oleh seperti kembang gula.

Kerajinan Jawa Timur

Aneka Kerajinan Jawa Timur/ Foto:SS

Sementara di anjungan Jawa Timur, sejumlah kabupaten juga memamerkan aneka kerajinan khas yang jadi andalan. Seperti tas dari Gresik, sepatu dari Jombang, kerajinan keramik dari Malang. Di sini juga ada batik-batik keren dari Madura. Corak batiknya tak kalah bagus dari batik Solo, Yogya maupun Pekalongan.

Kerajinan Jawa Tengah

Kerajinan-kerajinan Jawa Tengah/foto: SS

Sedangkan di anjungan Jawa Tengah, selain replika candi Prambanan dan Borobudur, saya juga menemukan aneka kerajinan seperti miniatur perkusi, tas yang terbuat dari eceng gondok, batik-batik menawan dari Solo, Batang maupun Pekalongan, serta kerajinan berbahan dasar kayu. Keren-keren dan pastinya punya pasar tersendiri.

Apa yang ditampilkan di semua anjungan tadi adalah kekayaan Budaya yang mestinya bisa dinikmati lebih banyak kalangan. Sayangnya dari hasil penelusuran singkat tadi, saya mendapati adanya persoalan pemasaran yang dihadapi para pengrajin. Mereka mengaku sulit memasarkan hasil karyanya jika hanya mengandalkan penjualan lewat display di anjungan taman mini.

Karena sebagai tempat rekreasi Taman Mini memiliki keterbatasan dalam persoalan tempat usaha serta interaksi optimal antar penjaja dengan calon pembeli. Pembeli hanya bisa melakukan transaksi di saat-saat tertentu saja. Ada “gab” waktu dan tempat yang tak bisa mereka elakkan.

Para pelaku UKM di bidang kerajinan mestinya bisa melakukan terobosan marketing dengan mengoptimalkan teknologi informasi. Mereka harus meninggalkan cara berjualan gaya lama yang hanya memajang produk di toko, konvergensi menjadi kunci. Perpaduan online dan offline adalah cara berjualan yang jitu. Sebab berjualan itu butuh taktik.

Selain menjual di toko fisik, sudah seharusnya kalangan pelaku UKM juga memasarkan produknya lebih massal melalui internet. Karena penjualan online bisa menjangkau pasar lebih luas dan tidak membutuhkan biaya promosi yang besar. Asal kreatif, mereka dapat meningkatkan penjualan dengan low budget demi mendapat hasil maksimal.

Portal E-commerce TokoOn.com

Portal E-commerce TokoOn.com

Disinilah letak pentingnya keberadaan portal e-commerce seperti tokoOn.com. Di tokoOn, merchant bisa melakukan transaksi setiap saat, 24 jam sehari. Bahkan display barang-barangnya pun bisa dibuat lebih menarik dan tidak membosankan.

TokoOn menawarkan cara berbelanja yang nyaman dan aman. Nyaman karena merchant yang berjualan memberikan informasi yang detil mengenai produk yang dijual kepada calon pembeli. Sistem pembayaran transaksi beragam yang dijamin keamanannya. Dan yang lebih penting TokoOn memberi jaminan proses pengiriman barang terpantau dari awal hingga sampai ke tangan pembeli.

Karena menggunakan internet, daya jelajah tokoOn pastinya melebihi toko yang ada di anjungan Taman Mini. Produk kerajinan di anjungan Taman Mini yang semula hanya bisa dinikmati pengunjung saja, nantinya dengan bantuan TokoOn bakal mendunia dengan cepatnya.

Go Global, menjangkau dunia pastinya bukan lagi impian. Karena TokoOn, sesuai mottonya adalah Toko Online yang memberi kenyamanan serta keamanan bertransaksi.

1,240 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini