syaifuddin.com

Information

This article was written on 14 Apr 2013, and is filled under Event.

Current post is tagged

, , , ,

Drive Test Super Wifi

poster
Berinternet dengan kecepatan super memang belum bisa dinikmati semua kalangan di negeri ini. Bagi mereka yang berduit, sejumlah penyedia jasa layanan internet tinggal dipilih. Kita bisa memilih mau secepat apa speednya. Browsing secepat lari sprint, mengunduh file atau video pun bisa dilakukan dalam hitungan detik.

Celakanya sebagian besar dari penikmat layanan internet itu datang dari mereka yang masih hitung-hitungan. Kalau ada yang free kenapa harus bayar…begitu yang sering saya dengar dari para pengguna internet. Layanan free wifi di sejumlah fasilitas publik belakangan jadi magnet baru penarik minat masyarakat. Sejumlah operator telekomunikasi pun sepertinya sadar akan hal itu. Termasuk yang dilakukan Indosat yang bekerja sama dengan sejumlah pengelola fasilitas publik dengan menyediakan layanan wifi super cepat.

Kamis (11 April 2013) lalu untuk pertama kalinya saya mengikuti even drive test yang digelar Indosat. Event ini sengaja difasilitasi Indosat bagi jurnalis dan blogger untuk merasakan langsung sensasi berinternet di sejumlah spot publik secara gratis. Buat saya ini menantang, karena dalam sejumlah iklannya, Indosat mengklaim kecepatan super wifinya sampai 20 mbps.

Alexander Rusli selaku Presiden Direktur Indosat saat membuka event ini mengatakan, jurnalis dan blogger sengaja diundang khusus merasakan sensasi super wifi Indosat bersama-sama. “Saya mengharapkan pengalaman ini bisa disebarluaskan ke masyarakat, dan agar masyarakat tahu di sejumlah area publik ada wifi berkecepatan tinggi yang bisa diakses.”

Event semacam ini sebenarnya menguntungkan bagi pengguna internet seperti saya, karena bisa mengetes sejauh mana kecepatan super wifi ini, apakah sesuai dengan iklannya di media? Untungnya lagi drive test tidak mensyaratkan harus menggunakan peralatan milik operator. Kita dibebaskan menggunakan perangkat gadget milik pribadi, apapun platformnya, berbasis android, Apple iOs, Black Berry atau Windows phone.

Drive test ini dilakukan di 4 spot di kawasan Jakarta, yakni mulai dari Kantor Pusat PT.Indosat, stasiun kereta api Gambir, 7 eleven Menteng, serta halte busway Sumantri Brojonegoro. Spot ini dipilih berdasarkan pertimbangan tingkat keramaian dan aktivitas warga, seperti sarana transportasi publik serta tempat nongkrong anak muda.

Pramugari Cyber Bus Menemani Perjalanan

Pramugari Cyber Bus Menemani Perjalanan

Yang unik dari event ini adalah digunakannya cyber bus untuk mengangkut rombongan besar jurnalis dan blogger. Bus sengaja dikonsep menyerupai pesawat dengan pilot dan pramugari cantik di dalamnya. Sayangnya meski dilabeli cyber bus, fasilitas wifi di dalam bus tidak tersedia. Mestinya penyelenggara memasang fasilitas ini terlebih dulu sebelum memberinya nama cyber bus.

Dari keempat spot drive test, saya menemukan perbedaan yang sangat signifikan terkait kecepatan internet yang saya akses. Dengan gadget sekelas Ipad 2 dan iOS tercanggih, ternyata kecepatan akses inetnya belum stabil. Hanya di kantor pusat Indosat saja saya mendapatkan akses yang begitu kencang. Untuk donlod bisa mencapai 34.41 mbps, upload 21.55 mbps. Wow!

Sementara di stasiun Gambir, dari 3 kali percobaan saya hanya mendapatkan kisaran 5.15 hingga 8.41 mbps untuk donlod. Sementara untuk upload di kisaran 1.00 hingga 4.69 mbps.

Suasana Drive test di Stasiun Gambir

Suasana Drive test di Stasiun Gambir

Yang parah saat berada di Seven Eleven Menteng. Entah mengapa Saya sempat mengalami kesulitan mendeteksi jaringan super wifi di tempat nongkrong anak muda ini. Saat berhasil mendeteksi jaringan super wifi, kecepatannya tak sesuai harapan. Di tempat ini pihak Indosat sempat memperagakan penggunaan video percakapan melalui Skype. Keren. Sayangnya saya tak sempat mencobanya karena waktu yang tak memungkinkan.

Srondol ngerayu pramugari

Srondol ngerayu pramugari

GM Marketing & Humas Seven Eleven Neneng Sri Mulyati mengatakan, jaringan convenience store 7-11 sangat terbantu dengan kerjasama ini, karena sebagian pengunjung gerainya adalah mereka yang membawa gadget. “Mereka kini jadi makin betah nongkrong di Sevel karena akses super wifi cukup kencang.”

Dari 121 outlet Sevel di Jakarta, saat ini sudah 90 cabang yang dipasang super wifi indosat. Nantinya semua cabang akan dipasangi alat ini untuk membantu pengunjung berselancar di dunia maya.

Di halte Busway Sumantri Kuningan

Di halte Busway Sumantri Kuningan

Spot ketiga yang kami kunjungi adalah halte busway Sumantri Brodjoneoro, Kuningan. Di halte yang letaknya persis di depan Pasar Festival ini, pihak Indosat memperagakan tv streaming siaran langsung dari Metro Tv. Kualitas gambarnya gak kalah dari tv di rumah, jernih dan yang paling penting tidak putus-putus.

Acara ini diakhiri dengan makan siang dan ramah tamah yang diikuti juga oleh Director & Chief Commercial Officer Indosat Erick Meijer.

Pebandingan Speed test di Indosat dan Gambir

Pebandingan Speed test di Indosat dan Gambir

Kesan saya, hasil drive test ini belum seperti harapan, butuh speed test berulang kali untuk menguji kecepatan super wifi. Bagi saya, dan juga bagi blogger yang kerap mengupload foto, video, ataupun tulisan, kecepatan upload jadi pertimbangan utama. Selama drive test berlangsung kecepatan upload masih jadi pe-er yang belum selesai.

Kedepannya saya berharap makin banyak spot publik yang dipasangi akses internet sejenis super wifi ini, karena sangat membantu sekali, terutama bagi para fakir bandwidth.

1,633 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: