syaifuddin.com

Information

This article was written on 12 Jun 2016, and is filled under Uncategorized.

Current post is tagged

, ,

Coworking Space, Sebuah Solusi Kreatif

Bukber NIC dengan Komunitas (foto @Nutrifood)

Bukber NIC dengan Komunitas (foto @Nutrifood)

Nutrifood Inspiring Center. Punya komunitas namun tak punya tempat kongkow memang jadi kesulitan yang dihadapi banyak komunitas. Minimnya ruang publik juga menjadi problem lain saat komunitas ingin berkegiatan. Untungnya belakangan ada solusi kreatif yang ditawarkan sejumlah pihak bernama co-working space.

Co-working space sendiri adalah tempat bekerja yang bisa disewa sesuai kebutuhan. Mulai dari per-jam, per-empat jam, per hari hingga per bulan. Keberadaan co-working space awalnya hanya menyasar start-up atau perusahaan kecil yang baru berjalan dan biasanya masuk dalam bidang digital atau industri kreatif.

Sudut di NIC yang keren (foto dokpri)

Sudut di NIC yang keren (foto dokpri)

Adanya Co-working space menjadi sebuah oase bagi start-up yang memiliki anggaran terbatas untuk menyewa sebuah tempat bekerja di lokasi strategis. Tahu sendirilah, harga sewa sebuah ruko atau kantor di Jakarta buat para pebisnis pemula nyaris tak masuk akal.

Konsep co-working space bisa jadi pilihan, karena harga yang bersahabat dan penyewa tak perlu pusing menginvest dana, menyiapkan peralatan dan sarana pendukung. Tinggal bawa body dan (tentunya) peralatan kerja seperti laptop maka kantor pun siap berjalan.

Lalu bagaimana dengan komunitas yang memiliki kepentingan berbeda dengan start up? Pengalaman saya mengelola komunitas, persoalan tempat kongkow juga kerap menyita energi. Kadang harus berburu ke sana kemari hanya untuk menyewa tempat bagi komunitas jika ada kegiatan. Tidak selamanya tempat yang disewa sesuai dengan kebutuhan. Ada yang membolehkan tempatnya dipakai namun ukurannya terlalu kecil atau kebesaran. Ada pula tempat yang keren namun harus berbagi dengan kegiatan lain.

Kelas Skenario yang Seru (foto @Agiljolie)

Kelas Skenario yang Seru (foto @Agiljolie)

Di tengah kegalauan akhirnya saya dan teman-teman di Kelas Blogger menemukan Nutrifood Inpsiring Center (NIC), co-working space yang berlokasi di Apartemen Menteng Square.  Untuk lokasi, NIC juaranya, karena berlokasi tak jauh dari perempatan Matraman, tak jauh dari jalan Proklamasi dan kawasan Menteng. Dan yang utama, mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti Busway.

Berbeda dengan co-working space yang banyak bertebaran di Jakarta dan diperuntukkan bagi start-up, NIC sepenuhnya free alias gratis. NIC memang dikonsep sebagai co-working space yang didedikasikan bagi kegiatan komunitas. Arninta dari NIC menyatakan, pihaknya sengaja membuka ruang NIC bagi komunitas karena sebelumnya banyak komunitas yang mendatangi pabrik Nutrifood untuk berkegiatan. Karena lokasinya yang dipinggir kota, akhirnya NIC dibuka dengan lokasi yang lebih mudah dijangkau.

NIC sendiri didesain sebagai ruang berkegiatan yang cozy, dengan penataan interior yang instragamable. Siapapun yang kemari untuk pertama kali pasti ‘gatal’ untuk berfoto di tiap sudut NIC. Suasananya memang bikin betah untuk kongkow dan berjejaring.

Sejauh ini sejak sekitar setahun NIC berdiri sudah mewadahi sekitar 50 komunitas yang berkegiatan di sini. Umumnya komunitas yang berkegiatan di sini berasal dari latar belakang komunitas kesehatan, pendidikan, hingga seni budaya. Mereka yang menggunakan NIC memang disaring ketat dan harus sesuai misi NIC yang menyuarakan soal gizi dan gaya hidup sehat. Oiya, di sini NIC juga menyediakan free drink dan cemilan sehat yang bebas diakses semua peserta yang hadir.

Bagi komunitas yang ingin membawa makanan, NIC mewanti-wanti agar memperhatikan faktor kesehatan, misalnya tidak membawa makanan yang digoreng. Justru ini serunya karena jika ingin ‘potluck’ di NIC, mesti pintar merencanakan makanan apa yang cocok dengan konsep NIC.

Terima kasih NIC yang sudah membolehkan tempatnya digunakan teman-teman blogger. Kelas Blogger sendiri sejauh ini sudah 3 kali menggelar event pelatihan di NIC.

Informasi tentang NIC, cek di http://blog.nutrifood.co.id

 

1,366 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

12 Comments

  1. Cumilebay
    13 Juli, 2016

    Aku mau ikutan kelas blogger nya dong, biar makin pinter ngak gini2 mulu ihik ihik

  2. Chocky Sihombing
    4 Juli, 2016

    Eh, lucu juga ya konsepnya mas.. ini kalau perorangan atau cuma team kecil boleh gak ya? misal cuma ber 2 atau ber 3 gitu?

  3. Mbak Avy
    16 Juni, 2016

    keren tempatnya…. seneng jg ngumpul dg sahabat di tempat spt ini
    jadi makin rame dan hangat

  4. Okti Li
    15 Juni, 2016

    Sedih kalau lihat foto acara acara di ibu kota
    semua blogger pada kumpul
    lah saya kapan ya bisa ikutan senang-senang gitu? Hikz!

    Nemu blogger ssama orang Cianjur aja susahnya minta ampun! Kapan ya bisa kaya blogger kota yang pada hanging out gitu 🙂

    • syaifuddin sayuti
      15 Juni, 2016

      coba mindsetnya yg diubah teh. Giring agar orang Jakarta datang ke Cianjur dan ‘meramaikan’ Cianjur di blognya masing-masing

  5. Chandra Iman
    15 Juni, 2016

    wuih kudu nyobain datang kesana nih 🙂 thanks sharingnya bang 🙂

    • syaifuddin sayuti
      15 Juni, 2016

      tempatnya kecil. cuma muat 20-30 an orang lesehan, tp lumayan jadi solusi buat komunitas yang ingin berjejaring

  6. Liswanti
    13 Juni, 2016

    Paling suka kalau udah ada kegiatan di NIC, tempatnya nyaman sekali.

    • syaifuddin sayuti
      15 Juni, 2016

      bener ceu, temen-temen yang baru sekali ke situ semuanya juga bilang gitu

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: