syaifuddin.com

Information

This article was written on 04 Jun 2017, and is filled under layanan publik.

Current post is tagged

, ,

Cara Mudah Tambah Daya Listrik PLN

Menambah daya listrik melalui PT.PLN ternyata mudah. Mengurus perubahan daya listrik rumah dari semula 1300 Volt menjadi 2200 Volt ternyata tidak seribet yang dibayangakan banyak orang.
Sejak kami beli di tahun 2017, rumah kami memang masih menggunakan daya listrik yang disediakan pengembang. Padahal sejak awal setelah dihitung konsumsi listrik rumah tangga kami mengalami peningkatan daripada di rumah sebelumnya.
Anak-anak yang beranjak besar membuat kebutuhan akan tenaga listrik yang lebih besar pula. Awalnya kami hanya membutuhkan aliran listrik untuk hal-hal primer seperti lampu penerangan, pompa air, setrika dan kulkas saja. Namun seiring bertumbuhnya kebutuhan, penggunaan peralatan listrik di rumah kami meningkat.
Nah, pekan silam saya mengurus perubahan daya listrik tersebut dengan cara yang amat mudah. Cukup mendaftarkan permohonan perubahan daya melalui situs resmi PT.PLN semua dijamin beres.
Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengurus perubahan daya listrik untuk perumahan.
2. Pilih Fitur pelanggan di bagian atas situs.
3. Klik Perubahan Daya, kemudian akan muncul Ketentuan umum perubahan daya listrik PLN. Baca dan cermati baik-baik tiap poin yang tertulis. Setelah itu klik Setuju di bagian bawahnya.
4. Akan muncul laman formulir yang harus diisi. Form ini terdiri dari data pelanggan, daya listrik yang sekarang, kebutuhan listrik rumah tangga, lembaga atau industri.
5. Setelah kelar mengisi form, akan ada daftar biaya sesuai permohonan.
6. Biaya penambahan daya mesti ditransfer melalui ATM dan belum bisa menggunakan layanan online banking.
7. Setelah membayar nantinya kita harus kembali membuka situs PLN dan mengkonfirmasi pembayaran. Hingga titik ini berarti pelanggan tinggal menunggu kapan petugas datang. Dalam form ditegaskan bahwa petugas akan datang dalam kurun waktu paling lama 5 hari sejak permohonan diajukan. Saya sendiri malah lebih cepat dari itu. Hanya 3 hari berselang sejak permohonan petugas pun datang.
Pemasangan alat meteran baru dan penambahan daya akan berlangsung sekitar 1 jam saja. Karena saya sebelumnya menggunakan listrik pasca bayar, maka saat mengajukan permohonan ditawarkan untuk menggantinya menjadi listrik pintar, yang sistemnya isi ulang (pra bayar).
Oh ya, saat proses permohonan hingga pembayaran petugas customer care PLN Pusat selalu mewanti-wanti agar pelanggan tidak memberikan biaya tambahan atau tips kepada petugas lapangan. Pesan ini untuk mengingatkan pelanggan dan juga petugas agar tidak terjadi gratifikasi yang bisa mengarah pada tindak korupsi.
Dan itu bukan basa-basi saja. Karena saya tidak dimintai sepeserpun uang atau biaya ini itu selama proses penambahan daya.
Wah ternyata PLN sudah berubah banget. Sebuah transparansi yang harus didukung semua pihak.
*Tulisan ini sebelumnya sudah saya posting di Kumparan.


1,280 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

2 Comments

  1. Kornelius ginting
    19 Juni, 2017

    Hmmmm semakin mudah aja…ngga perlu repot datang ke kantor.. ngga perlu antri hanya perlu buka komputer yg terhubung dengan internet dan bayar biaya via transfer tunggu 3 hari … jadi dexh dayanya naik. Tapi pa udin itu kan berubah meterannya pake yg pra bayar…kalau tetap di pasca bayar bisa ngga?

    • syaifuddin sayuti
      20 Juni, 2017

      mungkin bisa. tapi saat mengisi form mereka mengarahkan kita untuk berubah jadi prabayar.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: