Candi Borobudur (foto TriapAdvisor)

Candi Borobudur (foto TriapAdvisor)

Trip Advisory, situs wisata terbesar di dunia menobatkan Candi Borobudur dari Indonesia sebagai salah satu dari 25 landmarks Asia. Masuknya candi Borobudur ke dalam list ini tak mengagetkan. Sebab sebelumnya Borobudur sudah mengantongi gelar sebagai situs warisan dunia dari UNESCO. Jadi penghargaan ini makin mengukuhkan posisi Borobudur sebagai mahakarya leluhur negeri ini yang diakui dunia.
Selain Borobudur, ada sejumlah destinasi wisata yang memang sudah kondang masuk dalam daftar Landmarks Asia. Uniknya sebagian besar yang masuk dalam daftar ini berjenis candi/ kuil. Bisa jadi hal itu dikarenakan bangunan candi/ kuil bagi sebagain warga dunia yang disurvey Trip Advisory sepakat melihat bangunan-bangunan tersebut sebagai keunikan yang memiliki nilai budaya tinggi.
angkor-wat
Angkor Wat, Kamboja (foto: tripAdvisor)
Saya pilihkan 3 landmarks diantaranya di sini. Di posisi teratas ada Angkor Wat dari Kamboja. Kuil Hindu ini pantas saja masuk dalam urutan teratas karena sangat populer. Kuil ini dibangun selama hampir 30 tahun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12.
Taj Mahal, India (foto: TripAdvisor)

Taj Mahal, India (foto: TripAdvisor)

Di posisi berikutnya ada Taj Mahal, yang terletak di Agra, India. Taj Mahal adalah mouseleum yang dibangun atas inisiatif Shah Jahan untuk istrinya yang berasal dari Persia, Mumtaz Mahal. Bangunan yang dibangun selama 22 tahun ini disebut sebagai bukti cinta suami pada istri yang luar biasa.
Tembok besar, China (foto TripAdvisor)

Tembok besar, China (foto TripAdvisor)

Great Wall atau tembok besar di Beijing, China masuk juga ke dalam list top 25 landmarks Asia. Untuk alasan apapun tembok raksasa China adalah keajaiban dunia yang membuat para penikmatnya berdecak kagum. Mungkin ini satu-satunya bangunan di dunia yang konon terlihat dari bulan #lebay. Dibangun masa dinasti Qin (sekitar 722 SM), tembok ini dibangun guna menangkal serangan tentara musuh. Panjang tembok ini mencapai 8.851 km.

Pagoda Shwedagon, Myanmar (foto TripAdvisor)

Pagoda Shwedagon, Myanmar (foto TripAdvisor)

Pagoda Shwedagon terletak di Yangon, Myanmar. Biasa disebut pula sebagai Pagoda Emas. Tinggi bangunan mencapai 98 meter dengan dilapisi emas. Bentuknya yang menjulang mendominasi panorama kota Yangoon. Stupa ini dianggap sebagai bangunan suci bagi umat Budha di Myanmar.


2,004 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini