syaifuddin.com

Information

This article was written on 28 Feb 2016, and is filled under Traveling.

Current post is tagged

, , ,

Bersepeda Melihat Pesona Pangkalpinang

Walikota Pangkal Pinang Bersepeda Bersama Blogger (foto dokpri)

Walikota Pangkal Pinang Bersepeda Bersama Blogger (foto Dudi Iskandar)

Hari masih gelap saat rombongan Kelas Blogger dari ibukota Jakarta tiba di rumah dinas Walikota Pangkalpinang, di Jalan Sudirman Pangkalpinang. Rumah walikota sudah mulai ramai dengan kehadiran sejumlah orang yang hendak bersepeda bersama. M.Irwansyah sang Walikota langsung kemudian menyalami satu persatu para blogger yang hadir.

Hari Minggu itu Irwansyah mengundang 18 blogger dari Jakarta dan Bandung yang tergabung dalam Kelas Blogger untuk ikut berkegiatan bersama dengan bersepeda. Kegiatan bersepeda yang dilakukan sejak menjabat sebagai walikota ini bertajuk Asmara (Aspirasi Masyarakat). Diberi nama demikian karena kegiatan ini biasa digunakan Irwansyah untuk menyerap aspirasi, melihat dari dekat persoalan warganya secara langsung.

Biasanya ia dan beberapa pejabat pemkot Pangkalpinang menyusuri jalanan kota dan masuk ke kampung-kampung untuk berbincang dengan masyarakat. Tanpa jarak, kegiatan ini dilakukannya bukan untuk pencitraan dirinya. Namun ia melakukannya untuk merasakan denyut persoalan warganya langsung dari tangan pertama, tanpa ada perantara siapapun. Biasanya, rute yang diambil dalam gowes Asmara ini adalah kampung-kampung yang diambil secara acak, bergantian satu kampung dengan lainnya.

Sebagian Peserta Gowes Asmara (foto dokpri)

Sebagian Peserta Gowes Asmara (foto dokpri)

Namun khusus Minggu (28/2) lalu rute yang disediakan bagi peserta gowes sedikit berbeda karena ini adalah rute wisata.

Sekitar pukul 06.30 kami pun bergerak dari rumah dinas walikota. Sepeda melaju beriringan membelah pagi yang masih relatif sepi.  Sesekali kami berpapasan dengan rombongan pesepeda lainnya. Di beberapa titik terlihat geliat warga Pangkalpinang memulai hari, ada yang berolahraga di halaman rumah, bersenam di lapangan terbuka atau mulai berjualan sarapan di pinggir jalan.

Sepanjang perjalanan Bang Wawan berbaur dengan para blogger, saling sapa, bercanda, dan berfoto bersama. Sepanjang perjalanan pula saya bisa melihat kota Pangkal Pinang dari sisi berbeda. Jalanan yang mulus, denyut ekonomi yang baru bergerak, serta sejumlah destinasi wisata andalan kota yang menjadi ibukota provinsi Bangka Belitung.

Ada banyak spot wisata menarik yang kami lewati. Diantaranya kawasan Tanjung Bunga yang dijadikan destinasi wisata religi bagi 5 agama, yakni Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Khong Hu Cu. Di lokasi ini nantinya akan ada bangunan tempat ibadah bagi umat 5 agama di Tanah Air. Yang sempat saya lihat adalah komplek bangunan Pura  Penataran Agung yang merupakan tempat ibadah umat beragama Hindu. Bentuk bangunannya cantik, seperti bangunan indah di pulau Bali. Keelokan arsitektur khas Bali itu masih ditambah view menawan dari tepi pantai Pasir Padi.

Blogger Promosikan Wisata Pangkalpinang

Rombongan gowes Asmara berhenti untuk istirahat sejenak di pantai Pasir Padi. Sengaja tempat istirahatnya di sebuah rumah makan di tepi pantai karena sekalian sarapan bersama. Sejumlah menu khas Pangkalpinang dan Bangka menjadi sajian makan pagi kami. Tanpa komando kamipun langsung menyerbu makanan yang sudah disediakan.

Welfie Bareng Walikota Irwansyah (foto Dudi Iskandar)

Welfie Bareng Walikota Irwansyah (foto Dudi Iskandar)

Sambil sarapan, para blogger menggunakan kesempatan langka ini untuk berbincang akrab dengan Walikota M.Irwansyah. Banyak yang diceritakan Irwansyah mengenai Pangkalpinang yang dipimpinnya. Diantaranya adalah mimpinya menjadikan Pangkalpinang sebagai kota tujuan wisata bertaraf internasional.

Upaya menjadikan Pangkalpinang sebagai tujuan wisata bagi masyarakat internasional sudah pelan-pelan ia dan jajarannya lakukan. “Selama ini kami sudah menggelar sejumlah event bertaraf internasional yang mengundang banyak wisatawan mancanegara. Diantaranya kegiatan festival Ceng Beng yang berhasil menyedot kunjungan wisatawan dari berbagai negara di dunia,” ujar Irwansyah yang juga politisi muda PDIP ini.

Pose Bareng Walikota Setelah Gowes (foto dokpri)

Pose Bareng Walikota Setelah Gowes (foto dokpri)

Ditambahkan Irwansyah, pihaknya juga akan menyelenggarakan Grand Prix Motocross di Pangkalpinang. Ia berharap dengan penyelenggaraan event berskala internasional itu membuat nama Pangkalpinang makin dikenal di dunia.

Terkait kehadiran sejumlah blogger dari Kelas Blogger ke Pangkalpinang, menurut Irwansyah ini dilakukan untuk mempromosikan potensi wisata kota yang dipimpinnya. “Saya berharap para blogger membantu mempromosikan Pangkalpinang dengan cara menulis, memotret dan menyebarkan ke seluruh penjuru dunia melalui internet,” imbuhnya.

 

1,695 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

5 Comments

  1. Abah Raka
    29 Maret, 2016

    Bersih ya jalanannya…

  2. Mariana
    3 Maret, 2016

    rute nya gak pemula friendly 🙁
    ada yang langsung refleksi tuh habis sepedaan

  3. Kang Arul
    3 Maret, 2016

    untung gue kuat sepedaan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: