Booth Nissan di GIIAS 2019 (foto dokpri)

Perkenalan saya dengan mobil Nissan Livina adalah saat wisuda beberapa tahun silam. Karena mobil saya sedang masuk bengkel akhirnya dipinjami mobil Nissan Grand Livina milik kakak ipar. Wah, jarang-jarang saya nyetir mobil milik orang lain kalau tak benar-benar darurat atau terpaksa.

Meski agak kagok di awal, ternyata saya langsung menikmati mobil ini. Secara umum mobil ini mudah dikendarai siapapun. Ruang kabin pengemudi maupun penumpang cukup lapang, sehingga memberi ruang gerak yang memadai saat di perjalanan. Interiornya pun bikin betah, lega, luxury dan pastinya membuat nyaman. Sungguh sebuah mobil idaman.

Dan pekan lalu ketika sempat mampir ke GIIAS 2019 di ICE BSD City menyambangi booth Nissan, saya tak sia-siakan kesempatan berkenalan dengan penerus Grand Livina yaitu All New Nissan Livina. Ini adalah varian terbaru dari Nissan Livina yang diluncurkan Februari 2019 silam.

Perbedaan terbesar All New Livina dengan generasi sebelumnya ada pada pilihan mobilnya, Kalau konsep lama ada dua varian besar, Grand Livina dan Livina. Sementara yang kekinian melebur jadi satu, All New Livina. Sebuah cara cerdas agar nama brand makin kuat.

Stylish dan Elegant

Kesan pertama melihat tampilan All New Livina adalah desainnya yang kekinian dengan lekuk bodi khas Nissan. Ada kesan modern dan futuristik. Dengan warna orange yang terlihat menyala, siapapun pasti dibuat terpikat.

All New Nissan Livina (foto dokpri)

Tampilan bodi dan desain All New Nissan Livina memang terlihat berubah total, setidaknya dari pendahulunya. Sekilas seperti tampilan ‘sodaranya’ yang masih satu aliansi yakni Mitsubishi Expander. Head of Communication Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani tidak menampik adanya pandangan yang menilai All New Livina berpenampilan layaknya sang sodara.

“Karena merupakan mitra aliansi, kami bekerja sama dalam mengembangkan desain. Kendati demikian, desain khas Nissan tetap muncul. Setidaknya terlihat dari grill depan berkonsep V-motion,’ tambah Hana Maharani.

Yes, saya sepakat. Bentuk grille depan “V motion” membuat tampilan All New Nissan Livina lebih stylish, elegan, dan premium. Ditambah dengan dual led signature yang menjadikan tongkrongan mobil ini jadi lebih garang, kesannya maskulin banget. Kendati tergolong kendaraan keluarga, secara tampilan tetap kece.

Oh ya, ada 5 warna body yang bisa jadi pilihan, yakni ruby red, sunset orange, black kninght, timeless grey, silver tech, dan white pearl. Pilihan warna yang keren-keren.

Interior Nyaman

Dengan segala kelebihan desainnya, bagaimana dengan sisi kenyamanan All New Nissan Livina? Yang paling terasa adalah kabin bagi pengemudi dan penumpang yang kini jauh lebih nyaman. Ruang kaki pengemudi terasa lebih lapang, sehingga memudahkan pergerakan kaki pengemudi saat berada di kemacetan ataupun saat mengendara.

Begitupun dengan kabin penumpang. Hingga seat ketiga kesan lapang sangat terasa. Buat ukuran orang Indonesia, ruang kaki penumpangnya kendaraan 7 seater ini cukup nyaman. Apalagi dengan jarak kepala dengan bagian atap yang cukup membuat penumpang bebas bergerak.

Selain itu adanya koneksitas dengan smartphone menggunakan touchscreen display 7 inch, membuat perjalanan tak membosankan. Persoalan hiburan dan navigasi dapat terpecahkan sekaligus.

Yang juga bikin nyaman di area kabin adalah adanya ruang penyimpanan barang (storage) yang lebih banyak. Tak hanya di tempat konvensional seperti punggung kursi, storage juga tersedia di bawah kursi serta di bagian bawah bagasi. Bahkan ada area penyimpanan sepatu di seat organizer dan rear organizer.

Namun yang paling mengasyikkan adalah adanya port USB charging di semua row. Ini pastinya membuat perjalanan menjadi menyenangkan dan memudahkan. Dengan fitur ini tak perlu lagi harus ngecas di row terdepan, karena fitur ini ada di tiap deret kursi.

Fitur Keamanan Makin Banyak

All New Nissa Livina juga menambahkan sejumlah fitur keamanan yang paling canggih untuk mobil di kelasnya. Mulai dari Hill Start Assist yang membuat posisi mobil ready setelah berhenti di tanjakan. Ada pula fitur Vehicle Dynamic Control yang membuat mobil tetap stabil saat bermanuver sehingga tak mudah tergelincir.

Sementara itu fitur Traction Control System bakal mencegah ban mengalami selip saat berakselerasi di tikungan. Otomatis dengan fitur ini perjalanan akan tetap aman dan nyaman.

Fitur keamanan lainnya adalah penggunaan i-key atau intelligent key system atau sistem kunci pintar. Ini bakal memudahkan saat masuk serta menjalankan atau mematikan kendaraan. Namun dengan catatan, i-key akan berfungsi selama i-key ada di saku pakaian. Jadi tak perlu repot mengeluarkan atau memasukkan kunci terlebih dulu.

Bagaimana dengan harganya? Dengan seabrek fitur dan keunggulan, All New Livina dilepas ke pasaran dengan harga yang kompetitif. Ada 5 macam harga yang ditawarkan dan disesuaikan dengan 5 varian yang menggunakan transmisi manual dan matic. Untuk Varian 1.5 E M/T harganya Rp.198 jutaan. Sementara untuk type tertinggi harganya Rp.261 jutaan.

Dengan segala fitur dan kecanggihan mobil ini, perjalanan dengan All New Nissan Livina pastinya bakal memberikan banyak cerita bagi penggunanya. Seperti yang dialami presenter olahraga Donna Agnesia saat sharing mengenai pengalamannya ber-Livina. “Karena tiap perjalanan pasti memiliki cerita, begitu pula dengan Livina. Saya mempunyai banyak kisah selama perjalanan dengan Livina,” ujar Donna Agnesia.

Menurut Donna, Livina bisa digunakan untuk berbagai kesempatan, entah itu di dalam kota ataupun dipakai road trip ke luar kota bareng keluarga. Selama ini Livina dapat diandalkan dan menjadi teman perjalanan yang menyenangkan.

So, apa cerita Livina mu?