Serangan Fajar

Di era 80-an Indonesia pernah punya film layar lebar berjudul Serangan fajar. Film epik sejarah itu bertutur tentang perang dan kepahlawanan. Belakangan tagline serangan fajar digunakan sebagai penyebutan upaya mempengaruhi pilihan dalam pemiluKetika SBY Jualan Mie Instan. Read more ... ».

Namanya juga serangan fajar, biasanya ini dilakukan pagi hari, ketika matahari belum tinggi. Para pelaku biasanya membagi-bagikan uangPantas Saja Mereka Kaya. Read more ... », sembako, selebaran atau apapun namanya agar warga yang ‘diserang’ mau digiring untuk memilih calon legislatif tertentu.

Kemarin di Pontianak aksi ini terbongkar. Seorang calegBesarnya Dana Menjadi Caleg. Read more ... » dari Partai Damai Sejahtera, Herry S.Pd melakukan serangan fajar ke warga setempat dengan membagikan brosur dan kartu berisi nama, nomer pilihan dan foto diri.

Dua orang operator lapangan pelaku serangan fajar dipergoki warga dan panwaslu setempat. Sang caleg dengan polos dan naifnya bilang tak tahu kalau cara seperti itu dilarang dalam pemilu. What? Caleg lagi-lagi ngaku nggak tau aturan main pemilu?

Saya tak tahu apa yang kemudian dilakukan oleh Panwaslu setempat dengan temuan tersebut. Harusnya si caleg kena semprit.

Persoalan yang nyaris sama kemarin menimpa ibu saya. Seorang tetangga memberikan kartu nama bergambar caleg Partai Bulan Bintang, Hj RA Kusumawati Yudhaningrum. Dia caleg nomor 6 Dapil DKI JakartaDuh Jakarta!. Read more ... » 3.

Ibu saya jelas tak mengenal sang caleg karena tak tinggal di lingkungan setempat. Dan reaksi ibu saya hanya senyum-senyum saja, karena tahun ini ibu akan absen dalam pemilu. Bukan karena golput melainkan karena namanya tak ada dalam DPT!

Ini cara-cara berpolitik usang. Memanfaatkan masa tenang untuk berkampanye. Kalau dulu dilakukan saat fajar, kini dilakukan terang-terangan. Nggak malu-malu lagi.

Kerap kali caleg kalau ketahuan berlindung dibalik ketidak tahuan aturan. Pernyataan macam ini cukup aneh, karena harusnya mereka tahu mau masuk gelanggang pertarungan, jadi minimal ‘baca aturan pakainya’ dong!

Dua kasus ini jelas pelanggaran dalam pemilu. Apa tindakan panwaslu selanjutnya? Ini yang menarik. Mari kita tunggu!

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

No comments

  1. kampanye damai pemilu indonesia 2009…

    Melalui blog ini, saya ikut mengajak para blogger indonesia untuk menyerukan aksi Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose