Mengelola dana zakat umat adalah mengelola amanah. Karena masyarakat menitipkan sebagian hartanya untuk kemudian disalurkan kepada mereka yang berhak atau para mustahik.

Dan ini bukan perkara mudah. Masyarakat muslim harus terus menerus diedukasi agar kesadarannya dalam berzakat terus meningkat. Ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi lembaga amil yang mengelola zakat, infaq dan shodaqoh dari masyarakat.

Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu lembaga amil zakat, infaq dan shodaqoh tingkat nasional yang terpercaya. Didirikan sejak tahun 2001 yang awalnya hanya menampung dana zakat dari karyawan muslim Bank BRI se-Indonesia.

Di sela Tasyakuran Milad ke-19 YBM BRI, Sepyan Uhyendi selaku Ketua Dewan Pengurus YBM BRI mengatakan, tahun ini YBM BRI makin kokoh memantapkan posisinya sebagai lembaga amil zakat nasional dan masuk ke dalam 5 besar lembaga pengelola zakat terbaik dan terpercaya di tanah air.

Selama tahun 2019, YBM BRI berhasil mengumpulkan dana masyarakat sebesar Rp. 130,2 Milyar dengan penyaluran dana hingga Rp.128,8 Milyar. Artinya penyaluran zakat kepada pihak yang berhak mencapai 98,89 persen atau menjangkau 658.777 jiwa.

Sementara itu Prof. Muhammad Amin Suma selaku Ketua Dewan Pembina Syariah YBM BRI, meminta jajaran pengurus YBM BRI tetap mempertahankan program lama yang masih baik dan membuat terobosan program-program baru. Prof.Amin berharap YBM BRI harus memiliki spirit hijrah dalam menjalankan perannya. Ia tak lagi bisa hanya menunggu dana masyarakat datang, namun juga harus menjemput dana nasabah di manapun berada.

Sejauh ini dana zakat yang dikelola oleh YBM BRI disalurkan kepada mustahik yang berhak melalui 3 pilar kegiatan, yakni di bidang pendidikan, ekonomi dan sosial. Di bidang pendidikan, zakat digulirkan dalam bentuk pemberian dana beasiswa pendidikan dengan nama Bright scholarship, Smart Scholarship, dan My Scholarship.

Sementara di bidang ekonomi, dana zakat disalurkan melalui program Peningkatan Ketrampilan Usaha Rakyat (PKUR), Bantuan Modal Usaha Purnabhakti (BMUP). dan Bantuan Usaha Pekerja Dasar (BUPD).

Sedangkan di bidang sosial, dana zakat diberikan melalui program Bangkit Marbot Indonesia, Tanggap Bencana, Bantuan Hidup Purnabhakti, Ramadan BRIman, dan juga HUT BRI. Di usia yang semakin matang, YBM BRI akan lebih membuka diri dengan aktif menjemput dana masyarakat. Tidak hanya dari internal Bank BRI yang tersebar di seluruh Indonesia namun juga masyarakat muslim secara keseluruhan.

Di dalam penyaluran zakat pun YBM BRI akan meningkatkan perannya dengan mengajak beragam mitra sebagai penyalur zakat. Selamat milad ke-19 YBM BRI, semoga makin terdepan dan jadi pilihan umat untuk menitipkan dana zakat, infaq, dan sodaqoh.

By syaifuddin sayuti

Ex jurnalistik tv yang gemar makan dan travelling. social media addict, ex Kepsek Kelas Blogger, admin BRID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *