Para Pemenang Berfoto Bersama (foto dok SML)

Sepuluh orang siswa dan siswi Sekolah Dasar berhasil meraih beasiswa pelatihan bulutangkis Sinar Mas Land (SML) Mencari Juara 2019. Ke 10 orang tersebut tampil sebagai pemenang dalam audisi yang diikuti 1.300 siswa dan siswi di kawasan BSD City.  

Audisi final beasiswa bulutangkis berlangsung di Daihatsu Candra Wijaya International Badminton Center – DCWIBC (16/11). Acara ini dihadiri oleh Ahmad Arsani (Plt. Asisten Deputi Olahraga Prestasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia) dan Benyamin Davnie (Wakil Walikota Tangerang Selatan).

Pembagian hadiah bagi pemenang (foto dok SML)

SML Mencari Juara 2019 dikhususkan bagi anak-anak SD usia 8 hingga 11 tahun yang berasal dari kawasan BSD City dan sekitarnya. Program tersebut merupakan ajang pencarian bakat bulutangkis dan berlangsung pada 16 Oktober 2019 hingga 16 November 2019.

Adapun ke-10 penerima beasiswa diantaranya Muhammad Rizky Fahreza (SDN Setu), Richard Fraderic Ghani (SDN Jelupang 02), Kenan Athaya Celio (SDN Rawa Buntu 01), Maudina Nur Wellyandari (SDN Cicalengka), Rafa Herdian Sanjaya (SDN Lengkong Gudang), Muhammad Raffa A Nugroho (SDN Batan Indah), Fernando Rodriguez Sitanajah (SDN Cilenggang 02, Wildan Nurazzis – SDIT Annajah, Almer Haidar Santosa (SDN Lengkong Wetan 02) dan Muhammad Al Nur (SDN Rawa Buntu 03).

Para pemenang mendapatkan hadiah berupa pelatihan bulutangkis selama satu tahun di DCWIBC serta dibimbing oleh mantan juara Olimpiade Candra Wijaya dan tim pemandu bakat bulutangkis. Kesepuluh penerima beasiswa juga diberikan uang saku selama proses pelatihan berlangsung.

Peraih medali emas Bulutangkis ganda putra Olimpiade Sydney, Candra Wijaya meminta para penerima beasiswa untuk tak lekas puas karena proses menjadi pemain bulutangkis sesungguhnya masih amat panjang. “Para peserta yang telah lolos, jangan terlena karena perjuangan masih panjang untuk menjadi atlet berprestasi kebanggaan Indonesia. Saya mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land karena memiliki cita-cita yang sejalan melalui program Sinar Mas Land Mencari 2019 untuk menciptakan atlet juara dunia khususnya di bidang olahraga bulutangkis.” ujar Candra Wijaya.

Sementara itu Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land berharap seluruh pemenang dapat konsisten mengikuti pelatihan bulutangkis selama satu tahun penuh di Daihatsu Candra Wijaya International Badminton Center (DCWIBC). “Kami berharap kegiatan ini dapat membangun kekeluargaan dan solidaritas masyarakat di sekitar kawasan BSD City mulai dari usia anak-anak melalui bidang olah raga’’.

Para peserta audisi Bulutangkis SML (foto dok SML)

Sementara itu Dra. Saadah, Kepala SDN Lengkong Gudang mengaku senang salah satu siswanya berhasil meraih beasiswa bulutangkis ini. “Saya mewakili SDN Lengkong Gudang senang dan bangga siswa kami yang berhasil terpilih menerima beasiswa pelatihan bulutangkis Sinar Mas Land Mencari Juara 2019. Kami mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land yang telah menyelenggarakan kegiatan positif ini.”

Program SATU BSD

Sinar Mas Land pada tahun 2017 lalu meluncurkan program di bidang Community Development bernama SATU BSD (Silaturahmi AnTar Umat Berdikari, Sehat, Damai). Program ini bertujuan meningkatkan rasa memiliki antar warga serta menggali potensi terkait kehadiran Kawasan BSD City. SATU BSD memiliki tiga pilar utama yaitu Berdikari, Sehat dan Damai, yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan pengembangan masyarakat dengan landasan semangat “Unity in Diversity”.

Pilar pertama dari SATU BSD adalah Berdikari yang mendukung pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi. Pilar ini memiliki beberapa program unggulan seperti Pasar Rakyat School, Pendidikan & Pelatihan Beasiswa Coding. Pilar kedua adalah Sehat, yang mengedepankan kesehatan warga BSD City dan sekitarnya. Program unggulan dari pilar ini adalah Sinar Mas Land (SML) Mencari Juara, Bakti Sosial Lintas Organisasi, hingga festival hijau. Tidak hanya itu, dalam pilar ini juga menghadirkan program Bakti Sosial (Baksos) Lintas Organisasi yang melibatkan Eka Tjipta Foundation, Yayasan Buddha Tzu Chi, Eka Hospital, Yayasan Muslim Sinar Mas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Baksos ini meliputi pemerikasaan kesehatan umum dan gigi gratis, bagi seluruh warga yang tinggal di sekitar Kawasan BSD City.

Pilar yang tidak kalah penting adalah Damai. Pilar ini juga menaungi acara Nonton Bareng (NoBar) Film Animasi Nasional dan Berantas Buta Al-Qurán (BBQ). Acara nobar menampilkan film animasi unggulan karya anak bangsa yang berjudul “Battle of Surabaya”. Sementara itu, program Berantas Buta Al-Qurán (BBQ). Kegiatan tersebut, bekerjasama dengan Yayasan Muslim Sinar Mas Land, bersama Forum Masjid Mushola BSD City dan Yayasan Mama Papa memberikan Training of Trainer (ToT) cara cepat dan mudah membaca Al-Qurán dengan menggunakan metode Mama Papa. Kedepan para peserta diharapkan dapat memahami ajaran islam yang rahmatan lil aalamin (menjadi rahmat bagi alam semesta).